BlackBerry Bold 9900: Keluarga Baru Kami

Selayang Pandang BlackBerry Bold 9900, RIM baru saja memberikan semacam Press Releasetentang peluncuran seri Bold Terbaru, BlackBerry Bold 9900 dan BlackBerry Bold 9930, perbedaan keduanya hanyalah dari sisi jaringan, dimana Bold 9900 untuk GMS dan Bold 9930 untuk CDMA.

BlackBerry Bold 9900 - Gallery-00
BlackBerry Bold 9900 bersama Yashfa Jauhar

Yang menarik, Indonesia mendapat kehormatan sebagai Negara ketiga peluncuruan serti terbaru Bold ini setelah sebelumnya Negara Kanada asal dari RIM dengan BlackBerrynya dan India. Banyak Review Bold 9900 dari bahasa Bule yang mengupas betapa handal dan tipisnya perangkat BlackBerry Bold 9900/9930 ini. Dengan konsep desain seperti keluarga Bold yang lain dengan awesome qwerty keypadnya tapi sekarang dengan dukungan touch screen yang awesome juga (senyaman iDevice).

BlackBerry Bold 9900 ini adalah mesin BlackBerry pertama saya, walaupun dulu saya sempat ‘menolak’ menggunakan BlackBerry ini, entah kenapa kemarin tiba2 terbesit untuk mencoba menggunakan BlackBerry, bahkan kawan2 #CSS saya banyak yang heran seperti @LifeHacks yang mencak2 dan juga Paman @IrwanKarta yang masih heran, ‘how come’ saya mau menggunakan BlackBerry.

BlackBerry Bold 9900 - Clicky Keyboard
BlackBerry Bold 9900 - Clicky Keyboard

Kalau ditelisik kebelakang kenapa saya mencoba BlackBerry ini berawal ketika si Kecil @YashfaJauhar memberikan terapi hati dengan melakukan sesuatu yang luar biasa ke iPhone 4 (saya tulis terpisah dalam judul Balada iPhone 4). Sembari menunggu reparasi selesai saya kembali ke Nokia Batangan dan SonyEricsson W660i milik istri saya.

Kemudian secara tiba2 tanpa sebab, tiba2 saya mau mencoba BlackBerry, dan seperti gaun bersambut saya browsing sana sini (detik.com, CrackBerry.com) ada info rilis keluarga baru BlackBerry Bold 9900, googling sebentar dan hati bersambut akhirnya sekarang BlackBerry sudah dalam genggaman. Mengingat juga BlackBerry adalah satu2nya gadget yang belum pernah saya coba, saya pernah mencoba Android dengan HTC Desire, masih setia denga iOS baik itu dengan iPad dan iPhone 4 (yang sebentar lagi akan saya lego, kalau tertarik subcribe aja biar tidak ketinggalan inpoh)

Kesan Pertama Bold 9900

Kesan pertama tepatnya menggunakan BlackBerry dengan qwerty terus terang sangat menarik, dan sedikit canggung, mengingat hampir 1,5th saya telah terbiasa dengan layar sentuh (touch screen) secara tiba2 dengan Keyboard Fisik qwerty yang kecil. Butuh penyesuain sana sini dan sekarang sudah mulai menemukan tapping in nya (tepatnya 2,5hari memegang BlacBerry)

Bold 9900 sendiri dari sisi saya, sangat tipis dan lebar, reviewer banyak yang bilang kalau BlackBerry 9900 ini adalah tertipis, dan dengan layar lebih lega serta multi touch screen. Dari sisi qwerty keyboard pun, banyak yang bilang sangat clicky dan nyaman, tidak sakit walaupun dipake untuk menulis lama. Mirip BlackBerry Bold 9000 tapi lebih baik.

Hal yang saya belum ini adalah battery, saya merasakan battery ini lumayan boros, walaupun tidak seboros HTC Desire maupun iPhone 4 saya tapi saya rasa bisa lebih lama lagi, saya masih mencari2 apa yang membuatnya boros. Mengingat review dari CrackBerry mengatakan kalau batterynya Awesome juga walaupun dengan kapasitas yang lebih kecil dibanding kakak2nya.

Gallery BlackBerry Bold 9900

Silahman simak gallery tangkapan visual dari Panasonix Lumix jadul saya ini

Penutup

Bagi saya pribadi sampai saat ini masih sangat puas dengan BlackBerry Bold 9900 ini, desain tipis dan elegan, keyboard yang clicky dengan multi touch yang awesome membuat nyaman ria ber sosial maupun SMS serta BBM. Kualitas suaranya juga sangat jernih. Ada 3 setting jarigan 2G, 3G dan Automatis 2G/3G. di iPhone 4 hanya ada fitur 2G dan 3G tidak ada fix 3G yang terkadang diperlukan agar jaringan kenceng selalu. Tapi hidup itu pilihan. Terakhir…

Jangan Fanatik terhadap Teknologi Apapun (Symbian, Android, iOS, BlackBerry atau apapun itu), karena itu membuat kita terkotak2 dan tidak bisa menikmati kelebihannya. Kalau memang powerful dan useful kenapa tidak. Ingat..

Jangan Fanatik terhadap apapun kecuali dalam beragama ;) Insya Allah dilain waktu saya akan Review lebih detail BlackBerry Bold 9900 ini.

28 thoughts on “BlackBerry Bold 9900: Keluarga Baru Kami

  1. Blackberry Original Soft Shell Bold 9900 / 9930, terbuat dari bahan
    siliocone plastic yang sangat flexible dan tidak licin memberi perlindungan
    bagian belakang dan sisi Blackberry anda terhadap benturan atau goresan,
    ada beberapa pilihan warna yang tersedia : Black, Translucent, Bottle Green,
    Bottle Brown dan Indigo

  2. Saya masih puas dengan BB 9300 (Kepler) saya, Mas. Murah meriah meski agak kekecilan keypadnya sehingga agak kurang cocok untuk jari saya. Iya, saya perhatikan seri Bold memang keypadnya gede melebar dan lega layarnya. Reviewnya menarik, Mas bisa saya pertimbangkan next kalau mau ganti handset lagi. Tapi saya nunggu harganya sedikit lebih turun lagi. :)

  3. Wah.. keliatanya keren ya mas, tapi untuk sementara saya harus puas dengan HP buatan china, hihi..
    Maklum saja, Gadget seperti itu harganya pasti masih terbilang MAHAL, beda tipis ama laptop saya! :D

  4. Saya sekarang masih pakai bold 9000. Iya sih keyboard nya menurut saya paling nyaman dibanding ponsel2 lain.

    Saya ngiler sama iphone 4 karena cameranya, baik untuk still maupun video. Kalau bold 9900 punya kamera still+video setara iphone 4 ya saya akan upgrade ke 9900 saja. Atau saya menunggu sampean ganti iphone 5 saja ya ::D

  5. Pingback: jarwadi MJ
    1. Kalau ini saya terusterang belum tahu, tapi kalau tokoh luar yang ikut menaikkan Citra BB ini setau saya Presiden Amerika Barack Obama itu… akhirya RIM dengan BlackBerry nya ikut terekerek naik.. sama sama dengan madzab Blacknya… CMIIW

  6. Saya orang ‘techie’ yang menyukai handphone advance seperti Android atau iPhone, ketika jaman handphone belum ber-OS secara spesifik seperti saat ini, saya lebih memilih handphone yang tidak biasa, yang bisa dioprek macam-macam.

    Namun sejak berkesempatan memakai beberapa seri BlackBerry mulai akhir tahun 2006 sampai awal 2010, saya jatuh hati dengan kenyamanan dan kemudahannya berkomunikasi dan berbisnis.

    Meski gadget Android mewakili ‘citra’ saya sebagai seorang IT, namun sampai sekarang pun ingin kembali merasakan ketahanan batrey, desain kokoh, dan kehandalan koneksi internet yang memakai APN jalur khusus ke Kanada itu :)

    Btw masih gak percaya ketika suatu sore nganter sang ‘iDevice Fanboy’ ini ke pusat perbelanjaan gadget untuk ambil si BB Dakota ini.

    :p

  7. Pingback: Nurudin Jauhari
  8. Pingback: Nurudin Jauhari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *