Cara Convert dan Menggabungkan Film/Video di OS X dengan Quicktime & Handbrake

Panduan OS X (Konversi DVD Film ke File Film); Sebagai pengguna OS X (dulu biasa dikenal dengan nama Mac), seringkali saya mengalami hal2 yang luar biasa. Salah satunya menikmati DVD dari kepingan. Sebenarnya tidak mejadi masalah kalau kita harus melihat melalui Kepingan DVD tapi yang bermasalah adalah umur DVD yang sering sekali tidak bertahan lama. Usia Kepingan DVD yang terpengaruh gesekan dan jamur membuat Kepingan DVD cepat susah dibaca oleh DVD ROM MacBook Pro 17” saya. Apalagi MacBook generasi terbaru sudah tidak menyertakan perangkat ini. Konon idenya karena ingin Dunia yang Lebih Hijau atau Green Living ;)

Hasil Penggabungan Video - Sang Pencerah
Hasil Penggabungan Video – Sang Pencerah

Solusinya adalah merubah file atau film DVD kedalam digital format atau file format. Dan alat serta aplikasi yang saya gunakan bersifat gratis semua. Yang pertama adalah Handbrake yang bisa di download disini dan yang kedua Quicktime Player bawaan dari OS X Sendiri.

Jika semua perangkat pendukung sudah siap. Siapkan kepingan DVD yang akan dikonvert. Perlu dicatat biasanya DVD didalamnya terpisah menjadi beberapa bagian. Entah itu karena proses editing atau untuk tujuan yang lain.

Proses Convert DVD ke File Video di OS X (Mac)

  1. Masukkan Kepingan Movie atau FILM DVD kedalam DVD ROM dan biarkan OS X mengenali datanya. Kemudian cari file2 yang berakhiran .VOB. Biasanya didalam folder akan ada file2 berakhiran lain seperti .IFO, .BUP dan lain lain.
    File2 .VOB yang akan di Gabungkan
    File2 .VOB yang akan di Gabungkan

    Yang penting perhatikan file .VOB aja dan silahkan di kopi ke hardisk. (Tujuan kopi ke hardisk) agar supaya beban DVD ROM untuk membaca langsung ke kepingan tidak memakan waktu lebih lama ketika konvert video nantinya.

  2. Setelah semua di kopi, langkah selanjutnya bukan Aplikasi Handbrake seperti dibawah ini dan masukkan semua file VOB yang akan digabungkan nantinya dengan cara Open Source. Pilih format dimana Film nantinya akan ditayangkan. Kemudian tekan Tombol Start agar konversi berjalan. Proses ini biasanya cukup lama, tergantung dari spesifikasi dari OS X Hardware kita.
    Menyusun File yang akan di konversi di Handbrake
    Menyusun File yang akan di konversi di Handbrake

    *ingat tidak semua file .VOB bagian dari film; Pilih yang bagian film saja dan jika semua sudah dimasukkan silahkan proses Converting dilakukan.

    Prosesi Converting Video Handbrake
    Prosesi Converting Video Handbrake

     

  3. Jika Proses convert sudah selesai langkah berikutnya adalah menggabungkan bagian2 film tersebut dengan Aplikasi lain yang kali ini penulis menggunakan Apple Quicktime. Silahkan Buka Film/Video yang diconvert dan kemudian sisipkan video2 lainnya hingga tersusun menjadi keseluruhan film.
    Menggabungkan Video di Quicktime
    Menggabungkan Video di Quicktime

    *pastikan Video Film sudah tersusun berurutan agar tidak membingungkan ketika nantinya di tonton :D

  4. Langkah terakhir setelah video2 tersusun adalah File > Exportdan tunggu hingga prosesi selesai.

    Langkah Terakhir Menggabungkan Video di Quicktime
    Langkah Terakhir Menggabungkan Video di Quicktime
  5. Selamat akhirnya DVD Sang Pecerah (dalam sample ini) sudah sukses menjadi sebuah File Film

Semoga Tips Sederhana Merubah DVD Film ke File Video di OS X ini bermanfaat dan salam salaman salim saliman

Penulis dalam hal ini tidak menyarankan prosesi ini sebagai sarana membajak tapi lebih kepada bertujuan pengarsipan data koleksi pribadi agar tidak rusak oleh waktu ;)

2 thoughts on “Cara Convert dan Menggabungkan Film/Video di OS X dengan Quicktime & Handbrake

  1. wah layak di coba nih…. secara saya masih menggunakan macbook… terima kasih nih tipsnya mas… salam. oh ya selamat idul fitri dulu deh ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *