Cara Mudah Install android-platform-tools di Mac

Install Brew dan Android Platform Tools di Mac

Sebagai pengguna Android, yang termasuk hobi otak-atik Software seharusnya dan minimal pernah mendengar istilah-istilah seperti diROOT, ADB, FASTBOOT dan sejenisnya.

Jaket NASA Keren

Ya itu adalah beberapa istilah yang sering dipakai para Opreker Android agar “konon” Androidnya bisa berjalan seperti yang dia inginknan.

Nah ada beberapa methode untuk otak-atik Android, salah satunya adalah lewat ADB/FASTBOOT yang bahasa mudahnya, Android itu kita otak-atik menggunakan perangkat tambahanan dalam hal ini PC atau Mac yang penting sudah ter install TOOLSnya.

Tools nya ini biasanya sudah ready to use kalau kalau kalian Developer dan sudah Install Android Studio.

Tapi bagi orang seperti saya yang bukan Developer, saya lebih suka cara praktis, yaitu cukup install apa yang saya butuhkan saja, atau biasa dikenal dengan Android Platform Toolsnya saja.

Yaa Android Platform Tools itu isinya hanya dua aplikasi utama, yaitu buat menjalankan ADB (kontrol Android ketika Android Running) dan FASTBOOT (kontrol Android ketika Android tidak sedang Fully Running).

Jika pengguna Windows, daripada Download Android Studio yang ukurannya ratusan mega, mending download ukuran mini atau yang sangat dibutuhkan saja, di XDA ada Threadnya, aplikasi kecil ini bisa didownload dan dikenal dengan Minimal ADB dan Fastboot (download disini).

Kalau kalian di Mac, saya sarankan Install android-platform-tools, saya sarankan Install via Brew saja, yaa brew adalah paket installer yang nyaman dipakai. Begini caranya Install android-platform-tools di Mac

  1. Install Brew nya dahulu http://brew.sh
    /usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"
  2. Setelah beres tinggal install android-platform-toolsnya dengan cara
    brew install android-platform-tools
  3. Kalau sudah beres, jalankan untuk test
    adb devicesPastikan Device Android kamu sudah nyolok dan nanti akan ada inisiasi sebentar dan adb/fastboot sudah siap digunakan

Mudah bukan? Jangan lupa untuk konek pertama kali nanti biasanya ADB minta di ijinkan di perangkat Androidnya, pastikan sudah di Allow Access.

Selamat Oprek Android nya,

One thought on “Cara Mudah Install android-platform-tools di Mac
  1. Lebih detailnya,fungsinya untuk apa Mas jika di gunakan untuk windows? kebetulan saya pengguna windows.

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*