Cerita Bersama Samsung Galaxy Note 2 (N7100)

Samsung Galaxy Note II N7100

Beberapa waktu yang lalu saya telah menceritakan awal hubungan spesial dengan Samsung (dibaca Samsul), diceritakan disana  kalau Device Samsung pertama saya adalah Galaxy Nexus; walaupun begitu Galaxy Nexus adalah hardware Samsung yang bermesin 100% Google, seperti kita ketahui semua, Google sebagai pengembang utama Android memiliki Developer atau Spesial Hardware yang diberikan #codename Nexus.

Semua Hardware ndak peduli dari pabrikan mana, yang bermesin Android murni (AOSP) diberi kode Nexus (lebih lengkapnya di tulisan terpisah nantinya). Kembali ke cerita Samsung dan Saya atau Saya dan Samsung. Samsung Galaxy Note N7000 pertama kali diluncurkan October 2011 atau tepat 1 tahun. Saat itu ukuran dari Galaxy Note ini tergolong istimewa besarnya. Dengan ukuran layar 5.3″ dan ukuran 146.9 x 83 x 9.7 mm (5.78 x 3.27 x 0.38 in) membuat Device ini bisa diartikan Mega Phone :D Akan tetapi hal yang membuat menarik Galaxy Note N7000 ini adalah Stylus yang diberi nama oleh Samsung dengan S Pen. Teknologi Wacom dibenamkan di perangkat ini, walhasil aksi Stylus di Mega Phone ini cukup menarik perhatian.

Dengan Jargon tak kalah unik… Telpon atau Tablet.. andalah yang memutuskan. Tak ayal Samsung Galaxy Note 1 ini telah menciptakan ceruk baru yang belum ada pemain manapun memasukinya.. maka lahirlah istilah Phablets, setengah telpon setengah tablet. Dan tepat Satu tahun berselang atau tepatnya October 2012 ini, Samsung meregenerasi Phabletsnya dan lahirlah Samsung Galaxy Note 2.

Hardware Samsung Galaxy Note 2

Samsung Galaxy Note II Powerfull
Samsung Galaxy Note II Powerfull

Desain dari Galaxy Note 2 (N7100, N7105 LTE) ini mengadopsi dari kakanya Samsung Galaxy S3 yang telah meluncur terlebih dahulu awal tahun 2012 ini. Di Samsung Galaxy Note 2 ini diberikan beberapa pembenahan dari sisi luar seperti Ukuran Layar yang menjadi 16:9 atau 5.5″ dan kesan yang lebih ramping dibandingkan Kakaknya.

Selain itu spesifikasi tidak jauh berbeda kecuali peningkatan RAM menjadi 2GB dan juga Prosesor menjadi Quad Core 1.6Mhz. Selain itu GPS juga sudah mendukung GLONASS, sehingga lock lokasi berdasar pengalaman pribadi bisa didapatkan kurang dari 5 detik. Dan juga Baterai yang lebih besar 3100MAh dan beberapa hal lainnya.

Software Samsung Galaxy Note 2

Dengan Android 4.1.1 didalamnya digabungkan bersama aplikasi2 buatan Samsung sendiri, menjadikan Galaxy Note 2 begitu istimewa. Terlebih karena ini adalah Samsung Smartphone pertama saya dengan software yang Samsung sendiri kembangkan dari Android, maka mau tidak mau saya harus menikmati TouchWiz. Walaupun terus  terang saya bukan penggemar TouchWiz UI buatan Samsung sejak dulu. Tapi sejak TouchWiz 4.x meluncur saya mulai menikmatinya. Aplikasi2 yang ada di Galaxy Note 2 ini juga sudah tersedia berbagai macam aplikasi built ini yang mendukung kinerja S Pen. Semua berjalangan sangat smooth, walaupun saya bukan penggambar yang handal tapi mencoba S Pen ini sangat2 istimewa. Apalagi Samsung sukses menggabungkan teknologi S Pen dan melakukan integrasi dengan Galaxy Note 2 dengan cukup apik.

Dengan S Pen ini saya bisa melakukan pemanggilan2 aplikasi atau perintah dengan beberapa coretan2 yang kita tentukan sendiri, dengan S Pen juga kita bisa mengambil screenshoot, memilih text, atau memilih sebagian bidang dan lain sebagainya.

Belum lagi fitur2 Motion Control yang ada di Samsung Galaxy S3 juga tersedia disini, walhasil Galaxy Note 2 ini istimewah…

Baterai Samsung Galaxy Note 2

Fitur bagus, kualitas hardware bagus tapi kalau boros baterai sama saja bohong, untungnya hal itu tidak terjadi, penulis sendiri telah merasakan selama 10 hari ini baterai sangat awesome banget. Dengan pemakaian yang sama atau bahkan lebih intensif dibandingkan Galaxy Nexus ataupun iPhone 4, saya bisa menggunakan satu hari penuh dan di esok harinya baterai masih sisa antara 20-40%.

#GNote2: Multi Tasking yang sebenarnya

Samsung Galaxy Note 2 hadir dengan Multi Windows yang mana banyak pengamat bilang Samsung Galaxy Note 2 ini sudah mendekati desktop karena Multi Windows ini pengguna bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus secara bersamaan, Saya ambil contoh jendela satu membuka email, sedangkan jendela satunya membuka YouTube. Belum lagi ada fitur Pop Up Video seperti halnya di Samsung Galaxy S3 dan juga Pop Up Browser.

Kesimpulan

Secara garis besar, Samsung Galaxy Note 2 ini bisa dibilang Smartphone yang cukup komplit, baik fitur dan juga hardware merupakan top class. Jadi memilikinya untuk awal2 mungkin akan terasa besar, tapi setelah beberapa waktu kita akan tahu kenapa Galaxy Note 2 ini begitu besar.. besar yang memang tidak perlu dibesar2kan bahwa kualitas baik hardware dan software layak diacungi jempol. Jadi apakah harus beli? Kalau itu sesuai kebutuhan silahkan dibeli ;)

Catatan Pinggir: Banyak pengguna Smartphone diluar sana yang tidak suka dengan bahan material Samsung ini, dengan bahan Plastik tertentu ini banyak yang beranggapan kalau ini adalah produk murahan. Mereka mencoba membandingkan dengan iPhone 5 yang mana dengan bahan alumunium dan juga kaca yang bagi mereka jauh lebih mewah… 

25 thoughts on “Cerita Bersama Samsung Galaxy Note 2 (N7100)
  1. @Gita Oetary Kalau DESAIN PENUH belum.. tapi update konten, desain2 sederhana saya rasa sudah bisa dengan mudah tergantikan.. Stylusnya juga Istimewa Mbak :)

  2. Secanggih canggihnya hape gak akan bisa menggantikan fungsi komputer laptop, kecuali klo tablet mgkn bisa lahh.
    Sya juga pake note2, cuma lebih enak klo update pake keyboard fisik deh, typo terus klo pake tombol virtual :p

  3. Secanggih canggihnya hape gak akan bisa menggantikan fungsi komputer laptop, kecuali klo tablet mgkn bisa lahh.
    Sya juga pake note2, cuma lebih enak klo update pake keyboard fisik deh, typk terus klo pake tombol virtual :p

  4. kira2 bisa mendukung aktifitas blogging gak yah?
    misalx untuk salin sehalaman penuh dari email ke catatan blog.
    soalx saya juga niat buat beli note 2 ini tapi masih ragu2 apa ambil note aja atau beli laptop baru.
    jaman sekarang sih emang paling enak bawa handphone yang multi fungsi ketimbang laptop yang berat, tapi balik lagi ke orangx.
    untuk soal design n nulis hp ini nyaman gak mas?

  5. meskipun telat memberikan komentar namun saya begitu tertarik dengan tulisan mas ini. Ringan dan mudah dipahami tidak ada kesan merendahkan produk lain. Saya fans berat samsung galaxy note sampai note 2 ini. Phabet ini begitu membantu pekerjaan dan aktifitas sehari-hari, dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Dari hiburan hingga pekerjaan serius di rumah sakit.

    Artikel yang menarik

    salam kenal dari cowo imut di Bandung

  6. Dari dulu Samsung Galaxy selalu di banding2kan dengan produk iPhone, tapi saya yakin Samsung Galaxy Note 2 ini lebih baik dari segi teknologi dari pada iPhone 5 yang keluar beberapa bulan lalu
    terima kasih atas penjelasannya

  7. Jadi kapan ya bisa jadi penikmatnya juga :-(
    Saya dan Huawei U8350 Boulder saja sudah nikmat.
    Apalagi dengan Samsung Galaxy Note 2..

    Hape Android emang TOP banget deh, dari segi kualitas apalagi harganya…

    ngilerabis[dot]com

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*