Jadi adalah MobaXterm Solusi Keren dan Gratis SSH dan SFTP di OS Windows. Sejak beberapa waktu yang lalu, saya kalau lagi WORK AT HOME lebih sering madep mantep di depan PC dibandingkan di Laptop (MacBook Air). Salah satu alasan saya adalah di PC layar lebih lega dan PC ini hampir tidak pernah saya matikan. Kecuali mati listrik tentu saja.

PC yang sudah saya beli bersama adik @k1nca (Yunan Musiyanto) sebelum 2014 seingat saya. Saat itu saya beli dengan Prosesor yang saya anggap aduhai saat itu, Intel i7 kemudian dengan VGA rodo mumpuni yang bisa dipake buat mining kalau saat ini. Tapi VGA itu kandas ditengah jalan.

Kemudian saya belikan VGA yang penting support Windows 10. Awal2nya dulu saya masih asik dengan Windows 7 dan saat Windows 10 keluar ada Upgrade Gratis saya masuk didalamnya. Hingga saat ini. Pada awalnya dulu saya make Windows lebih banyak buat Browsing dan Nyaris tanpa bekerja. Disamping saat itu ada MacBook Pro 17″ yang juga lumayan keren performanya, hampir semua kerjaan disana jadi males pindah2.

Kemudian rutinitas berganti dan PC i7 ini sempat ikut hiruk pikur mainan CPA bersama sedulur lanang Achmad Basuki kurang lebih 1-2 Tahun. Kemudian setelah Masa Emas CPA mulai menurun, PC kembali saya alih fungsikan sebagai mesin kerja dan mencoba menyetup apa yang bisa dan biasa saya lakukan di MacBook Air (MacOS) agar supayan bisa saya lakukan di PC i7 juga.

Mulailah mencari Software-software yang setipe agar saya tidak kagok. Di MacBook Air biasa make Sublime Text saya bawa juga software ini ke Windows, saya biasa make layanan FTP saya carikan FTP Client Windows yang juga senyaman Transmit (sayangnya belum ada) make CyberDuck for Windows dan WinSCP adalah solusinya. Lebih dari cukup lah.

Salah satu persoalan pelik yang klasik dan belum menemukan power yang sepadan adalah akses SSH lewat Terminal. Memang sih di Windows ada CMD (Command) yang tidak berjalan dengan semestinya. Kemudian ada juga Aplikasi pihak ketiga seperti Putty SSH Client yang mirip tapi masih kurang gimana gitu.

Kemudian Saudara saya yang lain OWNER MOTIVASEE Mister Master Taufan Prakoso (Twitter @TaufanPR) pernah kasih tau kalau di Windows ada yang enaak yang cuss dan integrated SFTP sekalian, namanya MobaXterm. Aplikasi Gratis untuk Personal dan Berbayar kalau mau support developer nya dengan harga kira-kira 79$USD.

Saya sendiri suka dengan MobaXterm dan menyarankan siapa saja yang butuh akses SSH dan SFTP dengan aplikasi ini. UI dan UX dan juga penggunaanya enaak dan nyaman. Perintah2 standard di Terminal di MacOS bisa saya gunakan dengan mudah dan nyaman.

MobaXterm Free
MobaXterm Free

Salah Fitur Andalan MobaXterm dan favorit saya adalah, si MobaXterm ini akan bisa kita setup untuk otomatis simpan user dan password SSH kita. Jadi ketika kita mau akses lagi cukup ketikkan lagi dan BUUUM langsung login dengan lancar.

Panel MobaXterm Komplit
Panel MobaXterm Komplit

MobaXterm juga suppor Macros, juga memberikan Tools yang sangat banyak dan komplit. Saya sendiri hanya make seperlunya saja dan itu sudah sangat membantu. Bahkan ada fitur game-game kecil nya yang bisa mengurangi strees ketika Server sedang koit atau bermasalah.

2 thoughts on “MobaXterm Solusi Keren dan Gratis SSH dan SFTP di OS Windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *