Cara Clear Cache di Google Chrome Desktop

Google Chrome Reload Menu
Google Chrome Reload Menu

Cara Clear Cache di Google Chrome Desktop ini perlu saya lakukan karena beberapa hal yang berkaitan dengan WordPress CMS yang saya gunakan. Entah kenapa Google Chrome di Mac yang saya gunakan ini terkadang ada masalah yang tidak atau belum ketemu solusinya.

Masalahnya sebenarnya simple saja. Jadi ketika saya Make New Post seperti ini tiba2 Visual dari Konten ini Blank dan tidak muncul interface WYSIWG nya. Saya beberapa kali reload hasilnya nihil.

Kemudian saya menganalisa kalau ini mungkin adalah WordPress saya yang bermasalah, saya coba di Browser lain dan lhadalah ternyata di Safari dan Firefox bisa muncul dengan normal.

Berarti itu masalah ada di Google Chrome nya

Akhirnya saya inisiatip untuk Clear Cache saja itu Google Chrome biar load dari awal lagi. Kalau di Windows biasanya ada Tools CC Cleaner yang akan nge Clear semua cache termasuk Cache dari Google Chrome ini.

Tapi apakah itu yang saya inginkan? Tidak saya hanya ingin Clear Cache khusus untuk WordPress saya ini.

Gambar Motor Honda Kuno yang Asik
Gambar Motor Honda Kuno yang Asik

Kemudian saya mulai googling dan menemukan caria untuk Clear Cache untuk halaman/website (tab) tertentu saja dan begini caranya.

Ketika Tab/Website yang bermasalah itu muncul, silahkan tekan dengan kombinasi tombol ini  ‘Ctrl+Shift+R’ untuk Windows dan ‘Cmd+Shift+R’ Mac OS X dan masalah cache ini segera terobati dan WordPress saya bisa berfungsi seperti sedia kala.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan Fitur bawaan dari Google Chrome yang dinamakan Developer Tools atau biasa dikenal juga dengan Inspect Element.

3 Menu Reload di Developer Tools Chrome
3 Menu Reload di Developer Tools Chrome

Caranya begini, misalnya Tab yang bermasalah itu sudah dibuka, silahkan masuk ke Inspect Element atau Developer Tools tersebut dengan cara View > Developers > Developers Tools atau lewat Shortcut di Mac OS X (⌥+ ⌘+ I) kemudian nanti akan muncul Halaman Spesial Inspect Element nya.

Langkah finalnya tinggal Klik Kanan pada Menu RELOAD dan nanti akan muncul 3 Menu

  • Normal Reload (⌘ + R)
  • Hard Reload (⇧ +⌘ + R)
  • Empty Cache and Hard Reload

Silahkan pilih nomor 3 untuk membersihkan Cache dari Tab anda yang bermasalah.

Apakah sampean menghadapi masalah serupa?

1 Comment on "Cara Clear Cache di Google Chrome Desktop"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *