Review The Smashing Book

Saudara saya Fikri Rasid dari Bloggingly sempat bertanya tentang The Smashing Book ini. Dan berikut beberapa hal yang bisa saya share tentang seperti apa The Smashing Book. Saya akan coba memberikan review seoptimal mungkin dan sedetail serta se obyektif mungkin.

Review akan saya mulai dari external quality of this book :D Pertama tama boleh saya bilang desain pembungkus The Smashing Book cukup simple dan sangat bercirikan gaya The Smashing Magazine. Tidak aneh dan neko neko. Yaa cukup nyaman dilihat lah ;) Kemudian tentang cover booknya sendiri juga keren dan kertas yang digunakan memang teope, sangat jarang buku buku di Negeri ini menggunakan kualitas kertas seperti ini.

Sisi Jeroan atau desain buku secara umum cukup nyaman dan penggunaan sans-serif fontnya memang tepat dan nyaman dibaca, Satu hal yang membuat saya aneh, adalah mudahnya kertas/buku ini seperti ngluntung atau melengkung (mungkin ini dikarenakan kondisi cuaca Ponjong yang extrim). Buku ini setebal 199 milimeters dengan terdiri 311 halaman.

Konten The Smashing Books

Mari kita bedah dari sisi konten buku ini, apa aja yang ditulis disini dan apa aja hal hal yang ada di buku ini

User Interface Design in Modern Web Applications

Pada bagian ini team The Smashing Books banyak memberikan contoh dan masukan seperti apa seharusnya Modern Web Application dari kacamata seorang Smashing Magazine team, banyak hal hal yang dibahas ini sebenarnya sudah dibahas di berbagai situs di internet, tapi dengan kejelian dan sedikit usaha, mereka mengumpulkannya menjadi satu topik (ide yang cerdas) (applause)

The Art and Science of CSS-Layouts

Ini dia, mahluk css  dibahas dengan ciamik, tentang Fluid atau Fixed tentang Grid dan tentu saja dengan beberapa sample website serta sample codenya.

Typography: Rules, Guidelines and Common Mistakes

Ada istilah, jangan gunakan Baju Kimono untuk Menari balet, istilah mudahnya, gunakan hal yang tepat untuk kasus yang tepat juga, Jangan terlalu titik :D Inti dari Bab ini membahas mengenai tetek bengek apa itu Typography dan hal yang berkaitan dengannya. Selain itu, disini juga dibahas tentang alternatip bagaimana agar font aneh atau jarang dipake bisa dipake di website kita dengan nyaman, teknologi seperti CUFON, sIFR dibahas disini, selain itu, standard baru CSS 3 yang mengijinkan kita menggunakan font embed (@font-face rules) juga dibahas disini

Tak Lupa dibab ini juga dibahas tentang apa itu whitespace lo (scenic) ups ingat, ini termasuk chapter favorit saya loh (yahoo)

Usability Principles for Modern Website

Kira kira apa hal yang tepat untuk menggambarkan babs ini adalah bagaimana menempatkan sesuatu yang tepat pada posisinya, seperti kapan harus memakai drop down menu kapan tidak, kapan harus berjalan kapan harus berlari, bagi saya chapter ini cukup rumit dan butuh sedikit keseriusan untuk mencernanya :D

The Ultimate Guide of Fantastic Color usage

Inilah Chapter favorit saya, apa itu warna bagaimana tipe tipe warna dan juga sak wakehe conto sing mantep tenan.. pokoe bab iki nyaman dan saya suka dengan itu,  pada chapter ini lebih banyak gambar yang berbicara dibanding tulisannya, jadi seperti pepatah bahwa gambar bisa menceritakan tanpa sebuah narasi saya rasa cukup masuk akal juga (music)

Optimization For Website

Pada chapter ini lebih sangat bersifat teknikal bagaimana website kita bisa selalu ON tanpa obat perangsang, cukup menyamankan dengan jenis server yang ada dan install hal yang diperlukan, tapi saya melihat pada chapter ini sangat dan sedikit kurang cocok untuk para blogger di Indonesia, ini dikarenakan sebagain besar pengguna yang menggunakan server sendiri masih menggunakan layanan shared hosting dimana kemampuan untuk explore kedalam sistem sangat terbatas.

Design To Sel – Increasing conversion Rates

Mau laris? bikin desain yang bisa menjual, itu inti pada bagian ini

How To Turn a Site into remarkable brand

Bagaimana bagaimana dan bagaimana agar bagaimana dibahas pada chapter ini, membuat situs kita mempunya loyal reader, loyar buyer dan macam macam. Disini dibahas habis tips tipsnya.

Learning from Experts – Interviews and Insight

Takono ahline, wis kabeh dijamin beres. Orang orang yang diajak omong omongan ini sudah terbukti jos pol, jadi interviews dan insight yang diberikan dijamin chespleng (banana_rock)

Semoga review dari kami bermanfaat dan bisa sedikit memberi gambaran tentang buku ini, tulisan ini tidak dibayar sama Team Smashing Books, saya hanya menceritakan yang saya PEGANG, LIHAT dan RASAKAN ;) ngomong omong theme Ayumi saya sempat nongkrong di Smashing Magazine loh (hassle)

Mohon maaf jika hasil tangkapan kamera terlihat BURAM, ini karena hanya menggunakan kamera hp abal abal :D

No Comments on "Review The Smashing Book"


    1. Proses saya sudah Akhir September 2009 kemaren mas, Standard aja kok mas lewat web bayar make PayPal dan beres..

      kalau masalah KOMPLEN karena buku blum sampe, biasanya karena DELAY si KURIR aja…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *