Solusi Accu/Aki Tekor Pada Mobil Grand Livina

Mobil Grand Livina
Mobil Grand Livina

Mungkin Tingkat Kecerobohan dan juga Kesendeleweran tingkat dewa yang sudah saya alami ini, Si Vina akhirnya Accu/Aki nya harus di sehatkan kembali agar bisa berjalan kembali. Pesan dari Dokter Mobil (Mekanik dan Juga Marketing Nissan Jogja)untuk rutin manasi mobil yang kadang saya indahkah dan sering tidak membuat Grand Livina sakit dan ndak mau nyala alias ndak mau di ajak berkendara.

Vina - Sahabat Perjalanan Sejati
Vina – Sahabat Perjalanan Sejati

Sebenarnya tanda2 masalah Accu vina yang sudah tidak beres ini saya temui awal 2012 kemarin. Tapi kembali lagi kurang saya indahkah. Faktor lain yang membuat Accu Mobil cepat tekor adalah tidak mengindahkan Air di Accu tersebut. Usahakan dan selalu pastikan Air Accu selalu diambang batas minimal. Kalau sekali saja kita lebih rendah dari ambang batas minimal, siap2lah Accu akan bermasalah seperti yang sedang saya alami (begitu kata Dokter Mobil tadi). Info tadi khusus Accu Basah bukan kering.

Accu buat Grand Livina
Accu Basah 60A 16Volt buat Grand Livina

Jadi solusinya gimana? Agara Accu Mobil Grand Livina khususnya tetap sehat selalu? Dan kalau sudah mengalami atau kebacut bagaimana solusinya? Kami akan memberikan beberapa cara yang sedang kami lakukan. Semoga bermanfaat. Bagi kalian semua. Tips ini khusus untuk Accu Basah, karena Accu kering lain lagi solusinya (sepertinya begitu)

  1. Lepaskan Accu Mobil dari tempatnya dan silahkan check tinggi air, kalau kurang dari ambang minimal, silahkan isi sampai tercukupi dan pasang kembali dan silahkan diuji coba lagi. Jika cara pertama ini gagal, gunakan cara kedua
  2. Lepaskan lagi, kemudian bawa ke Setrum Accu / atau Charge Accu tersebut dengan alat2 yang banyak tersedia dipasaran atau bawa ke Jasa Charge Accu mobil (kebetulan di @DesaPonjong masih ada layanan ini) kalau sudah selesai, coba pasang kembali dan uji cobe kembali. Jika cara kedua ini masih gagal, gunakan cara ketiga.
  3. Accuzuur buat Grand Livina
    Accuzuur buat Grand Livina

    Lepaskan lagi, kemudian keluarkan semua air yang ada di Accu tersebut. Pastikan sampai benar2 habis. Kemudian sediakan air panas mendidih dan isikan ke Accu tersebut kemudian lakukan pembersihan agar kerak didalam elemen Accu bersih. Kemudian (ini langkah penting) Isi Accu tersebut dengan Accuzuur atau Air yang telah dikondisikan sedemikian rupa yang sudah ada semacam dayanya. Isi semua lubang sampai penuh. Kemudian pasang kembali dan lakukan ujicoba kembali. Jika cara ketiga ini belum bisa lakukah langkah keempat.

  4. Lepaskan lagi Accu Mobil tersebut, kemudian lakukan Charge kembali Accu tersebut, sepoerti langkah kedua tadi. Setelah itu pasang kembali dan lakukan ujicoba kembali. Semoga Langkah pamungkas tadi sukses dan selamat menikmati dan semoga Accu Mobil Grand Livina anda sehat selalu… ups jika masih saja bermasalah. Ikuti Langkah Terakhir
  5. Lepaskan Accu Mobil Grand Livina tersebut dan silahkan bawa ke Toko Accu yang resmi dan silahkan di JUAL ACCU lama anda dan beli ACCU baru. Disini anda bisa memilih dua Opsi, Accu Basah dan Accu kering. Kalau saran saya belikan aja Accu Kering agar anda tidak pusing memikirkan masalah kekurangan air tersebut.

Semoga bermanfaat jagalan mobil anda agar anda tidak dibuat repot seperti saya tadi, selamat berkendara dan ingat selalu HEMAT BBM hematlah selalu demi kebaikan bersama.

Salam Vina

19 Comments on "Solusi Accu/Aki Tekor Pada Mobil Grand Livina"


  1. Aki vina sv saya jg sering tekor..
    Rasany baru 1 taon ini ganti aki, ini udh sewot lagi aja..
    Oo iy mas, type aki asli vina sv apa ya,?? udah sering ganti aki, khawatir klo aja salah pake aki mknya sering sewot :(

    Reply

  2. sebaiknya beli/pasang voltmeter yang tinggal dicolok ke lighter mobil.
    Lalu kita tinggal perhatikan tegangannya sesekali :

    Kondisi Mesin Hidup :
    – 13.7 – 14.4 V ~ Kondisi sistem kelistrikan baik
    – 15V ~ kondisi overcharge. Ada kemungkinan kalo ngga aki rusak, IC regulator tegangan rusak.. kalau ini terjadi pastikan penyebab rusaknya IC regulator apa? apakah kena cairan? selesaikan dulu akar masalah sebelum mengganti IC regulator / alternatornya.

    Semoga membantu

    Reply

  3. Apakah memerlukan prosedur khusus ketika melepas aki livina? Saya belum pernah melepas aki livina Dan kuatir jika timbul efek tertentu. Trims.

    Reply

  4. Trimakasih infonya.. aki mobil saya lama gk d pake jd mau coba tips no:5 n kta saudara jg bgtu buang air akinya dlu trus cuci pake air panas dst n sampai sekarang akinya gk rewel lg.

    Reply

  5. Saya punya GL 2008,
    Kalau u perawatan accu type kering gmn ya mas biar lebih awet n tahan lama.
    Kondisi sih sekarang accu tekor gitu padahal bbrp hari sebelum da pernah charger ulang tu accu
    Mohon sharing solusinya ya mas

    Reply

  6. Selama pake Grand Livina baik-baik aja…cuma rutin ganti oli..kalo aku saya sarankan pake yang basah karena mmg mobil ini untuk spek aki basah..saya pake GS (garansi 1 tahun, beli di supershop n drive). Aki basah memiliki daya tahan yang lebih baik…yg paling rentan dari aki selain air adalah suhu ruang mesin..grand livina ini kayak honda jazz…suhu ruang mesin panas…

    Reply

  7. saya juga pernah mengalami aki tekor mobil x-gear saya… dan tips nomor 5 adalah langkah paling jitu.. :-)

    Reply

  8. Mas Jauhari, sya pemilik GL tahun 2009..pda tahun 2011 kmaren Accu sya bermasalah mas, air akinya sampai mendidih dan berasap serta cover akinya sampai panas,,akhirnya mobil sya bwa ke bengkel dinamo untuk cek apakah tegangan dinamo amprenya melebihi batas,,setelah dicek ternyata tegangan dinamo ampernya normal dan disarankan untuk Accu diganti dengan yang baru,,alhamdullilah masalah sudah teratasi,,tapi yang bikin saya bingung selama ini memakai kendaraan dengan merk yang lain tidak pernah mengalami seperti ini???semisal Accu bermasalah biasanya mobil tidak mau di start/tekor…dan masih banyak masalah lagi dengan GL sya ini,,bgaimana pengalaman Mas jauhari memakai GL selama ini??

    Reply

    1. Selama memakai Grand Livina ini, saya pernah ngalami Accu Tekor sekali mas. Ini dikarenakan kelalaian saya sendiri dengan tidak rutin manasi dan ada beberapa pengkabelan yang tidak pas karena diganggung oleh Hewan Tikus. Alhamdulillah sampai saaat ini masalah sudah tidak ada lagi dan semua berjalan baik2 saja.

      Reply

    1. kenapa kok mobil nissan evalia saya tahun 2013 selalu bermasalah pada accu , air akinya mendidih dan berasap ketika sprt itu selalu mengeluarkan bau asam/kecut yg jg masuk ke dlm ruangan mobil. aki sering diganti , bisa 6 bulan sekali ganti aki . gimana solusiya ?

      Reply

      1. Wah..ada yg gak beres itu gan… Coba cek kelistrikannya. Bisa kemungkinan ada kesalahan shg listrik kurang mengecas aki ketika mesin nyala…atau ada kebocoran arus listrik

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *