Beres-Beres Server yang Belum Beres Juga

Cara Pindah Server ke RunCloud? Hubungi wis.nu (@wisnu) saja langsung TopCer. Itu cara Singkatnya tapi dalam perjalanannya ya mulai baca2 dan liat, termasuk Belajar dari Manusia Pembelajar @taufanpr manusia MALAM yang entah kalau Jam 7 Pagi sampai Siang nggak bisa di Kontak Telegram.

Jadi kemarin sembari belajar, setelah mencoba Kustom Server (dan masih jalan) ada kendala yang Lumayan Serius, salah satunya dikarenakan Semua Domain ditaruh dalam Satu User. Maka ketika satu Kena Malware mbersihin nggak bisa beres.

Karena si Malware iki rodo nggapleki, dia suka pindah2. Misale Situs A sudah bersih eh ternyata Malware wis di Situs B, terus ke Situs C terus kemana-mana yang RAUWIS-UWIS.

Akhirnya mulai pelan2 pindah ke RunCloud lagi. Pindahin situs2 nya satu persatu. Yang secara Ilmu ke TERMINAL saya masih serba manual ya mindahnya satu2 modal RSYNC dan WordPress CLI.

Konfigurasi Server Indonesia saya sekarang setelah Sinau Eyel2an dari Taufan PR dan Taufiq Hasan yang dibahas di tulisannya saya mencoba mengikuti jejaknya.

Jadi 3 Komponen yang saya pake

  • Server VPS di UpCloud
  • Manajemen Server lewat RunCloud
  • Manajemen DNS lewat CloudFlare
electronics engineer fixing cables on server
Umpamane mBenerin Server. Sumber Foto dari Pexels.com

Saya nggak akan bahas TEKNIK atau GUIDE Step by Stepnya wong saya juga bingung. Tapi intinya kenapa saya milih UpCloud karena Tandem Duo T tersebut ngeyel2an make UpCloud, kemudian kenapa RunCloud karena Klak Klik nya lumayan Komplit. Dan kenapa kok CloudFlare? ya Siapa sih yang nggak suka fitur MANJA nya CLOUDFLARE?

Tapi ini METODE juga belum menjamin MALWARE akan Pamit, tapi setidaknya bisa metani kalau ternyata nanti masih bolak-balik ke UGD bisa ketahuan dan lebih mudah penanganannya

Nah untuk detailnya gimana prosesnya nanti tak bahas di tulisan lain (kalau sempat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.