Kiat Sederhana Meningkatkan Efort Olahraga Selama Pandemi #COVID19

action ball field game
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jadi gini, sejak Pandemi dengan banyak aktivitas dirumah, hal yang perlu saya kelola ulang adalah menjaga Tubuh Tetap Produktif dan Sehat.

Salah satu hal yang mudah dan semua orang hampir bisa melakukannya adalah Olahraga. Nah ada banyak Olahraga yang bisa dilakukan baik secara sendiri maupun grup.

Salah satu Olahraga yang sangat ngeHIT semasa pandemi adalah Sepeda, dan itu ternyata menyeret dan mengerek harga2 sepeda di Pasar.

Nggak hanya Sepeda Baru, Sepeda Lama pun kalau dijual masih CUAN, harga mereka beli ketika dijual masih banyak yang tetep PROPIT.

Tapi saya termasuk orang yang kurang enjoy dengan Olahraga Sepeda ini.

entah kenapa tapi emang begitu

Akhirnya ada beberapa pilihan olahraga yang saya aktif jalani, olahraga-olahraga tersebut adalah

Badminton

Ya bersama PB. Wathon Namplek di Desa Ponjong, ini adalah salah satu Olahraga yang masih rutin saya jalani. Jadwal PB Wathon Namplek di Senin, Rabu dan Jum’at Sore ini termasuk olahraga yang wangun untuk melatih fisik dan sambil senda gurau dengan yang lainnya.

Lari

Ya Olahraga Lari adalah olahraga yang dek nyeng saya jalani, kadang semangat kadang saya tinggalkan. Akan tetapi di Masa Pandemi ini Lari menjadi Olahraga yang harus setidaknya saya lakukan setiap minggu.

Olahraga Lari ini saya tracking menggunakan Apple Watch 3 Nike Edition Jadul saya dengan menggunakan Aplikasi Nike Running (NRC).

Lari yang lakukan ini paling tidak 3 – 7km setiap lari. Kami hanya keliling Desa Ponjong dan Desa Sekitarnya saja. Yang penting gerak. PACE yang saya dapatpun belum Istimewa, paling 7 – 9… wong jenenge wae Mlayu Waton Tekan. ;)

Sepak Bola

Olahraga ini bisa dibilang salah satu Olahraga yang hampir saya tinggalkan sampai kemarin di Semanu Gunungkidul ada Event Main2 untuk U40 (Usia 40) dimana PORNAMA LEGENDS ikut serta.

Nah sejak itulah Olahraga Sepak Bola kembali menjadi rutinitas, kami bisa latian bareng di Lapangan Ponjong (Barat Kantor Kapanewon Ponjong) setiap Jum’at dan Ahad.

Terkadang kita juga main dan latih tanding baik di Lapangan Ponjong maupun ke Lokasi-lokasi sekitar Gunungkidul.

Nah terus Kiat-kiat meningkatkan Efort Olahraganya? Bagi saya Kiat Utama dan Wajib adalah Niat. Niat misalnya mau Lari, ya tentukan setiap hari atau dua hari sekali. Jam berapa dan jarak berapa.

Kalau Sudah jadwalnya yaa mau nggak mau kita harus melakukannya, kecuali mungkin terkendala Cuaca yang mana mengganggu Olahraga tersebut.

By Jauhari

Abu @YashfaJauhar @ShaffiyaJauha Isteri @IvaFitria tinggal di @DesaPonjong Gunungkidul Yogyakarta Co. Founder NGONOO.com

3 comments

  1. Semangat dan terus semangat, paman. Karena tanpa semangat dimana pun dan apapun cabang olahraganya kita tidak akan bisa sukses. Sekali lagi terus semangat :-)

  2. kalo aku kayanya malah ngga olah raga sama sekali.. paling keluar, jalan kaki ke supermarket atau sekadar ke taman.. yang penting badan gerak dan hati senang agar imun naik.. tetep sehat selalu, dhw!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *