Rahasia & Trik Tersembunyi iOS 5

iOS 5 telah resmi dirilis dan 12 Oktober 2011 kemaren. Banyak sekali fitur baru yang dibenamkan dan perubahan dibandingkan iOS 4. Dan saya pun telah berulang kali membahas akan hal hal ini. Kali ini saya akan membahas beberapa tips dan juga rahasia tersembunyi di iOS 5.

iCloud di iPhone - Trik iOS 5
iCloud di iPhone - Trik iOS 5

Kami sebut sebagai rahasia dan trik tersembunyi ini karena fitur ini belum terdokumentasikan atau tidak menjadi fitur2 yang ditonjolkan…. Semoga bermanfaat dan jikalau nantinya pembaca juga memiliki hal2 yang ternyata bermanfaat di iOS 5 silahkan tambahkan di komentar ini.

Fitur dan Rahasia Tersembunyi iOS 5

  • Menyembunyikan Keyboard di iMessage
    Dengan cara sederhana kita bisa menyembunyikan keyboard yang sedang aktip setelah kita selesai menulis. Caranya Tahan Area percakapan di iMessage dan geser kebawah… dan Keyboard akan menghilang. Untuk memunculkan kembali cukup mudah tekan aja kotak tulis nanti Keyboard akan muncul kembali.
  • Melihat Hasil Jepretan dengan Instant
    iOS 5 selain mendukung volume up sebagai tombol foto, kita juga bisa akses fungsi kamera dengan cepat ketika layar ter Lock. Biasanya ketika kita selesai ambil foto kita ingin lihat hasilnya kita bisa menekan kotak kecil disebelah kiri. Tahukan anda dengan cara sederhana kita bisa melihat hasil jepretan dengan mudah. Cukup geser Area View kamera dari Kiri ke Kanan. Kita bisa mereview atau melihat hasil jepretan yang kita lakukan.
  • Memasukkan Agenda Harian di Calendar
    Ketika di mode Month/Bulan dan kita tekan tanggal agak lama nanti akan muncul untuk add event seharian (all-day)
  • Tekan dan Tahan Artist/Album untuk Melihat Info
    Ketika di Music App kita bisa tekan dan tahan dari Album dan Artis untuk melihat pop menu tambahan
  • Data Video pindah di Video App
    Dulu sewaktu di iOS 4 Video masih jadi satu dengan aplikasi iPod, tapi semenjak iOS 5, Apple merubah nama dari iPod menjadi Music. Sehingga video pun dipisah di aplikasi Video
  • Private Browsing di Safari
    Masuk di Setting > Safari kita bisa aktipkan Private Browsing
  • Keyboard Shortcut
    iOS 5 sekarang mendukung Keyboard Shortcut, caranya menambah dan mengurangi cukup mudah.. masuk ke Setting > Keyboard > Shortcut dan anda bisa membuat tulisan panjang dan menyingkatnya dengan shortcut.
  • Emoji Keyboard tanpa Aplikasi Tambahan
    Sekarang Emoji Keyboard bisa ditambahkan tanpa perlu aplikasi tambahan
  • Hapus List/Daftar Telpon Manual
    Dulu di iOS 4 kita tidak bisa seleksi dari daftar telpon terakhir yang masuk. Kita hanya bisa menghapus semua daftar. Tapi di iOS 5 kita bisa menghapus satu satu dari list yang ada

Itulah beberapa Rahasia dan Trik Tersembunyi iOS 5 yang sempat kami eksplorasi.. Jika kalian masih menemukannya mari berbagi kepada kami dan semoga semakin bermanfaat.

No Comments on "Rahasia & Trik Tersembunyi iOS 5"


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *