Memilih Layanan Backup Online

Cara Praktis dan Cepat Backup Foto Smartphone dan Data Lainnya

Memiliki beberapa seri Smartphone mau tidak mau kita akan direpotkan dengan urusan Backup Foto, Backup itu entah ketika kita pindah dari satu Smartphone ke Smartphone yang lain, ataupun keinginan kita agar supaya Foto yang kita jepret dengan Smartphone A bisa kita akses di Smartphone B. Cara Praktis dan Cepat Backup Foto Smartphone dan Data Lainnya (Kontak, Kalender)

Terdengar simple tapi butuh beberapa terapi. Mungkin kita bisa menggunakan Aplikasi semacam Share It yang sangat populer itu, dimana kita bisa mindahkan hampir apa saja dari Smartphone A ke Smartphone B.

Sponsors

Bagi Fans Garis keras Produk Apple tentu sudah kenal dengan iCloud, sebuah layanan integrasi yang ditawarkan Apple dimana sync antar device lebih mudah dan praktis, misalnya Ambil Photo  dari iPhone SE, tak berselang lama data Foto sudah bisa dinikmati di iPad atau MacBook Air.

Di Android kita mengenal Google, ya itu juragan data, dan Gogle juga menawarkan hal sejenis. Google Photos, dimana kalau kita Install dan setuju fitur Backupnya, kita bisa jepret di Smartphone A dan tak berselang lama hasil jepretan bisa di liat di Smartphone lainnya dengan akun yang sama. Bisa juga langsung dinikmati di Desktop http://photos.google.com, menariknya lagi Google Photos juga tersedia di iOS, jadi bisa dibilang ini adalah salah satu jembatan backup foto online Android dan iOS

Backup Online Photos
Backup Online Photos

Pengguna Produk Xiaomi juga dimanjakan fitur sejenis dengan nama Mi Cloud, kurang lebih prosesnya sama. Belum lagi produk atau brand lainnya. Menawarkan backup2 sejenis.

Semua itu perlu pilah dan pilih yang tepat agar supaya data kita tidak terhapus begitu saja. Dari beberapa layanan Backup Online ini yang saat ini masih saya pakai adalah Mi Cloud dari Xiaomi dan iCloud dari Apple.

Tips Backup Foto Online
Tips Backup Foto Online

Dan layanan yang terakhir saya aktifkan adalah Google Photos, saya mencoba menggunakan Google Photos untuk versi Free, atau foto non HQ nya. Kenapa saya pilih Opsi ini, hal utama karena Gratis dan karena 2 layanan lainnya yang saya pakai sudah melakukan tugas utamanya (backup original size photos).

Begitu juga untuk Backup Setting, Address Book, saya juga masih mempercayakan Google, Xiaomi dan Apple, bisa jadi Facebook yang terhubung di Smartphone saya juga sudah mengambil data2 yang dia butuhnya dan saya hanya merelakan saja.

Jadi kalau saya bisa kasih masukan dalam memilih layanan Backup Online adalah sebagai berikut

  1. Pilih layanan yang setidaknya 2 Tahun kedepan masih eksis
  2. Kalau ada yang Free gunakan layanan Free nya terlebih dahulu
  3. Rajin2 check di Smartphone apakah Proses Backup lancar
  4. Jangan Taruh telur dalam satu keranjang. Jadi gunakan Multi Backup Online, jadi kalau satu FAIL masih ada cadangan di Akun Backup lainnya
  5. Berdoa

5 Tips Memililih Layanan Backup online diatas adalah sebuah wejangan buat diri saya sendiri, karena saya termasuk cepat untuk urusan MOVE ON dari Gadget satu ke Gadget lainnya.

Kenapa saya tidak memasukkan layanan buatan Microsoft? Karena sampai saat ini saya belum 100% menggunakan Mobile Device buatannya. Jadi nanti terkesan dipaksakan kalau saya menawarkan layanan Backup Online dari Microsoft itu.

Oiya adalah satu layanan yang juga saya pakai tapi tidak saya mention diatas, layanan itu adalah DropBox, ini sebenarnya layanan Wajib Install tapi kenapa saya tidak masukkan ke layanan backup? Karena Layanan DropBox ini saya gunakan untuk Backup data2 khusus saja dan bukan Backup Foto dan Kontak (walaupun sebenarnya mendukung untuk hal itu)

14 thoughts on “Cara Praktis dan Cepat Backup Foto Smartphone dan Data Lainnya

  1. Ohh ternyata gini to caranya. Makasih gan infonya.
    Nice article n Nice Blog :) Blognya enak banget dibaca :)

  2. Kalo saa sekarang sih pakainya google photos, selain karena sudah terintegrasi di smartphone (saya pakai device android) juga lebih praktis aja karena cukup pakai email sudah bisa menikmati online backup gratisan.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *