Menikmati jalan-jalan di Kota Malang, sebenarnya lebih nyaman ketika di luar musim liburan. Karena ketika puncak musim liburan tiba, ribuan orang tumpah ruah beramai-ramai liburan di Kota Bunga ini.

Tetapi bagaimana jadinya jika momen jalan-jalan yang bisa dilakukan ternyata jatuh tepat di peak season liburan, haruskah membatalkan perjalanan liburan ke Malang? Jawabannya tidak. Cukup ikuti beberapa tips dan trik berikut ini agar perjalanan nyaman selama di kota sejuk ini.

Naik Kereta Api


foto:Intan Deviana/Travelingyuk

Tips pertama dan yang paling penting untuk liburan ke Malang dan pulang lagi dari kota ini adalah menumpang kereta api. Ketika musim liburan tiba, jalur keluar dari kota Malang sangat padat. Macetnya bisa sampai berjam-jam, dan pastinya membuat jadwal perjalanan terganggu.

Dengan kereta api jurusan Malang Surabaya dan sebaliknya yang cukup banyak, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Ketika liburan usai dan waktunya kembali ke Surabaya atau ke kota lain via Juanda, dengan kereta api, perjalanan lancar dari Malang ke Surabaya tanpa harus takut terjebak macet yang sangat panjang.

Jadwal kereta Malang Surabaya sudah bisa dilihat secara online, demikian pula dengan pembelian tiketnya. Sebaiknya pesan dari jauh hari agar tak kehabisan, karena ketika liburan tiba, tiket kereta Malang Surabaya selalu ludes terjual sejak sebelum jadwal keberangkatan.

Tentukan Tujuan Wisata Sejak Sebelum Berangkat

foto:jatimnow.com

Penting untuk menentukan tujuan wisata sejak jauh hari sebelum berangkat. Ketika musim liburan tiba, macet yang terjadi bukan hanya di jalur keluar masuk Kota Malang, namun nyaris merata di semua tempat wisata.

Menentukan tujuan sejak awal dan memperkirakan jarak antar tujuan wisata akan sangat membantu untuk mengatur waktu liburan. Memilih tempat wisata yang jaraknya berdekatan, atau yang jauh sekalian dari keramaian seperti ke pantai selatan atau Gunung Bromo, akan membuat perjalanan lebih nyaman.

Pesan Penginapan di Dekat Tempat Tujuan Wisata

foto:@andrewtneel/Unsplash

Setelah menentukan tujuan wisata, pilih penginapan yang tidak jauh dari situ. Dengan jarak penginapan dan tujuan wisata yang dekat, kamu nggak perlu pusing ketika lalu lintas menuju tempat wisata macet.

Selain menghemat waktu, memilih penginapan yang dekat dengan tujuan wisata juga menghemat tenaga. Tak perlu khawatir soal harga, karena Malang memiliki banyak pilihan penginapan dengan harga terjangkau di dekat tempat-tempat wisata ternama. Mau liburan mewah ataupun backpacking, bisa semua.

Andalkan Kendaraan Umum Untuk Keliling Kota

foto:Pipit Anggraeni/malangTODAY

Agar tak menambah kemacetan di jalan dengan kendaraan yang kamu tumpangi, sebaiknya hindari membawa kendaraan pribadi untuk menuju kota Malang. Andalkan saja kendaraan umum yang banyak tersedia di sini, mulai dari angkutan kota hingga taksi online yang mudah dipesan.

Jika tujuan liburanmu ke pantai selatan atau Gunung Bromo, ada banyak jasa travel yang membuak open trip setiap harinya. Kamu tinggal duduk manis di penginapan dan mereka akan menjemput serta mengantar sampai ke tempat tujuan.

Dengan tingginya arus wisatawan yang datang setiap kali puncak musim liburan tiba, liburan di Malang memang akan diwarnai banyak kemacetan. Namun dengan beberapa tips di atas, kamu bisa terhindar dari stress di jalan karena macet dan bisa liburan dengan lebih menyenangkan di kota ini.

Jangan lupa, cek jadwal kereta Malang Surabaya sebelum berangkat dan pesan begitu tiket tersedia. Selamat liburan di Kota Bunga!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top
%d blogger menyukai ini: