Cara Ngirit Space di Smartphone (Android, iPhone, Windows Phone)

Inilah iPhone 6s jagoan Apple
Inilah iPhone 6s jagoan Apple

Dulu 16GB itu kapasitas yang sangat lumayan, terutama di Android dan iPhone, akan tetapi dalam perkembangannya dengan 16GB itu ternyata menjadi cepat sekali kapasitas memory ROM kita habis dan bingung kemana pula perginya.

Sedari awal sebenarnya saya lebih suka kalau membeli Smartphone itu mempunyai ROM yang lega. Angka Lega saya saat itu adalah 32GB. Akan tetapi semenjak di Andorid beberapa tahun terakhir ini, sangat susah mendapatkan space diatas 16GB.

Kebanyakan Android Device yang dilempar ke pasar dengan 16GB, kalau ada versi 32GB nanti harus sedikit bersabar dan itupun belum mesti ada. Beda dengan iPhone, mencari versi diatas 16GB semenjak seri iPhone 6 dari 16GB langsung melompat ke 64GB. Selisih harga kisaran 100$.

Weh tapi nggak usah menyerah. Bagi kalian yang tetep ingin dengan memori 16GB saya menerapkan perilaku ini agar kapasitas ROM bisa terjaga.

Minum Kopi sambil mainan Smartphone
Minum Kopi sambil mainan Smartphone
  1. Batasi Install Aplikasi
    Nah ini wajib. Pastikan Install Aplikasi yang benar-benar kalian butuhkan. Aplikasi2 sekarang ukuran sedikit rakus. Belum lagi aplikasi2 sekarang menerapkan fitur cache data yang mana tentunya ukurannya nggilani. Bisa 2x dari ukuran aplikasi sebenarnya. Misalnya Facebook di Android itu + Cache bisa sampai 300MB sendiri. 300MB buat ngeSOSIAL ngalor ngidul?  Akhirnya Keluarga Facebook adalah aplikasi yang tidak saya install native. Hanya akses via Chrome kalau sempat dan mau.Nah usahakan pilih aplikasi yang di install yang benar2 digunakan. Dan hindari aplikasi2 redundant. Misalnya fitur sebuah aplikasi sebenarnya sudah bisa dilakukan di aplikasi lain. Jadi usahakan cari aplikasi2 yang bisa multi fungsi.
  2. Hindari Koleksi Lagu dan Video di ROM
    Video itu sangat rakus ukuran, Maka dari itu saya hanya akses video (terutama film2) menggunakan USB OTG. Dan mengenai lagi atau Musik saya pun sangat menghindari simpan di ROM. Dengan ukuran 3-10mb tergangtung lagunya saya memilih streaming saja.Saya sendiri baik di iPhone dan Mac atau Android saya memilih berlangganan dengan Apple Music. Koleksinya lumayan komplit. Bahkan sampai Murotal Shayk Mishari Alafasy bisa dengan mudah saya dapatkan.
  3. Rajin Memeriksa isi ROM
    Di Android Aplikasi yang saya gunakan untuk melakukan tugas istimewa tersebut saya serahkan kepada ES File Explorer File Manager. UI nya menarik dan fiturnya lebih dari cukup.Saya suka fitur2di ES File Explorer File Manager, seperti ES Cleaner yang akan membersihkan ROM dari junk2 files nggak penting. ada SDCard Analyse yang akan mencari Jeroan ROM dan memberikan beberapa sugesti agar ROM lebih lega. Seperti Duplikat File yang mana sering terjadi.
    Download ES File Explorer File Manager disini
  4. Kalau Terpaksa beli ROM Kecil
    Carilah Smartphone yang mendukung Memori External, dengan ini maka beban Memori Internal yang kecil akan bisa diminimalisir karena bisa menggunakan Memori External sebagai Backup ROM kecil tadi.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita lakukan agar penggunaan ROM bisa lebih maksimal. Tapi saya rasa dengan 4 Cara Optimasi ROM Smartphone diatas sudah lebih dari cukup.

Beli Smartphone dengan kapasitas minimal 32GB jika ada dana atau kalian Punya saran yang lebih jitu?

Catatan:
ROM: ROM biasa dikenalkan juga dengan istilah Internal Storage atau Memori Internal

9 Comments on "Cara Ngirit Space di Smartphone (Android, iPhone, Windows Phone)"


  1. Kalau saya memilih menggunakan kapasitas yang kecil aja biar anak-anak tidak dapat leluasa untuk download di smartphone saya…kalau tidak , bisa-bisa hp saya bisa penuh dengan game.

    Reply

  2. Kalau untuk lagu dan video saya lebih memilih yang online, toh sudah banyak paket internet yang murah kok. Apalagi kalau hanya untuk mendengarkan lagu cuman butuh kuota yang sedikit. Ada banyak aplikasi musik online yang bisa dipilih, salah satunya Soundcloud. Tersedia berbagai lagu populer dan terbaru baik dari dalam ataupun luar negeri

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *