Firman Firdaus di Mata saya

Setelah cukup sukses dengan edisi perdana dimata saya, kali ini blogger yang saya coba Telewan adalah seorang wartawan di sebuah Majalan mukti oplah, Multi Nasional dan Multi segala multi ;) seorang Firman Firdaus aka Daus. Blogger ini pertama kali saya bertemu secara virtual kurang lebih juli/agustus 2007.

Walaupun saya sudah pernah dan bersapa sejak lama cuma saya sudah lupa tepatnya :D (faktor umur tepatnya) Karena sebelum berdomain Daus.trala.la beliau sudah pernah memiliki domain Denbag.us dan domain ini sudah ada di Blogroll saya entah sejak kapan ;) Karena alasan klasik ala indonesia biaya domain mahal sekitar 40$/tahun beliau dapat sub domain semi hibah Daus.trala.la dari seorang teman. Mari kita mulai telewannya ;)

Transkrip Telewan dengan Firman Firdaus

daus-face.jpgMulai Kapan Ngeblog? Dimana?

Sekitar 2003. Pertama kali pake Blogger/Blogspot, lalu bikin lagi di Blogdrive, Blogsome, Blog.com, Vox, sampe diinstalin MT sama temen. Semuanya saya coba.

Alasan Utama Ngeblog?

Sejujurnya karena ikut tren. Tapi lama-lama keasyikan. Yang jelas karena seneng nulis sih. Sebenarnya saya lebih suka melihat desain daripada blognya itu sendiri, hehehe…

Kenapa WordPress?

Karena user-friendly dan komunitasnya hidup sekali. Saya juga suka kepribadian Matt, halah SKSD Palapa (Sok Kenal Sok Dekat PAdahaL gak Ada Apa-aPA)

Profil twitter firman firdaus
Profil twitter firman firdaus

Kang Daus khan termasuk penggemar desain Minimalis “Religius” ;) karena dari setiap desain yang ada selalu dan seringnya one colom dan tanpa neko neko paling beberapa foto flickr. ini terinspirasi apa? Atau ada alasan khusus?

Minimalis relijius? opo iku? haha. Karena pada intinya saya pemalas, jadi saya pikir saya nggak perlu sidebar yang isinya macam-macam itu. Toh nggak saya baca juga. Pengunjung pun rasanya nggak pernah baca-baca sidebar saya. Ya kan? Tapi pernah juga kok beberapa kali pake theme yang ribet-ribet itu.

Tiap ngepost, bertopik atau apa aja? yang ada di pikiran saat itu?

Pernah juga direncanakan. Biasanya inspirasi kalau lagi di jalan. Tapi kadang yang salin-tempel aja dengan menyertakan sumber tentunya. Sekarang lagi suka upload2 foto dan linkblog. Ya karena malas itu… :)

Ngeblognya di Konsep ndak sih? yaa seperti Majalah gitu, posting kali ini bla bla? besok bla bla?

Sama sekali nggak. Memang ada ya yang begitu? Kasian sekali…capek sendiri, :D

Ngeblog untuk cari uang?

Pernah terpikir. Tapi akhirnya malas juga, hehe. Tapi saya nggak alergi kok sama yang begitu. Sah-sah saja.

Eh Punya berapa blog?

Kalo blog personal praktis cuma 1. Lainnya ya yang di Asia Blogging Network itu (SPAM Alert!).

Jika dan hanya jika? 5 – 10 blog wajib baca? baik Indonesia maupun luar, blog siapa aja?

FF: sebenarnya banyak sekali list di Bloglines saya. Setiap mereka update pasti saya tengok. Tapi kalau boleh diringkas:

Blogger Indonesia:

1. Ndorokakung -> siapa sih yang nggak baca blog ini ;)
2. Blogombal
3. Isyana
4. Zen
5. Ikram
6. Catatan Pinggir -> karena sudah tidak berlangganan majalahnya, sekarang ya wajib baca caping seminggu sekali.

Selain itu tentu blog2 di Planet Terasi

Blogger asing:

1. Smashing Magazine
2. Kottke.org
3. Scienceblogs.com
4. Dan Cederholm
5. Penulis2 kolom di Poynter.
6. Blog2 di situs2 berita seperti NYTimes, The New Yorker, BBC.

Semoga sedikit telewan ini berguna bagi beberapa blogger dan saya sendiri tentunya, bahwa aktifitas membaca sudah menjadi hal yang semi wajib di beberapa blogger kita, seorang blogger baik seleb maupun belum seleb mempunyai dan menyempatkan diri untuk bertegur atau berkunjung sapa atau istilah lainya saling ber silaturahmi, karena dengan silaturahmi akan mendekatkan rejeki, kesehatan dan juga persaudaraan.

Mas firman firdaus in action
Mas firman firdaus in action

Sumber Gambar

  • Twitter Beliau https://twitter.com/daustralala
  • https://www.permata-photojournalistgrant.org/?p=1671

0 thoughts on “Firman Firdaus di Mata saya

  1. Daus! kalo orang komen nggak usah pake di apus kaleee! masa’ email aku di blok, emang nya aku pornografi apa? emangnya komen aku pedes banget?

  2. keren ide interview-nya
    berikutnya siapa nih =)

    suatu saat mungkin ada yang bikin
    “nurudin jauhari di mata saya”
    ;)

  3. Blognya Daus emang keren. Tapi berhubung keseringan update, aku jadi susah ngikutinnya. Sehari bisa2 beberapa posting sekaligus :(
    So, karena onlinenya juga jarang2, jadi gak bisa semuanya terbaca.
    Wah denbag.us nya ternyata udah tutup ya..
    Padahal domainnya bagus banget tuh. Sayang sekali. Tapi dot US emang mahal sih :(

    1. Jika wawancara itu dianggap Ujian… akan lebih mudah bagi blogger yang saya wawancara belakangan karena dia sudah siap dibelakang hari ;) Tapi pada dasarnya semua pertanyaan saya pasti ada bunga rampai *opo to iki* yang bisa ditarik garis yang bisa diikuti.

      Dan pertanyaan mengenai sampean :D tentu saja ada dan salah satunya tidak beda jauh jauh dari seorang Pengantin Baru semisal ritual BENCAH DUREN *halah* dan lain lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *