Eh, piye ya! Gue lagi mau cerita nih tentang gimana caranya tetap semangat dalam dunia ngeblog yang kadang bikin down.

Jadi, ceritanya kita semua pasti pernah ngerasain ‘eh, kok buntu ya ide buat nulis blog?‘ Nah, itu dia, pernah kan? Gak usah panik dulu, ada kok trik-trik sederhana biar tetap greget di dunia blogosphere.

Tetap ngeblog sampai meNtog rewrite edit text on a typewriter
Tetap ngeblog sampai meNtog Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

1. Curhat ke Sumber Inspirasi Baru

Kadang kita butuh sumber inspirasi baru, nih. Bisa dari buku, film, jalan-jalan, atau sekadar ngobrol sama temen. Siapa tahu dari situ nongol ide-ide keren yang dulu tertimbun.

2. Bikin Jadwal Khusus Buat Nulis

Coba bikin jadwal tetap buat nulis, seminggu sekali atau setiap hari. Dengan jadwal itu, kita bisa terbiasa dan jadi rajin nulis. Kaya olahraga gitu, ya, tapi bukan angkat barbel, tapi angkat pena.

3. Jangan Takut Buat Edit Tulisan

Jangan minder buat edit tulisanmu. Gue yakin, hampir gak ada yang bisa nulis perfecto tanpa revisi. Justru dari proses edit itulah, seringkali muncul ide-ide oke banget.

4. Gabung di Komunitas Blogger

Nih, coba gabung di komunitas blogger, geng! Di sini tempatnya buat saling berbagi ide, dapet tips, dan mendukung satu sama lain.

5. Santai Aja, Jangan Terlalu Keras ke Diri Sendiri

Setiap blogger pasti pernah buntu, gak pede sama hasil tulisan, atau merasa kekurangan ide. Jadi, gak usah keras ke diri sendiri banget. Relax, yuk!

Dari pengalaman gue itu, gue jadi punya beberapa tips buat tetap semangat ngeblog:

Pengalaman Jauhari Sendiri?

1. Refresh Otak dengan Aktivitas Beda

Gue belajar pentingnya refreshing otak dari rutinitas yang itu-itu aja. Mulai dari jalan-jalan ke tempat baru, nonton film, atau ngobrol sama orang-orang yang punya pandangan berbeda. Trust me, kadang inspirasi datang dari hal-hal tak terduga!

2. Bikin Jadwal Nulis Tetap

Gue juga mulai bikin jadwal khusus buat nulis. Ini beneran membantu, lho! Jadwal ini bikin gue terbiasa nulis, walaupun kadang gue masih harus merangkai kata-kata dengan susah payah.

3. Jangan Mindset ‘Perfectionism’

Awalnya, gue suka banget ‘kebelet’ ngepublish tulisan yang sempurna. Tapi lama-lama gue sadar, gak ada yang perfecto. Kadang gue berani edit-ulang tulisan yang udah dipublish, dan hasilnya jauh lebih oke!

Intinya, pengalaman gue ini mengajarkan kalau ngeblog itu tentang proses dan eksplorasi terus. Gak usah kelelahan mikirin hasil akhirnya, yang penting kita enjoy dan belajar dari setiap tulisan yang kita buat.

Gitu nih, kiat sederhana biar tetap semangat ngeblog. Ingat ya, saat kita menulis dengan cinta dan semangat, itu bakal keliatan dari tulisan kita. Jadi, tetep semangat terus, teman-teman!

Eh, teman-teman juga punya kiat keren untuk tetap rajin ngeblog? Share di komentar yuk! Semoga sharing ini bisa memberi semangat buat kita semua. Keep blogging, guys!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Paket JD.id sudah di Ponjong
Read More

Hikayat Paket JD.id

Saya pernah beberapa kali order Pribadi maupun Order untuk Kakak di JD.id. Nah dua episode order JD lancar…
Inilah Cara Minta Maaf Terbaik
Read More

Maaf

Di tulisan ini.. kami hanya ingin minta maaf, kepada siapa saja, dimana saja dan atas semua tindakan, pikiran…