Solusi Praktis Epson Stylus Photo R230 "Ink Catridges Cannot Be Recognized"

Epson Stylus Photo R230 yang kami miliki sebenarnya terhitung bandel dan tahan banting. Sejak memiliki 3 Tahun yang lalu, praktis Mesin Printer ini baru sekali Error. Dan sejak itu praktis tidak ada masalah yang berarti hingga kemarin malam. Tiba2 Lampu Indikator Tinta Epson R230 menyala, kami sudah mencoba mematikan dan menyalakan akan tetapi belum menemukan solusinya.

Error Ink Catridges Cannot Be Recognized di Epson Stylus Photo R230
Error Ink Catridges Cannot Be Recognized di Epson Stylus Photo R230

Hingga kemudian saya tanya mbah Google dan disarankan untuk dowload SSC, sebuah Tools buatan orang Singapura setau saya yang berfungsi untuk mereset beberapa counter dari printer Epson termasuk Epson Stylus Photo R230.

Setelah mengikuti petunjuk, ternyata hasil ya masih NIHIL, masalah masih muncul. Sewaktu saya coba paksa untuk Test Print sama menemukan sebuah Pesan Error “Ink Catridges Cannot Be Recognized” yang artinya kurang lebih Katrid Tinta tidak bisa dikenali. Duh akhirnya saya pusing kembali dan mencari2 lagi. Kemudian saya menemukan situs orang Ostrali dan memberikan langkah jitu yang setidaknya langkah ini bisa saya lakukan dan Berhasil.

Berikut Cara Memperbaiki Epson Stylus Photo R230 Ink Catridges Cannot Be Recognized

  • Nyalakan Printer seperti biasa tunggu Proses Load Printer hingga selesai
  • Kemudian Tekan Ink Indikator yang menyala yang bertujuan agar supaya Papan Tempat Catridge ke posisi penggantian
  • Setelah itu Lepaskan semua Catridges yang berjumlah 6 tersebut. Dan Matikan Printer seperti biasa.
  • Tetap Matikan Printer kurang lebih 20 Menit, jangan lupa untuk mencabut daya (aliran listrik ke Printer)
  • Setelah itu Pasang kembali semua katrid yang berjumlah 6 tersebut.
  • Langkah terakhir Nyalakan Printer seperti biasa
  • Dan silahkan sambungkan ke PC dan ujicoba Print

Demikain langkah2 yang saya lakukan dan akhirnya masalah Ink Catridges Cannot Be Recognized yang saya hadapi di Epson Photo Stylus R230 bisa diatasi dan Printer ini lancar kembali.

9 thoughts on “Solusi Praktis Epson Stylus Photo R230 "Ink Catridges Cannot Be Recognized"
  1. saya memiliki printer epson stylus photo r230 msih bru, say br gnakn 2 bln kmudian slm 3 bln tdk perna sy gnakn untuk prin. pada saat sy gnkn printer itu tdk bsa mengnli catridge black dan cyan tandax slng. dusutu ad tlisan installed ink catridges cannot recognized. tlo brikan solusi spya bsa st gnkn printer itu.

  2. Mau nanya gan, epson R230 lampu tengahnya kedip-kedip trus, klu ditekan tombol tengahnya dia mau menprint tp pas ujung kertas dia berhenti, apa kira2 masalahnya dan apa solusinya…

    Satu lg ini saya punya epson 1390 mencetak hasilnya bergaris2, warna tidak sesuai dengan yg di print, ketrid udah di ganti, tp hasilnya sama, dah di coba di cuci saluran ke head ttp hasil sama, mohon solusinya gan”’ thnx,,,,,

  3. Belum pernah menemukan kendala cannot be recognized gini soalnya memang tak punya printer sih.. hehe..
    Trims atas share ilmunya
    Oiya Selamat Idul Fitri :)

  4. Kalau di kantorku tiap kali ada kasus cannot be recognized gini langsung manggil anak IT, eh tapi kok anak IT ga matiin printer pas dibuka gitu ya.. Besok tak protes deh..

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*