WordPress itu bagus, Tapi…

Anda pengguna WordPress? bagaimana? Nyaman? repot dengan sering update? Bingung Bikin atau menggunakan tema wordpress yang cocok? Lupakan semua itu. Karena sebentar lagi WordPress akan naik kelas menjadi 2.7

Emang kenapa dengan 2.7? Di dua tujuh, WordPress developer menjanjikan sesuatu yang berbeda. Penambahan fitur sana sini, juga interface baru serta pengaturan menu baru di dashboardnya. Tidak hanya itu. Di sini WordPress juga memudahkan kita dalam installasi plugins dan lain lain.

Mantap Bukan? ternyata jawaban saya BUKAN.. kenapa bukan? Salah satu masalah yang saya hadapi dan mungkin WordPress user hadapi jua. Adalah jeleknya Mesin Pencari di WordPress.org. Saya sudah mengalami RATUSAN kali (HIPERBOLA MODE) dan sangat sangat mengecewakan. Tidak percaya? Coba aja cari plugins tertentu yang jelas jelas ada di Extend WordPress. Besar kemungkinan anda akan terdampar di hasil pencarian yang membingunkan. Berikut skrin shut dimana saya mencoba cari Plugins Feed WordPress.


Hasil cari WordPress

Bagaimana hasilnya? Halaman pertama kata kunci Feed WordPress, tidak satupun menampilkan apa yang saya cari :D

Sekarang mari kita coba cari dengan Mesin Pencari, Google dan Yahoo!.
Dan berikut hasil cari dari Om Google.

Hasil Cari Google

Dan berikut sekali lagi hasil cari dari Pakde Yahoo!

Hasil cari Yahoo

Gimana? Merasa aneh? atau heran? Jawaban anda dua dua nya benar :D Yang jadi pertanyaan saya.. kenapa Mesin cari lebih pinter dari yang punya rumah datanya? (WordPress.org) dan kenapa si Ma.tt tidak mau mengatasi hal ini?

Itu baru cari plugins. Coba aja cari permasalah di forumnya.. saya tidak tau anda akan terdampar dimana =))

Semoga saja kedepannya Ma.tt serius menggarap sisi pencarian di situs ini.

Selamat buat Barack Obama, menjadi NEXT PRESIDENT OF UNITED STATES

0 thoughts on “WordPress itu bagus, Tapi…
  1. Pingback: Moch. Zamroni
  2. Kayaknya lagi sentimen kali tuh search enginenya…
    Sebenernya ada satu kelemahan lagi yang belum tersolusikan sampe sekarang… ngakalin meningkatnya loading time sebagai akibat banyaknya plugin yang digunakan (yang membuat jumlah ext. css dan js meningkat). Ada solusi gak mas untuk yang satu itu?

    ardees last blog post..Viralink? Hmm… bener juga ya…

  3. lebih sering nanya mbah google ajah dibanding pake fitur searchnya palagi penyakitnya nular juga di wp2.7, mungkin Ma.tt pengen semua orang lebih memakai tagsnya

  4. well, di luar masalah search engine tadi, dan mungkin juga masalah yang lain,

    saya merasa wp adalah software blogging yang plg nyaman buat saya :D

    btw utk serach plugin2 wp, dan juga berbagai macam hal lain di internet, saya masih memilih google sebagai pilihan utama :)

  5. bener banget, mas jauhari. kalau nyari plugin, saya malah lebih suka memasukkan kata2 kunci di adress bar. sret-sret, langsung muncul, dan klik, langsung install. tapi di wordpress.org malah bikin kepala puyeng. pernah mau nyari plugin wp-thread comment sampai klik sana-sini ndak ketemu2. semoga kekurangan ini bisa diperbaiki oleh admin wp.org. wah, saya sdh ndak sabaran nih nunggu wordpress 2.7, mas jauhari.

  6. iya nih. saya juga merasakan hal yang sama : pencarian plugin menggunakan fitur searchnya wordpress.org kurang mantap. lebih asik menggunakan Google Search.

    Kenapa y? apa memang disengaja Pak?

  7. iya benar, saya pernah mengalami hal yang sama (dulu ada keperluan buat agregasi)
    tapi buat yang justru gemar hard-coding seperti saya, gak ada masalah dengan WP
    malahan saya cukup nyaman dengan versi 2.5.1 yang saya gunakan (dan beberapa blog lain yang menggunakan versi 2.6)

  8. Bener Mas… akhirnya saking capeknya nyari saya cuma bisa buka tiap halaman dari cari dari-halaman-halaman itu…
    semua dibaca… Gila!
    yang paling nyebelin dari nyari di WP extend adalah hasil pencariannya… bener2 parah…
    Pusing banget :(

    MyBlogLoves last blog post..Make Blog Post More Colorful

  9. Ehm,

    Begini, kalau dilihat secara kasar, tampaknya search engine yang ada di WordPress.org itu melakukan pencarian pada database menggunakan kata kunci sesuai dengan yang dimasukkan. Jadi bila sampeyan mencari dengan katak kunci Feed[spasi]Wordpress, kemungkinannya akan susah untuk bisa mendapatkan konten mengenai plugin FeedWordpress (tanpa spasi, nama asli pluginnya memang tanpa spasi). Coba lihat ini.

    Sementara search engine, ya maklum lah, dia kan mampu mengindeks jutaan halaman web dengan kata kunci yang dimasukkan. Hanya saja metodenya tidak seperti melakukan pencarian di database. Jadi melakukan pencarian dengan kata kunci Feed[spasi]Wordpress bisa saja menemukan hasil FeedWordpress, WordPressFeed, dan lain-lain. Maklum saja, search engine yang handal memang harus bisa melakukan itu.
    :D

    *sok tau mode off

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*