Tips Memilih Server Website

Saat ini bisa dibilang riwayat Server JAUHARI.net Family semakin panjang saja. Sudah lebih dari 4 kali kami pindah server, Dari mulai Shared Hosting, Private Server, VPS dan Dedicated Server pernah dan sedang di lalui. Alasan2 klasik kenapa kami memutuskan pindah sana sini dari JAUHARI.net Family tidak lain tidak bukan karena beban web yang membuat server server tersebut kalang kabut. (ninja)

Server Kuat Website Sehat
Server Kuat Website Sehat

Akhirnya berdasarkan pengalaman spiritual web, kami bisa menemukan Cara2 dan Tips Memilih Server Website yang mana untuk apa dan yang tepat menggunakan yang mana ( halah mbulet) (hassle) 

Sebagai seorang yang bergerak dalam dunia blogging tentunya Server adalah yang harus di hadapi. Kecuali anda tetap nyaman dengan layanan Gratisan Seperti (WordPress.com, Blogger.com) Ketika anda sudah memutuskan menggunakan Server ini kita perlu mengkaji agar Server yang kita sedang gunakan aman aman dan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jadi berikut ini apa yang bisa kami bagikan tentang jenis jenis server dari hasil penerawangan saya.

Shared Server

Gunakan server Shared Hosting Server jika tujuan anda adalah Murah Meriah, Jika anda pengguna mesin WordPress, ketika pengunjung website anda masih dibawah titik 5000/hari dengan tidak menggunakan plugin2 yang memberatkan server saya rasa shared server pilihan yang tepat. Kebanyakan Shared Server mengijinkan penggunaan Resource Server maximal 10%, jika melebihi siap siaplah di sapa CS server tersebut dan bisa jadi anda akan di suruh Pamitan :D

Private Server

MacBook Pro dan Mac Mini
MacBook Pro dan Mac Mini

Banyak juga yang menyebutkannya dengan nama Premium Server, yang intinya server ini masih menggunakan satu server untuk bancakan bersama sama tapi ada beberapa opsi yang membuat pengguna lebih nyaman. Intinya inilah peningkatan dari Shared Server diatas. Dulu saya menggunakan Dreamhost PS. Celakanya ketika pengunjung tiap website yang saya kelola di server itu antara 2000 – 5000 dikalikan 4 website si server sering megap2 dan Internal Server Error yang membuat saya pusing dan manyun (idiot)

VPS (Virtual Private Server)

Jika anda pengguna Parallels Desktop (Aplikasi untuk menginstall OS didalam OS, jalan di Mac) atau VM Ware kurang lebih seperti itulah, apa yang disebut VPS. Intinya Jasa Hosting menawarkan sebuah VPS dengan cara tersebut. Sang pemberi Jasa Hosting mempunyai Server yang Joss untuk kemudian di installs aplikasi2 virtual untuk di jualkan ke pencari VPS. Keuntungan dari hal ini, Tiap VPS hanya digunakan oleh satu orang yang menyewa, Kontrol lebih untuk Pengguna Server (termasuk intall Operating Sistem baru) tersebut dan juga Tim Support dari Jasa Hosting yang lebih baik.

Dedicated Server

Kalau ini sudah lebih mantap lagi. Intinya kita mempunyai server sendiri yang ditempatkan di Jasa Hosting. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Jasa Hosting (walaupun ini masih tergantung dari dimana kita menyewa Dedicated Hosting). Tapi harga Dedicated Hosting masih lumayan… bisa dibilang satu bulan bayar Dedicated sudah bisa membayar Share Hosting 1 x 10 tahun (haha)

CloudLayer Server

Kalau ini kata2nya lebih powerful lagi, bahkan ada yang bilang dengan Server jenis ini, bisa dikatakan Zero Down. Jadi server kita di jamin aman dari apapun. Karena berdasarkan apa yang saya tahu data data kita seperti di distribusikan ke beberapa server yang jalan secara Cloud (Awan) jadi ketika ada satu server bermasalah ada server lain yang siap menangani request. Tapi ini lebih Mahal lagi.. karena tarifnya biasanya dihitung perjam. Wah kalau harga saya belum bisa nyebutkan…

Itulah beberapa jenis server yang saya tahu, jadi silahkan di pilih dengan bijak dan tentukan akan hosting di Mana. Banyak sekali Jasa Layanan Hosting Lokal maupun Domestik yang memberikannya. Pilih yang tepat dan terbaik bagi anda agar Website anda bisa berjalan sempurna dan baik2 saja. Semoga Tips Sederhana Memilih Server Website ini bermanfaat.

Sumber foto Flickr sini dan sini

0 thoughts on “Tips Memilih Server Website
  1. kaga berani beli dedicated ke atas wkwkwk, masih kecil dah berani2 ama yg gede, mnrt saya shared hosting / VPS sudah sangat2 cukup. sebanding dengan penggunaannya bos

  2. saya saat ini masih pake share hosting, kebetulan hosting lokal.walaupun target visitor dari USA.
    kalo share hosting yg bagus itu kira2 apa ya mas?? hostgator ataukah hawkhost??

  3. Sebagai penggila (baca : pengunjung dikit & $$ di paypal cekak) Shared Server adalah pilihan yang tepat bagi saya, walaupun kadang-kadang tiba-tiba blog ndak bisa dibuka, setelah tanya si cs ternyata sedang ada migrasi server karena server lama sedang dalam perbaikan (seperti server LAN pabrik aja) (woot) (hassle)

  4. Pingback: Nurudin Jauhari

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*