Review iOS 5 iPhone dan iPad

Ini adalah Review iOS 5 apa adanya. Akhirnya iOS yang digadang gadang dan telah lama didengungkan Apple dengan 200 penambahan features baru hadir juga dan bisa di download iOS 5 ipfwnya untuk dilakukan update melalui mode restore. Kenapa kami sarankan untuk menggunakan mode download manual iOS 5 ipfw?

Newsstand on iPhone 4
Newsstand on iPhone 4

Bagi saya teknik ini lebih aman, karena mengingat koneksi internet di Indonesia terutama saya cukup lambat. Dengan metode manual bisa lebih stabil. Saya bersyukur sudah mencoba iOS 5 sejak versi beta 1 hingga GM. Dan berikut penilaian saya.

Fitur Fitur Andalan iOS 5

Notification Center: Janji Apple untuk memberikan sentuhan di jajaran iOS benar benar tampak disini. Perombakan terbesar yang saya lihat adalah Notification Center atau Pusat Notifikasi. Sebelum iOS 5 hadir Notifikasi iOS masih sederhana dan saling menumpuk. Sehingga ketika ada notifikasi baru maka notifikasi sebelumnya akan hilang ditelan jaman #eh.

Tapi di iOS 5 dengan adanya Notification Center ini, kita bisa berikan perlakuan tiap aplikasi bagaimana Notifikasi itu akan tampil dan bagaiman iOS akan bersikap terhadap notifikasi itu.

iMessage: Banyak yang bilang Apple mulai serius memasuki area texting ini. Area yang sebelumnya menjadi raja dan menjadi kunci sukses RIM dengan BlackBerry Messenger (BBM) ini mulai dicoba dimasukki apple dengan merilis iMessage. Berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN, Apple menyederhanakan dengan menggunakan Apple ID dan atau nomer HP sebagai identitas iMessage.

Tidak seperti BBM dengan aplikasi terpisah, iMessage tergabung menjadi satu dengan aplikasi SMS dan MMS. Untuk membedakan antara iMessage dan SMS biasa adalah warna dimana Hijau warna SMS dan Biru warna iMessage. iMessage juga mendukung real time status (ketika lawan melihat, membaca, dan menulis pesan). Apple mengatakan kalau iMessage bisa berkirim foto dan video. Konon akan mendukung share lokasi dan kontak. Tapi versi iOS 5 ini masih share image dan video aja.

Integrasi Twitter: Twitter terintegrasi dengan iOS 5, kita bisa share foto secara langsung ke layanan Twitter ini. Bahkan salah satu layanan twitter untuk bisa share foto tanpa pihak ketiga pertama kali iOS yang melakukannya.

Kamera Tweak: Sekarnag kita bisa menggunakan tombol up pada pengaturan suara untuk mengambil foto. Fitur yang dulu sempat dilakukan Camera+ yang membuatnya sempat di banned sama Apple ini akhirnya digunakan Apple pada iOS 5. Selain itu sekarang dengan menekan dua kali tombol home kita bisa ambil foto secara langsung. Ada juga pengaturan Grid dan juga HDR.

Newstand: Rak atau Laci Majalah dan Koran kalau saya menyebutnya. Sebenarnya Newstands hanyalah seperti folder biasa yang berisi aplikasi2 majalah dan koran. Tapi ternyata lebih berfungsi lebih dari itu. Tampilan yang cantik dan tertata rapi membuat membaca dan berlangganan majalan menarik lagi.

Wi-Fi Sycn iOS 5
Wi-Fi Sycn iOS 5

Remindes: Aplikasi task sederhana yang mendukung lokasi, aplikasi ini bermanfaat untuk mencatat entah itu daftar kerjaan, daftar belanja atau list. Yang unik ada fitur lokasi. Dimana aplikasi akan tertigrer ketika kita sudah sampai pada area tertentu.

Multiple Gestures: Di iPad kita bisa menggunakan fitur ini, kita bisa menggunakan 4 jari untuk melihat aplikasi jalan, bergeser keaplikasi lain sampai dengan kembali ke layar depan

Siri Assistant: Fitur ini sementara ini hanya tersedia di iOS 5 di iPhone 4S, sebuah fitur yang dengannya kita bisa berkirim email, berkirim SMS, membuat janji, Bertanya cuaca dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu fitur andalan iPhone 4S. Lebih jauh tentang Siri Assistant

Dan masih banyak lagi fitur2 yang tertanam di iOS 5 seperti iCloud, Game Center, Safari, PC Free, Wi-Fi Sync, AirPlay Mirroring dan lain lain

Kecepatan iOS 5

Berdasarkan pengalaman pribadi iOS 5 berjalan jauh lebih responsif di iPhone 4 dengan prosesor A4. Yang lebih hebat lagi. Hasil benchmark test Mobile Browser Safari dengan Nitro Engine mendapatkan hasil yang luar biasa.

Aplikasi2 juga terbuka dengan responsif. Dan multitasking ala iOS berjalan tanpa hambatan.

Daya tahan Batere

Salah satu hal yang cukup penting bagi pengguna Smartphone adalah batere dan batere. Berdasarkan pengelaman pribadi. Batere iPhone di iOS 5 ini jauh lebih bersahabat. Terutama sekali ketika mode standby. Dulu sewaktu menggunakan iOS 4 hampir setiap hari saya harus charge 2x sekarang dengan penggunaan yang sama bahkan lebih. Batere bisa tahan jauh lebih lama.

Kesimpulan

iOS 5 mendukung hardware
iOS 5 mendukung hardware

Siapapun iDevice yang terdukung oleh iOS 5, wajib download upgrade dari Apple ini. Apple membuat release resmi kalau perangkat yang didukung iOS 5 adalah sebagai berikut

  • iPad
  • iPad 2
  • iPhone 3GS
  • iPhone 4
  • iPhone 4S
  • iPod Touch 3gen
  • iPod Touch 4gen
  • iPod Touch 5gen

4 thoughts on “Review iOS 5 iPhone dan iPad

  1. Mau tanya dong, hp saya iphone 5c batre nya cepet habis and walaupun ga di gunakan juga tetep terpakai tu batrenya, trus saya ganti batre yang baru tapi masih sama aja nih masalahnyaa, kira2 harus gimana ya???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *