Aku dan Apple Music

Ketika Artist dan Penggemar bertemu - Apple Music
Ketika Artist dan Penggemar bertemu - Apple Music

Apple Music, ya saya termasuk yang pertama kali mencobanya. Mencoba sejak rilis dan menikmati Promo 3 Bulan Gratis. Walaupun saat itu (waktu Apple Music Rilis) saya nggak ada iPhone, hanya ada MacBook Air dan iPad 2 yang hampir full day dipakai 2 Jagoan (@YashfaJauhar dan @ShaffiyaJauha).

Tapi saya tetep tertarik mencobanya.. dan saya menikmati menggunakan MacBook Air semata wayang. Terus terang Apple Music bukanlah layanan Music Streaming yang pertama kali saya pakai. Saya pernah make Deezer dan beberapa layanan sejenis. Make versi Desktop, Android maupun iOS.

Selain Deezer layanan lain yang pernah saya coba adalah buatan Nokia MixRadio yang sangat populer dikalangan Windows Phone. Baru2 ini juga make layanan Joox yang juga lumayan ciamik.

Semua bagus dan nyaman tapi ada beberapa kekurangan, dan kekurangan paling mencolok yang saya tangkap dari layanan2 yang ada adalah Database. Bagi saya Database Apple Music sangat cukup komplit dan dari berbagai genre bisa saya dapatkan disini.

Selain itu Faktor lain kenapa saya terus berlangganan Apple Music ini karena integrasinya. Secara saya sehari2 bekerja di MacBook Air walhasil Apple Music ini layanan yang cukup tepat. Jalankan iTunes cari music yang mau diputer dan kalau mau terus menerus diputer biar nggak selalu streaming cukup Make Available Offline dan selesai.

Tadinya saya berfikir konsep Langganan Music Streaming ini semacam pemborosan, tapi kalau di kalkulasi ulang dibandingkan beli lagu yang mau didengar via iTunes, konsep berlangganan ini solusi cerdas.

Manusia yang sangat hobby bosan ini sangat terbantu dengan konsep berlangganan ini. Karena dengan model seperti ini kita bisa loncat2 ke lagu yang kita suka semau kita.

Saya memandang hal diatas sebagai solusi cerdas karena saya beranggapan masyarakat Indonesia sudah cukup beradab dengan tidak mendengarkan musik bajakan dan mendengarkan secara legal. Harga yang ditawarkan di Indonesia untuk Apple Music ini masih cukup nyaman. Untuk berlangganan Apple Music cukup dengan 69.000 IDR┬ásudah bisa mendengar semua lagu sepuasnya…

Internet Indonesia dan Music Streaming

Tadinya saya berfikir kalau berlangganan Apple Music ini akan termehe-mehe dalam koneksinya, tapi ternyata hal itu tidak terjadi. Saya masih bisa mendengar dengan nyaman, dan hampir tidak pernah buffering. Memang internet Indonesia belum secepat di Jepang atau Korea….

Internet Cepat buat apa ~ Mantan Menteri

Kalau saya buat bekerja dan mendengarkan kebahagiaan pak.

Jadi apakah Apple Music ini akan saya pertahankan? Kenapa tidak. Toh belum lama ini Apple kembali menghadirkan hal yang Luar Biasa karena merilis layanan Apple Music di Android. Lagipula di Android, Google Play Music yang saya nantikan kehadiran fitur Music Streamingnya juga nggak kunjung hadir.

Apple Music Tersedia di berbagai Platform dan Device
Apple Music Tersedia di berbagai Platform dan Device

Secara saya pengguna Android (Nexus 5) maka dengan senang hati langganan Apple Music akan saya pertahankan.

Jadi sampean2 langganan music streaming dimana?

#TetapSemangka

6 Comments on "Aku dan Apple Music"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *