Cara Refund Pembelian di Apple AppStore / iTunes

Pernahkah Gagal Milih/Membeli Aplikasi atau Music di iTunes/AppStore Apple? Kasus gampangnya sepertinya yang kemaren saya alami. Saya tertarik membeli salah satu lagu Beyonce yang berjudul Halo. Kebetulan saya tertarik dengan lagu yang versi live concert yang tersedia di iTunes, sebuah Album berjudul I Am… World Tour rilis pada November 26, 2010 kemaren.  Kebetulan ini kasus yang terjadi pada saya semacam kecelakaan klik atau semacamnya. Karena saya kurang jeli ‘mantengi’ track yang ter list didalam album Live Beyonce tersebut saya dengan ‘bungah’ hati karena mendapatkan apa yang saya mau langsung saya klik buy di iPhone saya.

I Am… World Tour iTunes Album

I Am… World Tour iTunes Album

Kejanggalan mulai terjadi ketika download telah selesai dan saya mencoba untuk memutar hasil download lagu Beyonce tersebut. Saya merasa asing dengan lagu Halo yang seharusnya bernuansa ballads tiba2 lebih ‘jingkrak2’ yang terus terang saya kurang suka. Kemudian saya iseng2 lagi mantengi satu demi satu dari Album Live I Am… World Tour tersebut dan ‘jegler’ ternyata dalam album I Am… World Tour ada dua lagu yang mirip judulnya.. yakni yang salah kebeli Hello dan juga lagu yang seharusnya saya beli Halo. Lagu Hello di Track Listing 13 sedangkan Halo di Track listing 24 (yang mana dibagian bawah dan ndak begitu ketara). Akhirnya saya mengalah untuk membeli lagu lagi yang mana berjudul Halo (Lagu yang saya inginkan tersebut) 

Alasan saya memilah versi live ini karena ternyata versi live dari Halo ini didedikasikan untuk Michael Jackson (malah ngelantur, kembali ke topik). Niatan untuk mencoba Refund ini saya lakukan setelah sekilas membaca temlen Apple Informant asal Indonesia Paman @pinot bahwa untuk refund di Apple mudah dan tidak ribet, hal itu diperkuat dengan pengalaman Koh Afit atau terkenalkan dengan Paman @LifeHacks tentang pengalaman refund beli musiknya.

Jadi begini… sebaiknya begini *menirukan logat @wongompong

Ternyata untuk melakukan atau meminta refund dari Pembelian baik itu Aplikasi atau juga Music di iTunes sangat mudah. Yang membuat saya bangga dengan Ekosistem Apple (akan saya bahas terpisah) adalah layanan yang cepat dan juga nyaman.

Cara Refund Pembelian Aplikasi atau Musik di iTunes / AppStore Apple.

  1. Pertama, salah satu senjata paling mudah untuk meminta refund adalah melaui tautan yang ada di email. Seperti kita tahu, Apple selalu pasti mengirimkan kwitansi atau receipt pembelian ke email kita setelah kita sukses bertransaksi dengannya. Contoh dari milik saya adalah seperti dibawah ini

    Cara Refund iTunes : AppStore

    Cara Refund iTunes : AppStore

  2. Untuk meminta refund atau semacam protest karena segala sesuatunya tidak sesuai adalah dengan menekan tombol Report a Problem yang ada di Receipt tersebut.
  3. Anda akan dibawa ke Aplikasi iTunes di Mac/PC anda untuk kemudian diminta memasukkan data login dari AppStore. Setelah sukses memasukkan anda akan melihat daftar dari order yang telah dilakukan.
  4. Dalam hal ini saya akan meminta refund untuk pembelian lagu Hallo yang tidak saya inginkan tersebut. Kemudian kita disuruh melengkapi form yang ada dan kemudian kita submit kalau alasan dan juga hal2 yang dibutuhkan sudah sesuai.
  5. Silahkan tunggu, biasanya kalau alasan kita bisa diterima dan tidak waktu weekend atau liburan kita akan mendapat balasan antara 1-2 hari. Pada kasus saya ini saya mendapatkan balasan sekitar 12 Jam setelah request.
  6. Berikut bukti dari sukses Refund Pembelian Musik di iTunes yang saya terima.

    Pengembalian Refund AppStore

    Pengembalian Refund AppStore

Cukup mudah bukan, yang jelas asalkan segala alasan yang kita berikan memang bisa dipertangungjawabkan Apple akan meladeni dengan nyaman juga. Berbijaklah dalam bertransaksi, semoga kecelakaan tidak kembali terjadi padaku dan padamu. Selamat berbelanja….

12 Comments

  1. Sorry melenceng,sebelumnya apa pernah tau mengalami hal refund untuk unit apple? Dan itu memakan wktu brp lama? Soalnya saya ditawarkan u/ refund karena tdk ada newreplacement. Mohon infonya gan. Sangat2 butuh

  2. kasus ipad saya, menunggu refund nya hampir sepuluh bulan. yang saya terima juga berkurang Rp.700 ribuan dibanding waktu saya beli

  3. Saya sudah 2x membeli aplikasi yg gak sesuai dg keinginan saya, akhirnya saya melakukan tindakan Refund.. Alhamdulillah uangs saya dikembalikan.. Prosesnya bisa 10 hari atau lebih… Apple memang Professional… ;)

  4. Termasuk kesalahan pembelian oleh anak2 apa bisa jg di refund?? ( anak beli games tanp ijin)

    • Bisa mbak.. setau kami sebelum 2 Minggu atau 1 Bulan gitu bisa di Refund

      • Kalau saya kemaren kecelakaan saat mau berlangganan tinder plus, di situ harganya tertulis Rp 66.000 untuk 12 bulan (kalau gag salah) tapi yang masuk tagihan 799 ribu. Jadi panik, saya langsung report problem seperti yang di atas itu, tapi di email balasannya gag ada kata-kata yang memungkinkan bahwa bisa di refund.. :( Sedihhhh

  5. Mantep nih Apple,jadi ga ragu deh belinya kemaren..

  6. makasih sam infonya  wes send cobak moga2 dibls y

  7. makasih tentang info cara membeli secara online dengan contoh apple

  8. yeayy.. Apple memang BERTANGGUNG JAWAB!

Leave a comment

Your email address will not be published.


*