Jualan dan Bisnis ala Google

Google Logo
Google Logo

Ditengah dominasi Yahoo! saat itu, Google belumlah apa apa. Tapi lambat cepat laun Google menunjukkan siapa dia sebenarnya. Mulai dari sebuah mesin pencari, sekarang HAMPIR semua yang di sentuh Google menjadi uang. Google yang dahulu membuka keran pertama keuangannya dari Google AdSense yang berpasangan dengan Google AdWords. Cepat tapi pasti mulai merambah keran keran lain.

Tak sedikit perusahaan2 Start Up di akusisi Google. Mulai yang kelas ecek ecek sampai kelas gurita. Ketika YouTube.com menawarkan jasa share video. Saat itu Google ikut2an bikin Google Video tapi sayang disayang web service bikinan Google ini tak bisa menandingi kepopuleran YouTube. Akhirnya jurus pamungkas pun di ambil. YouTube di akusisi dan Google Video pun di sulap menjadi Search Engine Video. Begitu juga dengan StartUp yang lain. Cikal bakal Google Docs, Google Maps, Google Chrome, Android dan masih banyak lagi. Rata rata bukan dari Google, mereka di akusisi ketika masih bayi dibawah lima tahun bisa jadi. (idiot)

Akan tetapi, ketika sudah masuk Dapur Saji Google. Google melakukan perubahan dan pembenahan sana sini dan di Google kan.. akhirnya lahirlah Web Service2 yang baru. Memang tidak semua langsung sukses, bahkan beberapa malah gagal. Tapi tidak menyurutkan cenkraman Google. Lihat saja dominasi mesin pencari. Di Indonesia Google masih jawara, mesin2 pencari yang lain lewat.

Belum lagi serbuan Google ke sektor Mobile, mulai memperkenalkan Android yang berlahan tapi pasti merebut pasar Smartphone yang membuat iOS, BB, Symbian ketar ketir di buatnya. Dan di Desember ini merilis Gingerbread (Android 2.3) bersama dengan peluncuran Google Nexus S yang bekerja sama dengan Sumsung mobile dari Korea Selatan.

Chrome Web Store
Chrome Web Store

Yang masih lumayan baru, dalam minggu ini. Google menawarkan sesuatu yang tanpa kita duga duga. Menawarkan Chrome Web Store sebuah jual beli (beberapa juga gratis) aplikasi yang dijalankan di Web Browser Chrome. Banyak pengembang yang aktip project ini. Saya juga telah melihat dan mencoba beberapa aplikasi baik itu versi Android, maupun versi iPhone telah hadir versi Chrome nya salah satunya SpringPad, nantinya akan segera menyusul aplikasi seperti Kindle dan lain lain. Dan setelah itu juga akan segera di release Cr-48 Chrome OS sebuah Project Awal pengembangan laptop berbasis Chrome.

Ketika Apple Inc. memperkenalkan iBook semua terkesima, buku digital yang bisa dibaca dimana saja baik itu melalui iPhone maupun iPad. Sebelumnya sudah ada Amazon Kindle yang juga tidak kalah heboh. Dan yang terakhir Google Pun tidak mau kalah untuk mengambil kue bisnis ini, maka hadirlah Google eBooks Store, kelebihan apa yang ditawarkan Google adalah buku bisa di baca di berbagai macam alat dan tempat. Di PC, di HP (iPhone, Android) dan lain lain.

Berdasarkan penerawangan Teleklenika, Google akan segera meluncurkan Social Networking yang seperti dan kurang lebih Facebook, akhir2 ini kita bisa membaca gelagat itu. Facebook dan Google mulai perang dan pembatasan teknologi. Saya tidak tahu kenapa sepertinya Perang Social Networking akan segera di tabuh juga oleh Google. Mari kita lihat saja…..

Google – Don’t be evil

No Comments on "Jualan dan Bisnis ala Google"



    1. Tergantung yang meng akusisi, kalau yang melakukan akusisi punya visi yang bagus, saya rasa bisa jadi sangat menguntungkan. Contohnya Delicous/Flickr (dua ini di akusisi sama Yahoo!) jadi user Yahoo tidak perlu repot2 daftar lagi, bahkan bisa di gabung akunnya.

      Begitu juga dengan YouTube dan lain2

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *