Ngguguti

Apakah itu ngguguti
Apakah itu ngguguti

Ada yang pernah mendengar Istilah Jawa ngguguti? Atau ada yang faham makna Ngguguti secara bahasa dan juga makna?

Saya sendiri sudah coba Googling, tapi belum ketemu juga apa itu Ngguguti. Akhirnya inilah Ngguguti yang saya fahami setelah saya berdiskusi sebentar dengan yang memberikan istilah ngguguti itu kepada saya.

Apakah itu ngguguti
Apakah itu ngguguti

Konon Ngguguti adalah Istilah beberapa orang jawa pakai dalam hal kehidupan yang telah didalulinya. Ngguguti menurut penuturan teman saya itu adalah bermakna mudahnya mengambil hikmanya suatu kejadian.

Entah itu kejadian apa saja. Tapi ngguguti yang beliau maksud adalah setiap kejadian-kejadian yang dia lalui dalam kehidupannya ini diambil segala hikmanya. Setiap hal yang datang dan di laluinya baik itu hal baik ataupun hal buruk semua diambil sebuah pelajaran.

Jadi ketika nantinya ada masalah lagi yang datang hal itu tidak akan membuat nya risau karena masalah yang sama  dulunya sudah pernah di laluinya dengan sukses.

Ngguguti bisa juga bermakna proses mengambil segala pelajaran dari setiap kejadian yang dilaluinya. Agar tidak menjadi masalah kembali dikemudian hari.

Ada beberapa rangkaian kata yang ngguguti diistilahkan dengan menggigit, misalnya ngguguti tumo, hal diatas ngguguti bermakna sebagai hal bahwa orang tersebut sedang menggigit tumo. Jadi ngguguti bermakna sebagai menggigit barang yang kecil.

Sehingga dengan semakin banyaknya persoalan2 yang dia temui makan masalah atau hal2 yang datang sudah bukan menjadi masalah bagi dirinya. Sehingga bisa menghadapi kehidupan yang lebih baik lagi dikemudian hari.

Seberapa jauh kalian sudah ngguguti dalam kehidupan ini ini?

#TetapSemangka

2 Comments on "Ngguguti"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *