cyanogenmod di Xiaomi Mi 5 Gemini

Cara Install Official ROM CM13/LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi 5

Inilah Cara Install Official ROM CM13/LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi 5. Akhirnya Secara Resmi CyanogenMod (CM) 13/LineageOS 14.1 hadir di Xiaomi Mi5 (Gemini), Kalian yang sangat mendambakan CM13 ROM running di Xiaomi Mi5 (Gemini) sekarang bisa mencicip dan menggunakannya secara Official.

Perlu di ketahui versi Non Official dari CM13/LineageOS 14.1 ini sudah lama hadir di Xiaomi Mi 5 (Gemini) Sejak beberapa waktu yang lalu. Baik itu versi CM13/LineageOS 14.1 yang dibuild seperti CM13/LineageOS 14.1 umumnya dan ataupun yang sudah di Modif sana sini.

Sponsors

Nah kali ini kami akan berbagi Cara Install CM13 Official/LineageOS 14.1 Official dari CyanogenMod/LineageOS di Xiaomi Mi 5 (Gemini).

Notifikasi CM13 jalan halus di Xiaoi Mi 5 Gemini
Notifikasi CM13 jalan halus di Xiaoi Mi 5 Gemini

Langkah demi Langkah Install CM13/LineageOS 14.1 Official di Xiaomi Mi5

  1. Pastikan Device kalian sudah UNLOCKED. Karena untuk Install ROM non MIUI mau nggak mau harus UNLOCKED dulu. Untuk Unlock silahkan ikuti petunjuk dibawah disini dan ikuti petunjuknya hingga selesai.
  2. Setelah selesai, langkah penting lainnya adalah Install Custom Recovery, dan CyanogenMod menyarankan menggunakan TWRP. Download TWRP untuk Xiaomi Mi 5 disini (MD5:3c4598b30b8cb78c9981cf03fc4decd0) dan taruh di PC/Mac
  3. Kemudian pastikan di PC/Mac kamu sudah terinstall Command fastboot dan adb. Untuk Windows kami sarankan untuk install Minimal ADB & Fastboot yang bisa didownload disini
  4. Kalau semua sudah beres, kemudian Download CM13/LineageOS untuk Xiaomi Mi5 CM13 LineageOS besarnya file kurang lebih 500mb.
  5. Jangan lupa download juga Google Apps jika ingin menggunakan layanan Google. Kalian bisa download Google Apps (GApps) di http://opengapps.org pilih versi 64bit dan penulis sarankan ambil yang PICO saja. Dan dari pihak CyanogenMod/LineageOS menyarankan Jangan Install Google Apps versi Stock maupun Super. Setelah keduanya terdownload masukkan ke Internal Storage ke Device Xiaomi Mi 5 nya.
  6. Kalau sudah sekarang waktunya Install Custom Recovery TWRP taruh IMG TWRP yang sudah didownload tadi di Folder yang sama dengan Minimal ADB & Fastboot, kemudian colokkan Xiaomi Mi 5 dengan Kabel USB Type-C ke PC/Mac dan masuk ke CMD ke Folder dimana kalian Install Minimal ADB & Fasboot nya.
  7. Lakukan perintah adb untuk inisiasi kemudian ketik perintah adb devices, nanti akan muncul device kamu (pastikan USB Dev sudah di aktifkan di MIUI)

    ADB Devices List Mac
    ADB Devices List Mac
  8. Kemudian Reboot ke Fastboot dengan ketikkan perintah adb reboot bootloader dan setelah masuk ke fastboot, ketikkan perintah fastboot devices untuk check apakah device sudah dikenali.
  9. Jika sudah silahkan flash custom recovery nya dengan perintah
    fastboot flash recovery namaimage.img
  10. Setelah sukses sekarang waktunya masuk ke Custom Recovery dengan cara Tekan Tombol Power dan Volume Up bersamaan sampai muncul Logo Mi dan tetap tekan keduanya sampai Device Mi 5 bergetar dan lepaskan.
  11. Setelah itu kalian sudah masuk ke TWRP Recovery, silahkan masuk menu wipe dan wipe bagian ini
    – system
    – data
    – cache
  12. Kalau mau total bersih, silahkan bersihkan semua termasuk internal storage, setelah itu colokkan ke PC dan reboot ke recovery lagi dan nanti PC akan mengenali Device Xiaomi Mi 5 nya dan baru silahkan kopikan 2 File CM13/LineageOS ROM dan Google Apps nya
  13. Setelah sukses, sekarang waktunya Install, silahkan masuk menu Install ZIP dan pilih keduanya dan lakukan installasi sampai selesai.
  14. Setelah sukses REBOOT (tekan menu Reboot/Restart di TWRPnya) dan tunggu beberapa waktu sampai BOOTING pertama CM13/LineageOS 14.1 selesai dan silahkan SETUP Xiaomi Mi5 sekehandakmu dan selamat datang di CM13/LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi5 :)

Kesan-kesan setelah menggunakan CM13/LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi5 Gemini ini kurang lebih sebagai berikut.

Terasa seperti Stock ROM CM13 di Xiaomi Mi 5 Gemini
Terasa seperti Stock ROM CM13/LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi 5 Gemini
  • Speed, Speed dan Speed
    Kecepatan loading, aplikasi, setup, setting dan overall sangat jauh melibas MIUI 8.
  • Seperti Stock
    Ini bisa dibilang mendekati Stock (Nexus, Pixel) buatan Google, yaa tidak 100% tapi setidaknya nyaman. Apalagi setelah saya aktifkan On-screen Nav bar, semua terasa sangat mendekati Stock..
  • Android itu seperti ini
    Bagi saya sih, Android itu yang seperti ini, ra neko2
  • Perginya beberapa Bugs
    Seperti pernah saya Tweet beberapa waktu yang lalu


    Dan saya FORUM kan juga (dan tidak ada tanggapan RESMI), di MIUI 8, beberapa pengguna melaporkan di MIUI7 pun demikian, Google Sheets App tidak bekerja dengan sempurna di Xiaomi Mi 5 ini. Lucunya saya mencoba Google Sheets di MIUI 7 dan MIUI 8 di Non Xiaomi Mi 5 semua lancar jaya. Bugs yang sangat menganggu adalah beberapa menu yang overlap dan tidak muncul. Padahal itu menu2 penting di Google Sheets.

  • Tapi..
    Terus terang saya juga merasa butuh beberapa hal di MIUI 8, tapi setidaknya semua bukan kebutuhan primer. Bahkan fungsi2 MIUI 8 yang bertujuan menghemat daya justru mematikan beberapa fungsi utama Android :)

Dah gitu saja. Saat ini menanti CM14 (Android Nougat) juga bisa diicip-icip di Xiaomi Mi5 Gemini ini. Tetap semangka

Update:
Karena pihak CYNGN menghentikan development CyanogenMod, maka Developer akhir tahun 2016 memutuskan Migrasi dengan Brand Baru yang dikenal LineageOS, dan tutorial inipun sudah kami sesuaikan dengan Install LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi5 (gemini)

8 thoughts on “Cara Install Official ROM CM13/LineageOS 14.1 di Xiaomi Mi 5

    1. Bukan nggak berfungsi. Masih berfungsi kok, punya saya kebetulan saya matikan, jadi make tombol virtual. Biar serasa di Stock ROM (Nexus/Pixel) begitu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *