Gurami Bakar

Hampir setiap lebaran tiba, di keluarga kami di Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta selalu menyempatkan ‘bakar iwak’ dan favorit kami semua adalah Gurami Bakar, rasanya yang khas serta dagingnya yang tebal *ingat puasa ;) dikombinasikan dengan resep Keluarga Anas Ngabid (Alm) yang diracik kakak kedua dan kakak ketiga menghasilkan suatu hidangan di bulan syawal yang indah.


Resepnya?
ini dia resepnya.

  • garam
  • bawang putih
  • bawang merah
  • kemiri
  • jahe
  • daun jeruk

Lalu semua bumbu tadi diblender/ulek. Tambahi kecap lalu oleskan pd grameh yg udh digoreng, lalu bakar

Sebenarnya tujuan awal postingan kali ini adalah untuk menyelamatkan catatan resep yang saya simpan di inbox hp, dan secara tidak sengaja semua inbox terunduh di applikasi windows saya :( ya dari pada hilang bumbu bersejarah saya, mending saya selamatkan. Kalau ada yang ingin mencoba silahkan sahaja.

25 Comments

  1. ikan gurame emang enak nya di bakar,…trus ngirit minyak lg,…

  2. wadooww…..mau dunk gurami_na kirim ke_rumahkoe……
    :-“:d okeeey…..

  3. Wah, ngasih resepnya mbok pake takaran :o
    Kalo semua diblender tanpa takaran bisa ancur dah…:((
    BTW, foto ikan bakarnya mana? Biar puasanya tambah kusyuk :-“

  4. Kok gak disebutin takarannya berapa aja… :-
    :d

  5. Tapi tetep Gurame Asem Manis favoritkuu….!!!

  6. #15 windede
    Mempersiapkan diri dan melatih mengendalikan hawa nafsu mas :D

    #18 Nofie
    Bukannya Ikan Tawes durinya terlalu banyak dan kecil2 lagi? sehingga membuat kita kurang menikmati waktu memakannya karena butuh tenaga eksta ;)
    Kalau saya cenderung ikan semacam Nila/Mujahir ;))

    #19 Achi
    Tergantung, kalau pas di Jogja enak Gurami, tinggal ke kolam sebelah trus ‘prepare some stuff’ jadi deh Gurami Bakarnya ;)

    Kalau minggu2 ini enakan “kebab”nya… apalagi kalau GRATISAN ;))

  7. enakan endi ambek KEBAB mas??? hehehehehe……

  8. Kok nggak ada gambarnya, mas?

    Gurami memang paling enak dibakar. Dibanding ikan tawar sejenis, dagingnya lebih tebal, jadi ketika dibakar massanya tidak berkurang banyak. Daging ikan tawar yang menurut saya cukup enak, selain gurami, adalah tawes.

    Duh, puasa malah ngomongin makanan. :d

  9. #vnuz
    wah asik kiy… kate ditraktis venus… kapan nus?

  10. resepnya kurang kayu bakar/areng, minyak tanah, api
    plus mentega biar asin :d

  11. lebaran masih lama udah ngomongin gurame… hmm… bacaan yang asyik sekali sore2 menjelang buka gini :d/

  12. ikan nya harus gurame yach, aku lebih suka ikan laut kayak tongkol bisa gak?

  13. Wah.. wah..
    nanti saya minta Ibu saya dirumah.. Hehe..
    Slurpp.. Slurpp.. Jadi selera dakuh! ;)

  14. #7 Vnuzday
    Wah boleh juga tuh.. bisa saya agendakan ;)

    #9 Gaussac
    Resep Turunan atau Turunan Reseplah *halah

    #10 Ario Dipoyono
    Njalukan arek iki :D

    #11 Bu Genduk
    Sebenarnya ikannya ndak wajib GURAMI, kenapa GURAMI, karena struktur daging yang tebal (sambil ngiler) dan juga duri yang lumayan sedikit, alternatif lain bisa di coba, Ikan Mujahir/Nila, atau bawal (untuk bawal ada sedikit duri tambahan jadi hati hati) ;)

  15. wah, jadi kemecer pol…mbayangke Morolejar..
    ketoke bumbune pas banget, tak nyoba ah…tapi harus grameh ya disini gak ada je…
    :(

  16. enak…….enak….. aku minta ya :d/

  17. regenerasi resep. buka warung dimana mas? kayanya boleh juga dicoba nih resepnya. :d

  18. gurameeeeeeeee … enyaaakk enyaakkk enyaaaakk…. :)) :-“

  19. Kalau ke Blitar mampir kerumahku, menyediakan segala Ikan air tawar segar, mungkin bisa langsung praktek .:D

  20. gurameeeeeeeeeeeeee…. ouww auww… hiyaaaaaaa

  21. Yummi tuh kayaknya om… :x

  22. humm… gurameeeeeeeeeeeeeee…….

  23. kirim kiy ojo resep… mbok yoh gurame-ne wae sing dikirim :P

  24. kok ga masuk comment-ku? doooh.. bad work banned pow? kekeke… padahal aku alus loh kang ngomong’e.. kromo inggil loh mau kuwi.. :P
    kang… mbok gurami-ne sing dibagi, ojo mung resep’e

  25. tujuan’e posting kepleeeg banged to… tapi kreatip jugah kok, soalnya jadi multi fungsi kang… selain fungsi memorize, juga fungsi informatip… wakakakakaka…

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Meningkatkan Trafik Website dan Blog / ID-JAUHARI

Leave a comment

Your email address will not be published.


*