Pidato Pelantikan Abu Bakar as Siddiq RA

Ini adalah Pidato dari Abu Bakar as Shidiq RA (lahir: 572 – wafat: 23 Agustus 634/21 Jumadil Akhir 13 H) ketika dirinya didaulat sebagai Khalifah Pertama sepeninggal Rasulullah Muhammad SAW. Ia adalah satu di antara empat khalifah yang diberi gelar Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk. Dan berikut isi Pidatonya.

“Amma Ba’du.

Wahai manusia, aku telah diserahi kekuasaan untuk mengurus kalian, padahal aku bukanlah orang terbaik dari kalian. untuk itu, jika aku melakukan kebaikan, maka bantulah aku, jika aku berbuat salah, maka ingatkanlah aku. jujur itu amanah, sedang dusta itu khianat.

Orang lemah di antara kalian adalah orang kuat di sisiku hingga aku berikan haknya insya Allah, dan orang kuat di antara kalian adalah orang lemah di sisiku hingga aku mengambil haknya darinya insya Allah. tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad di jalan Allah, melainkan Allah menjadikan hidup mereka hina dan dihinakan, tidaklah perbuatan zina menyebar di suatu kaum, melainkan Allah akan menyebarkan malapetaka di tengah-tengah mereka.

Untuk itu, taatlah kalian kepadaku selama aku masih taat kepada Allah dan RasulNya. jika aku bermaksiat kepada Allah dan RasulNya, maka bagi kalian tidak ada ketaatan kepadaku. dirikanlah shalat kalian, semoga Allah merahmati kalian.”

Pidato yang sangat mendalam.

Sumber Foto http://www.flickr.com/photos/atoach/6928840425/

7 thoughts on “Pidato Pelantikan Abu Bakar as Siddiq RA

  1. assalamualaikum..
    saya sangat tertarik dengan pidato ini..saya sangat butuh data terkait pidato khulafaur rasyidin sebagai bahan tesis saya..kalau boleh tau ini sumber aslinya dr mana ya?mohon sekali bimbingannya..karena saya sangat membutuhkannya. terimakasih wassalam.

  2. sejak masa rohis di sma dulu, pidato Abu Bakar ini sering jadi materi. berulang-ulang sampai beberapa tahun selanjutnya.
    tapi…
    sampai sekarang masih selalu saja membuat saya merenung… suwun sudah share ini! :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *