Sejak Menggunakan Keluarga Apel 2007 akhir lalu, hal yang sampai saat ini belum saya temukan di keluarga lain (atau saya kurang jeli) adalah Typing Shortcut atau otomatisasi menulis. Contohnya daripada saya menulis Selamat Datang Mas Ganteng, saya cukup membuat shortcut dengan _sdmg atau _selamat nanti saya aplikasi akan terjemahkan menjadi kalimat yang saya susun tadi.

Di Mac atau sekarang hanya di kenalkan oleh Apple sebagai OS X aja, aplikasi seperti ini cukup banyak. Dan menurut Jauhari ada dua aplikasi yang layak dipilah dan dipilih. Yaitu Typinator dan TextExpander.

Keduanya (Typinator dan TextExpander) adalah aplikasi premium dimana kita harus membelinya untuk menikmatinya. Akan tetapi keduanya juga terdapat fitur demo atau ujicoba.

Beruntung saya sendiri pernah memakai (Typinator) keduanya (TextEpander) dan berikut apa yang bisa saya bagikan.

Typinator untuk OS X

Typinator adalah aplikasi buatan dari Ergonis, aplikasi ini cukup komplit dan kita bisa mengkategorikan berdasarkan topik tertentu, misalnya kategori automasisi shortcut WordPress, shortcut bahasa inggris, auto correct text, perhitungan dan lain sebagainya. Saya membeli Typinator ini sewaktu ada Promo dari MacHeist saat itu.

Typinator for OS X
Typinator for OS X

Saya menggunakan Typinator sampai versi 4, dan sewaktu versi 5 hadir, diluar digaan karena saya kurang jeli membaca ternyata harus beli/upgrade dan itu harga discount masih tidak nyaman bagi saya. Hal lain yang membuat saya memutuskan untuk mengakhiri menggunakan Typinator adalah dikarenakan tidak ada dukungan ke versi mobile (iOS)

TextExpander untuk OS X dan iOS

TextExpander Ini adalah Aplikasi yang sekarang saya pakai dan saya cukup puas. Saya membeli ketika ada diskon besar2an melalui layanan online. Saya cukup membayar 17$ (seingat saya) dan saya sudah memiliki Typing Shortcut yang handal.

Aplikasi ini sama dengan Typinator tapi memiliki kelebihan dimana ada versi iOS sehingga semua konfigurasi sudah saling ter integrasi termasuk sync dengan @DropBox.

TextExpander for OS X
TextExpander for OS X

Aplikasi ini berharga sekitar 35$ dan bisa dibeli online.

Jadi manakah yang terbaik? Kalau bagi kami keduanya baik, saya memilih TextExpander dikarenakan dukungan multiple devicenya (termasuk iPhone dan iPad) yang sudah berjalan cukup baik.

Ingat untuk Sync diperlukan akun @DropBox, silahkan bikin akun DropBox disini Gratis

0 Shares:
0 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Lately Adopter

Late Adopter atau Lately Adopter saya kurang faham mana yang tepat. Tapi itu adalah apa yang saya coba…

Bonus Rasa Ala Buavita

Saya ini terus terang penggemar jus yang siap saji seperti produk dari Buavita. Saya mencoba beberapa rasa dan saya cukup puas dengan rasa yang ditawarkan. Nyaman enak, nyegeri dan sedikit mahal :( Walaupun kata mahal ini masih bisa di perdebatkan, tapi saya kesampingkan hal itu. Istri saya adalah penggemar buavita rasa jambu merah. Nyaman dan Mantap, Kakak keempat saya juga favorit dengan rasa mangganya. Saya sendiri cukup nyaman dengan semua rasa itu :D.

Power-Napping

Mau Lebih Produktif? Lebih Kreatif? Lebih dari sebelumnya, lakukan Power-Napping yang teratur, atau istilahnya penebang pohon, asahlah gergajimu……

Instagram 2.0 untuk iOS

Download Instagram 2.0 dan Nikmati beragam sensasinya. Kalau mau Jujur, banyak pengguna baru iPhone di Indonesia karena aplikasi…