Moch. Zamroni (Pak Zam) di Mata Saya

Senyum pak zam
Senyum pak zam

Masih ingat dengan edisi di Mata Saya? Edisi ini tidak menggantikan Empat Mata yang distop itu, tapi saya hanya keseriusan saya :D untuk menulis beberapa blogger yang kebetulan saya kenal dan beliau kenal saya.

Kali ini saya akan mengangkat seorang Zam bukan yang ini. Tapi Zam edisi malang, dengan Nickname Pak Zam atau zamdesign dan benama lengkap Moch. Zamroni ini. Saya kenal beliau tepatnya dan kurang lebihnya 1th yang lalu. Waktu itu ada event BloggerNgalam, kami sempat bertemu dan hanya ucap 2 kata seingat saya. Beliau cuma bilang Jauhari yaa? dan saya juga cuma bilang Pak Zam yaa, setelah itu tidak ada kata kata lagi, bahkan sampai sekarang. =)) Kata kata yang saya maksud disini adalah secara lisan lo ;) Karena saya dan beliau sangat sering berjibaku lewat YM, Plurk, maupun email. Jadi marilah kita simak seorang Zamroni di mata saya.

Berikut Transkip Telewan saya

 

Kapan Mulai Ngeblog? Dimana?

23 Oktober 2000 menggunakan mesin blogger, saat itu belum ada hostingan blogspot, sempat mengalami pindah hostingan (gratis) berkali-kali karena hosting gratis tidak bertahan lama (expired) namun akhirnya diarsipkan di hostingan blogspot
http://dzam.blogspot.com

Alasan Utama Ngeblog?

Senyum ceria pak zam
Senyum ceria pak zam

Awalnya sekedar media untuk menulis pikiran/perasaan sehari-hari (microblog goresan harian / dzam.blogspot.com). sejak tahu bahwa wordpress menyediakan hosting gratis, saya mencoba mengarsipkan beberapa portfolio design (zamdesign.wordpress.com). Namun semua itu tidak cukup untuk mendapatkan networking lebih banyak. karena itu saya harus mulai membuat postingan yang bisa bermaanfaat untuk blogsphere. saya terinspirasi dari smashing magazine, membuat list-list design/web development. namun saya mengkhususkan dalam konteks Indonesia. dan satu alasan lagi tentunya blog untuk identitas biar lebih mudah dalam social networking

Alasan ini termasuk blogging for money?

Saat ini belum, mungkin suatu saat nanti :D

Tiap ngepost, bertopik, di konsep atau apa aja? yang ada di pikiran saat itu?

Microblog goresan harian hampir semua postingan adalah pikiran/perasaan yang ada saat menulis, jarang sekali yang bertopik apalagi direncanakan, sifatnya sangat personal bahkan sengaja tidak diberi komentar. sedangkan untuk blog zamdesign di wordpress, postingan nya sudah direncanakan, buat unpublish dulu, mengumpulkan data, kroscek-kroscek lagi, kalau sudah siap baru di publish. di zamdesign konsepnya adalah membuat list seputar graphic design & web design/development indonesia. karena saya yakin di indonesia banyak SDM web/design yang memiliki potensi besar.

Eh Punya berapa blog?

http://zamdesign.wordpress.com
Awalnya hanya blog yang berisi portfolio, sekarang berubah menjadi blog yang berisi list-list seputar graphic design & web design/development indonesia.

http://zamdesign.tumblr.com
Microblog berisi portfolio khusus project2 dari icreativelabs yang saya kerjakan

http://icreativelabs.com/blog
Blog bersama tim icreativelabs masih dalam tahap pengembangan

http://skripsi.dagdigdug.com
Mencoba berbagi skripsi dengan mengarsipkan di media blog (dagdigdug)

http://dzam.blogspot.com
Microblog ini aktif ditulis saat saya masih bujang, ditulis disela-sela kerja. setelah menikah mulai sering hiatus. dan sekarang sengaja tidak saya update lagi, hanya untuk arsip saja.

Blog sebagai Hobby, Atau keharusan?

awalnya hobby dan sekarang adalah keharusan

Pandangan Mas, apakah blog hanya trend sesaat?

tidak setuju. blog sangat powerful, sebagai media alternatif di internet, popularitasnya sudah bisa mengalahkan portal-portal berita online, trend-trend design layout blog sudah mempengaruhi perkembangan layout web saat ini (katanya jaman web 2.0), konten-konten blog banyak yang dijadikan rujukan media mainstream, bahkan banyak juga yang dijadikan rujukan untuk karya ilmiah, dan jika kita googling, dapat dipastikan ada BLOG di tiap halaman pertama hasil pencarian. belum lagi perusahaan-perusahaan besar sekarang mulai banyak yang memiliki blog.

Jika dan hanya jika? 5 – 10 blog wajib baca? baik Indonesia maupun luar, blog siapa aja?

5 indonesia:

5 luar:

Demikianlah wawancara bersama seorang Pak Zam (zamdesign) semoga bermanfaat dan bisa dijadikan suri tauladan yang baik bagi bumi Indonesia. Jangan lupa subcribe RSS kami dan nantikan Telewan telewan berikutnya. ;)

33 Comments on "Moch. Zamroni (Pak Zam) di Mata Saya"



  1. setahu saya…saya sudah tahu zam dari duluuu emang dari tahun 2000an. Kayanya dulu masih pake nama tkoz bukan ya :). Tapi dari dulu dan sekarang saya cuma ‘nonton’ gak pernah comment or etc webnya bliow.

    Dulu webnya masih banyak poetry dan desainnya banyak ngegrunge.

    Tapi itu masa lalu atau apa ya? Soalnya kayanya gak membekas apa saya yang salah orang?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *