Google Pixel & Pixel XL

Google Pixel Quite Black WIRED
Google Pixel Quite Black WIRED

Ya akhirnya Google merilis Smartphone pertamanya, setelah beberapa tahun rilis dengan seri Google Nexus buatan dari beberapa pabrikan (HTC, Samsung, LG, Huawei), dengan PeDe Google akhirnya menghadirkan Google Phone dengan seri Pixel yang “konon” adalah buatan Google.

Google Pixel XL Quite Black
Google Pixel XL Quite Black

Tahun 2016 ini Google merilis dua varian Google Phone, Google Pixel dan Pixel XL. Perbedaan utama dari keduanya adalah Ukuran Layar dan Ukuran Baterai. Selebihnya Insya Allah Sama.

Dan setelah diawali dengan Google Nexus 6p dengan harga yang sudah mulai mahal (Google Nexus terkenal dengan Harga sedikit miring, sebelum akhirnya berani menawarkan dengan harga lebih di Google Nexus 6p tahun 2015 yang lalu)

Dan Google Phone (Pixel dan Pixel XL) pun hadir dengan harga Premium, Google dengan berani dan pede menawarkan dengan Harga Premium Class seperti halnya iPhone dan seri Galaxy S.

Spek Google Pixel XL
Spek Google Pixel XL

Apakah dengan memberikan harga Premium ini Google akan sukses dengan Pixel phone nya ini? Kalau dari hasil beberapa review bisa jadi.

DXoMark Mobile Camera Test
DXoMark Mobile Camera Test

Dalam pengenalan Google Pixel dan Pixel XL ini Google dengan bangga mengatakan kalau berasarkan website reviewer camera termasuk camera smartphone DXOMARK memang mengatakan kalau Google Pixel dan Pixel XL adalah Kamera Smartphone terbaik saat ini.

Skor yang didapatkan 89 mengalahkan Apple iPhone 7 Plus (86),  Samsung Galaxy S7 Edge (88), HTC M10 (88), Sony Xperia X Perfomance (88), Moto Z Force (87), Sony Xperia Z5 (87), Samsung Galaxy S6 Edge (87) untuk kategori Mobile Camera.

Dan dalam Live Review pun banyak yang mengatakan demikian, Google Pixel walaupun tidak dibekali teknologi OIS tapi menggunaka teknologi EIS (Electronic Image Stabilization) ini memang menghasilkan kualitas yang tidak jelek.

Salah satu YouTuber SuperSAF memberikan Review Side by Side dengan Apple iPhone 7 Plus.

Sekedar gambaran saja, Kamera dari Google Pixel ini menggunakan Sensor buatan Sony, jadi kalau hasilnya bisa mengalahkan punya Sony sendiri besar kemungkinan Google bermain dengan sangat cerdas di bagian Software sehingga bisa menghasilkan performa yang aduhai dan terasa cepat dan memang cepat.

Berikut ini kurang lebih Spek details dari Kamera di Google Pixel dan Pixel XL

CAMERA Primary 12.3 MP, f/2.0, phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Features 1/2.3″ sensor size, 1.55µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@240fps
Secondary 8 MP, f/2.4, 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, 1080p

Video Perbandingan Kamera Apple iPhone 7 Plus vs Google Pixel XL

SuperSAF juga memberikan Demo kecepatan Fingerprint antara Google Pixel dan Apple iPhone 7 dan berikut hasilnya

Dan terakhir Video dari SuperSAF tentang perbandingan kecepatan perfomance dari Apple iPhone 7 dengan Google Pixel.

Dan dan sini terlihat Apple iPhone 7 Plus masih eksis sebagai yang tercepat, sepertinya optimasi iOS masih cukup baik. Dalam test ini dalam menjalankan Game2 terlihat kalau Google Pixel masih sedikit lebih lambat.

Desain Belakang Google Pixel XL
Desain Belakang Google Pixel XL

Kembali ke Google Pixel dan Pixel XL ini, apakah device ini akan Resmi Hadir di Indonesia? Semua ini masih misteri, kalau dari yang sudah2 Google Produk ini sepertinya akan “menunggu” mengingat dan walaupun pengguna Android di Indonesia ini sangat tinggi, entah kenapa Google belum serius menggarapnya. Bisa jadi dikarenakan untuk urusan Smartphone ada urusan2 TDN dengan Pemerintah yang bisa jadi sedikit susah akan terpenuhi.

Inilah Google Pixel dan Pixel XL
Inilah Google Pixel dan Pixel XL

Masih ingat dengan Produk Apple setahun yang lalu kan? Bagaimana sampai sekarang Apple iPhone 6s dan iPhone 6s Plus BELUM hadir secara Resmi di Indonesia :)

Google Pixel hadir dengan AMOLED Display sepertinya halnya produk2 dari Samsung Galaxy seri S dan Note nya.

Perfoma Baterai Google Pixel dan Pixel XL

Untuk kali pertama setelah beberapa waktu Google hadir dengan seri Nexus dan banyak reviewer mengatakan kalau memiliki Perfoma Bateri yang MEH… akhirnya di HaPe pertama Google ini banyak reviewer yang mengatakan Bateri Google Pixel dan Pixel XL sangat jempol. Android N 7.1 dengan Doze nya bekerja sangat baik di Google Phone ini.

Android Central mengatakan demikian

In both cases you’re likely to get a decent, full day of use out of the Pixel and Pixel XL, though the XL fares a little better on heavier days.

The XL never failed to get me through a full day of regular use, with a typical day getting me 14 to 16 hours off charger with 4.5 to 5 hours of screen on time

Suatu pencapaian yang luar biasa kan? Sementara Android Police mengatakan demikian

So far, I’d say the Pixel XL has offered battery life basically comparable to the Snapdragon version of Samsung’s Galaxy S7 edge, which is very respectable indeed.

Saya masih ingat tentang tulisan lama bagimana Android akan semakin dan semakin berkembang.

Harga Google Pixel & Pixel XL Indonesia

Nah ini pertanyaan susah, secara Google Pixel dan Pixel XL tidak resmi hadir di Indonesia, tapi dari beberapa Importir merilis Harga Google Pixel ini mirip dengan Harga iPhone 7. Berikut ini harga dari Rofik Gitara

OPEN PRE-ORDER
Google Pixel Phone by Google

Pixel 5″ :
Very silver / Quite black / Really blue 32GB : IDR 11.900K
Very silver / Quite black / Really blue 128GB : IDR 12.900K

Pixel 5.5″ :
Very silver / Quite black / Really blue 32GB : IDR 14.500K
Very silver / Quite black / Really blue 128GB : IDR 15.900K

Listing :
5 – 31 Okt 2016

ETA distribusi :
10 – 15 Nov 2016

Dan itupun Pre Order. Sebuah harga yang WOW bukan? Google Pixel dan Pixel XL tersedia dalam ROM 32GB atau 128GB dengan RAM 4GB

Butuh Informasi lebih jauh tentang Google Pixel? Jadi apakah kalian tertarik menggunakan Google Pixel? Banyak jawaban akan berkata Iya. Tapi apakah tertarik membelinya? hmmmmm

3 Comments on "Google Pixel & Pixel XL"



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *