Foursquare vs Gowalla

Location-Based Service

Pendekatan detail dari Venue/Spot juga sedikit berbeda, Foursquare memberikan Alamat Lengkap + Telepon, sedangkan Gowalla menggunakan Google Lattitide saja dan GSM Position dimana tidak ada Phone Number dan Real Address

Pada versi Android.. aplikasi Foursquare sedikit buggy.. saya beberapa kali nambah Venue ternyata titiknya tidak sesuai akhirnya saya perlu untuk edit lagi di versi web. Di Gowalla selama saya pakai akurasi posisinya patut di acungi jempol.

Winner: Draw

Featured Layanan Check-in

Keduanya mempunyai fasilitas cukup baik, share via Facebook dan Twitter, Penambahan Venue, Check In dan lain lain. Bagi saya Gowalla memberikan lebih baik seperti Komentar, Photos, Jarak (fasilitas Gowalla yang mencatan berdasar Google Latitude/Posisi GPS user) memberikan suatu hal yang lebih berguna. Salah satunya untuk melihat area apa aja di lokasi itu dan berapa jarak yang harus ditempuh sampai disana beserta Peta Googlenya. Sedangkan di Foursquare kelengkapan hal ini sedikit kurang.

Winner: Gowalla

Foursquare Screen shoot

User dan Current Content Available.

Foursquare Patut berbangga hati disini, karena berdasar catatan di Fast Company pengguna loyal Foursquare telah menyentuh angka 500.000 sedangkan Gowalla 100.000 Pengguna terbesar di Kota New York untuk Foursquare sedangkan Gowalla di kota Austin. Dus demikian, banyaknya venua yang terdapat juga membuat Foursquare lebih berjaya, sudah bukan rahasia ketika user lebih banyak, otomatis user generated content yang ada pun lebih banyak.

Winner: Foursquare

Kesimpulan, setelah kita menilik dan mencoba dua aplikasi ini dan juga dari hasil perbandingan yang ada, Foursquare menang di luasnya content venue yang tersedia tapi Gowalla menang di kelengkapan untuk sebuah jejaring sosial terlebih jejaring sosial yang berbasis lokasi. Saya sendiri mulai saat ini memutuskan menggunakan Gowalla dan tentu saja tidak melupakan Foursquare. Jadi Pemenangnya Gowalla ;)

Beberapa Website yang menulis tentang perbandingan ini antara lain

0 thoughts on “Foursquare vs Gowalla

  1. Masih bingung cara menggunakan gowalla…( misalnya untuk info lagi berada di mana,upload foto, dan untuk di share ke facebook )..
    Mohon panduannya donk..thx

  2. Gowalla sepertinya lebih keren, karena lebih bagus desain user interfacenya, dan belum seramai foursquare, meskipun saya belum aktif pakai, karena (1) sering di rumah dan (2) gadgetnya masih tradisional :D

  3. jauhari

  4. Nurudin Jauhari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *