Cara Mudah Kalibrasi Baterai Smartphone iPhone

Apple iPhone 6s
Apple iPhone 6s

Terkadang kenapa Performa Baterai Smartphone Apple iPhone kita berkurang dikarenakan hal sepele. Hal sepele yang saya maksud adalah tidak Sinkronnya Pembacaan Data Sistem Operasi (iOS) terhadap hardware baterainya.

Nah solusinya adalah melakukan Kalibrasi Baterai iPhone tersebut agar pembacaan data bisa sync dan sama kembali sehingga performa sebenarnya bisa kembali terujid.

Perlu diingat Kalibrasi bukanlah memperbaiki Kinerja Baterai, tapi lebih kepada memperbaiki pembacaan data hardware oleh software sehingga data di Software memang data yang sebenarnya ada di Hardware.

Perlu diingat juga, Baterai itu mempunyai beberapa jenis teknologi. Dan menurut informasi yang penulis dapatkan Apple menggunakan teknologi Lithium ion di perangkat iPhone, iPad dan MacBook nya.

Tipikal Baterai Li-ion
Tipikal Baterai Li-ion

Alasan yang dikemukanan oleh Apple kenapa menggunakan teknologi Lithium Ion adalah sebagai berikut

Rechargeable lithium-ion technology currently provides the best performance for your device. Compared with older battery types, lithium-ion batteries weigh less, last longer, and charge more efficiently.

Nah sudah faham? Saat nya melukan Kalibrasi Baterai Apple iPhone kalin. Dan berikut caranya.

Lithium Ion atau dikenal juga dengan Li-Ion
Lithium Ion atau dikenal juga dengan Li-Ion

Perlu diingat Proses ini bisa jadi menjadi standard umum bagaimana melakukan Kalibrasi perangkat iPhone dan iPad kalian. Pada dasarnya prosesnya adalah mengisi iPhone/iPad hingga penuh kemudian digunakan sampai benar2 mati sendiri. Simak saja detailnys

  1. Isi Perangkat iPhone/iPad kalian hingga penuh. Setelah 100% biarkan 1-2 jam masih tercolok power. Kemudian Cabut
  2. Gunakan perangkat iPhone/iPad seperti biyasa sampai benar2 habis dan mati sendiri.
  3. Setelah mati, biasanya iPhone masih menyimpan daya yang sangat sedikit di hardwarenya. Nah untuk benar2 mengosongkan baterai.. biarkan iPhone/iPad dalam keadaan mati setidaknya 5 jam.
  4. Kemudian setelah 5 jam silahkan isi lagi seperti biyasa dan tunggu hingga penuh dan gunakan seperti biyasa kembali.
  5. Selamat kalian telah sukses melakukan Kalibrasi baterai iPhone

Masih bermasalah iPhonenya? Kalau begitu coba cara kedua Kalibrasi iPhone kalian dengan method yang sedikit berbeda. Ikuti petunjuk kami dibawah ini

  1. Isi baterai iPhone hingga 100% kemudian cabut dan gunakan seperti biyasa sampai mati sendiri. Jika nggak sabar menunggu baterai habis, silahkan ikuti beberapa step ini untuk mempercepat habis baterai.
    1. Menyalakan Flashlight dari iPhone akan mempercepat baterai habis.
    2. Setting Display pada FULL BRIGHTNESS juga akan mempercepat baterai habis
    3. Streaming Online juga akan mempercepat baterai habis
  2. Setelah baterai habis, biarkan iPhone tetap mati semalaman
  3. Paginya silahkan isi seperti biyasa dan iPhone nanti akan otomatis menyala sendiri ketika power sudah terisi (Gunakan Charger Resmi dari Apple)
  4. Kemudian silahkan tekan Sleep/Wake/Power button dan “slide to power off” matikan iPhone
  5. Biarkan iPhone tetap tersambung Charger setidaknya 5jam (perlu diingat ketika iPhone mati, indikator pengisian tidak akan tampil sama sekali)
  6. Setelah itu (jangan dicabut dulu kabel dari powernya) silahkan tekan sleep/wake/power button sekitar 1 detik untuk menyalakan iPhone nya
  7. Ketika iPhone sedang boot up tekan dan taham tombol sleep/wake/power dan home buttons sampai nanti seperti reset dan muncul Apple Logo
  8. Nah setelah itu biarkan boot up selesai dan setelah semua tersambung kembali, cabut kabel power dan gunakan iPhone seperti biyasa

Semoga Masalah Baterai iPhone mu sudah sembuh dan Perangkat bisa digunakan kembali

 

 

Sumber: Disarikan dari berbagai macam sumber

62 Comments on "Cara Mudah Kalibrasi Baterai Smartphone iPhone"


  1. Kak hp aaya iphone 5s. Saya baru upgrade ios 11. Tapi setelah upgrade hp saya mati terus pas 60%. Kenapa ya? Tolong solusinya kak

    Reply

  2. Mass saya baru beli iphone 6+ dan hari pertama itu langsung saya charger hingga 100%. Tapi udah 24jaman presentase batrainya masih 100% padahal udh dimainin nonstop dan dengarin music. Terus ga lama batrainya jadi turun setiap 2% dalam waktu yang cepat banget. Pokoknya begitu terus setiap saya charger penuh/ngga, presentase batrainya ngga berubah dan sekali berubah cepat banget. Dan kadang iphonenya mati sendiri dan muncul logo apple kedip kedip sendiri :(( padahal belum dipake seminggu.

    Reply

    1. Mbak Fiaa kemungkinan itu iPhone 6+ Refurbish bukan ASLI. Jadi bisa jadi sudah tidak beres dengan Batterynya.. Coba di konsultasikan dengan Penjual

      Reply

  3. halo mas
    sya mau tanya nih ? hp saya iphone 6. kalo misalkan dicas trus sambil digunakan chating atau membuka sosmed ko persentasi batre saya berkurang ya bukannya bertambah ?
    apakah saya harus mencoba kaliberasi ?

    mohon penjelasannya mas…

    Reply

    1. halo mas
      sya mau tanya nih ? hp saya iphone 6. kalo misalkan dicas trus sambil digunakan chating atau membuka sosmed ko persentasi batre saya berkurang ya bukannya bertambah ?
      apakah saya harus mencoba kaliberasi ?

      mohon penjelasannya mas…

      Reply

  4. Kak knp ya hp saya ip5 batreinya normal 100% ga prnh nurun jdi 20% atau 1%lah, tapi nyalanya hanya pas di cas doang.kalo dicabut mati nyala hnya nympe di logo apple. Kalo d cas untung”an kalo nyala,itu knp yaa?udah d cek btreinya aman” sja,ga bngkak atw apaalaahh.. hhelp

    Reply

  5. Mas mau tanya hp saya iphone 6 refurbis baru 5 bulan. Beberapa kali baterai sempet mati di 30%-50% dalam kondisi baterai saya rubah jadi kuning. Lalu pas saya cas beberapa menit hp langsung 100%. Dan saya pake hanya bberapa menit juga. Pas saya cas hp semaleman, dan saya gunakan udh hampir 4jam, baterai gak berkurang2. Feeling saya nnti dy bakal mati sendri walaupun masih 100%. Itu kenapa ya mas ? Mohon infonya 😊

    Reply

    1. Itu memang baterainya sudah nggak kalibrasi.. dan besar kemungkinan sudah SOAX dan perlu di ganti mas.. bawa ke Service Spesial Apple saja dan diganti Baterainya

      Reply

      1. Mas mau tanya. Iphone sya 5s. Kalo posisi airplane mode kok turunnya cpt ya , itu kira2 knp mas? Pdhl punya adek sya sma2 dlm kondisi airplane, posisi batre msh sma. Thx gan

        Reply

  6. mas, saya pengguna iphone 6, masalah yang saya hadapi sekarang adalah, daya battery tiba-tiba drop sampe 10% padahal baru saya mainkan, sebelumnya masih 100%,ketika saya chash langsung kembali penuh.

    Reply

  7. Kak saya mau tanya saya beli iphone 5c second tapi bukan refurbish , soalnya garansi internasional japan , imei dan itunes tembus semua sama kaya di hp saya, saya pernah charger dalam keadaan airplane mode,tapi saya lupa untuk mencabutnya lagi,soalnya saya tinggal tidur,pas saya cabut pagi harinya ,batrei keadaan 100% tapi waktu di 98 atau 97 % batrei saya mati sendiri dan saya pencet tombol power sama home bisa lagi tapi batrei udah turun jadi 91% , saya butuh jawaban dr agan yg sudah berpengalaman di iphone,kalo kaya gitu yg rusak apanya ya mas ya ?

    Reply

  8. Kak saya baru aja ganti batre tapi batrenya malah jadi boros banget gitu sehari bisa 3x ngecharge itu jg udh irit2 pake hp nya. Itu kenapa ya?

    Reply

  9. Om baterai iphone saya ini indikator cm baca 100% trus nanti turun drop langsung 1persen. Tapi iphone masih bisa di gunakan secara normal bertahan beberapa jam walaupun indikator baterai tgal 1%.

    Reply

  10. maaf mas sebelumnya, saya mau tanya. semalem iphone 5s saya mainkan sampe ngedrop, bgitu di charge berjam-jam cuma muncul icon batre strip merah doang, dayanya ga mau nambah dan ga mau nyala. sudah coba ngecharge pake charger dan kabel lain tetap sm aja. ini kira2 kenapa ya? apakah masalah batrenya? tlg di bls ya mas, terimakasih.

    Reply

  11. mau tanya tlong dibantu ya, saya biasanya charge iphone saya sebelelum tidur, lalu pas sebelum tidur batere iphone saya itu 81% biasanya kalau iphone saya nggak saya mainin baterainya tetap segitu, namun pas di pagi hari iphone saya tiba-tiba mati dan merah baterai habis, padahal tadi malam sudah 81% . sebelumnya pada hari itu juga iphone saya mati total karena kehabisan baterai jadi saya diamkan mati karena belum sampai di rumah, sesampai di rumah langsung saya charge. kenapa ya dengan iphone 5c saya? mohon dibantu ya :)

    Reply

    1. Salam Mbak Dilla, setau kami. Produk iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5 kebanyakan yang beredar dan masyarakat beli baru itu sebenarnya bukan BARU, tapi produk Refurbish, untuk lebih faham produk Refurbish bisa baca Tentang iPhone Refurbish kami.

      Nah berkaitan dengan hal tersebut, maka biasanya Baterai dari iPhone 5c sampean sudah bermasalah. Tapi sebelum mengganti baterai. Coba dulu analisa. Misalnya Check apakah Kabel nya masih Normal dan bagus. Dan kemudian Charger juga di check apakah masih normal.. Kalau ada teman punya iPhone coba pinjam Kabel Charger dan Chargernya apakah fungsi normal. Kalau iya berarti masalah di baterai… Kalau ternyata masih sama waktunya BATERAI diganti…

      Semoga membantu

      Reply

  12. Wah dapet ilmu baik nih..
    ane juga pengguna Iphone dan Ipad ,untuk Iphone alhamdulilah tidak pernah bermasalah dnegan baterainya..klo untuk ipad juga, hanya saja terkadang iphone bisa tiba” teraasa panas,tapi cukup di restart saja..
    But, nice info gan.. :)

    Reply

  13. makin kesinih, teknologi makin canggih dan perusahaan besar yang menghasilkan teknologi saling bersaing untuk menentukan siapa yang paling hebat, semua sudah direncanakan jadi pililah iPhone 7 yang baru keluar hehehe.. kok engga nyambung yaa

    Reply

  14. Sudah saya coba kalibrasi, eh tetap aja baterainya mulai dari 50% malamnya dan pas bangun tidur udah Lowbat aja, nampaknya harus ganti baterai baru ni..

    Reply

  15. Iphone 4s saya ketika di cas hny muncul logo itunes, ketika cable cas di cabut, iphone langsung mati.., dan coba sy ganti batre baru, ttp msh seperti itu.. gmn tuh?tolong solusinya

    Reply

  16. Device saya juga rasa-rasanya boros banget kalo dipake.. Memang sih udah sekitar setahun pakai.. Kira2 kalau dikalibrasi baterenya bisa berpengaruh besar nggak? Apa emang kudu ganti batere baru..

    Reply

  17. Mohon pencerahan,,
    Iphone 5s refurbish,, awalnya biasa aja,, tp sejak muncul ios 10,, (masih pake 9.3) tiba tiba klo batre kurang dri 20% tidak pernah muncul peringatan lagi (sebelumnya pernah) kemudian restart sendiri dan masih bisa d pake (setelah boot sampe buka kode kunci dan seterusnya) namun tiba2 layar blak biru beberapa detik (<5 detik) lalu restart lagi, namun hal it reda setelah saya coba carger sampe 15%,
    Kemudian saya coba update ke ios 10 dengan harapan klo emg udh batre nya kurang gk restrart melulu dan bisa seperti pertma beli,,,
    Ternyata hal it terulang kembali jika batre di bawa 30% (restrart sendiri dan blue screen)

    Pertanyaan:
    Kenapa tidak pernh lagi muncul peringatan jika batrei kurang dri 20%,,
    Kenapa ip5s restrart dan muncul blue screen dan restart lagi ketika batrai lemah,,

    Bagaimana cara mengatasi sendiri hal ini sebelum saya bawa ke tmpat servis,,(berharap jangan???)

    Terimakasih

    Reply

  18. Kak iphone 5s aku kalo di charge gak pernah full 100%, malah di tungguin sampe satu malem pun tetep di 70%-80%. Itu kenapa ya?? Sedih banget mana boros lagi kalo di pake:(

    Reply

  19. aku mau tanya dong, iphone 5ku sering mati nyala sendiri. nanti kalo dibiarin nyala lagi tp nanti mati lagi. tp notification tetep masuk. kayak redup gitu layarnya tp lama kelamaan lyarnya normal lgi dan kadang mati sendiri….. kl batre dibawah 50%, dan kalo dihidupin bisa cuman sampe homescreen terus mati lagi. bisa normal lagi kl disambi cas. tapi itu cuman kadang kadang doang matinya. padahal batre baru ganti + charger juga baru.? masalahnya dimana ya? mohon bantuannya.bls di email saya suarno07@yahoo.com

    Reply

  20. Kak kenapa ya iphone 5 saya sering mati” dan di bawah 60% batrainya udah ga bisa hidup iphone saya dan aku cas langsung hidup lagi dan presentase batrainya si ga pernah turun derastis persenannya…apaka baterainya yng bermasalah ato ada componen yng lain..tolong di bls lewat email aq…suarno07@yahoo.com

    Reply

  21. sore bang, saya baru pake iphone 5a kurang lebih satu minggu dan iphone masih baru bukan second.
    mau nanya kalo batere iphone 5s itu kalo dipake di jaringan internet buat chat sama browsing ga berhenti kuat berapa lama ya? soalnya saya pake baterenya cepet abis sekitar 3-4jam udah lowbat sama kurang lebih hampir tiap menit baterenya berkurang, jadi ga kerasa charge full udah harus charge lagi. beda kalo charge full terus stand by batere awet.
    apa ini harus kalibrasi ulang bang? apa emang normalnya begini?

    mohon bantuannya bang :)

    Reply

  22. mas, saya baru pake iphone 5s dengan ios 9.3.2 sekitar 1 mingguan nih. mau tanya kalo daya tahan batere nya sendiri itu berapa lama ya? soalnya kalo lagi dipake batere iphone saya terus ngurangin hampir tiap menit. beda kalo lg stand by posisi batere full, baterenya ga ngurangin sama sekali.
    apa memang daya tahan batere iphone saat dipake aktivitas akan berkurang hampir setiap menit persenannya?

    mohon pencerahannya mas, terima kasih :D

    Reply

  23. Kak maaaf mau nanya, iphone5 saya kok aneh ya bang. Kalo di charge cepet penuh, tpi nanti pas dipake juga cpt habis. Misalnya batre 100% itu dipake ga sampe 1jam udah mati lagi :'( itu gimana yaa :(

    Reply

  24. Kak saya mau tanya kalo baterainya di cass pada saat nyala tidak bisa tetapi pada saat keaadaan mati bisa, itu kenala ya ka?

    Reply

  25. Mas saya iphone nya baru skitaran 2mggu, pas malam baterai hp saya 100% trus saya tinggal tidur dengan mode air plane, trus pas paginya hp saya mati 0% knpa ya? Hp saya 5s

    Reply

  26. bang.iphone saya malah gak bisa di charge padahaal charger nya tidak bermaalah.gmna tu?? apa masalah pada batrei nya ya??

    Reply

  27. Mlm… Kalau hp sya udh di kalibrasi ttp aj cpat drop btrix? Kdang smntara di pake dr 50 persen langsung ke 1 persen pas di cas kmbali 47 persen… :(( It knp ap mesti ganti batraix kh mas? Hp sya iphone 4s :)

    Reply

  28. Kak batre iphone saya tinggal 50% lalu saya tinggal tidur dengan mode airplane paginya saya liat batre kok tinggal 4% apakah batre saya bocor? Iphone 5s.

    Reply

  29. Kak kenapa ya iphone saya misal baterai masih 60% pas digunakan gak lama tiba2 31% pas di cas dia muncul ternyata masih 50% gt, iphone saya 5s itu kenapa ya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *