Selayang Pandang Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta pada tanggal 27 September 1965 dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.

Nama Atma Jaya diambil dari Bahasa Sansekerta. Atma berarti jiwa, jaya berarti unggul, sehingga Atma Jaya berarti jiwa yang unggul.

Saat ini UAJY memiliki 6 fakultas dengan 11 program studi S-1 dan 5 program S-2, termasuk 4 program studi S-1 kelas internasional dengan jumlah mahasiswa ± 11.307 orang, serta didukung 7 Guru Besar, 25 Doktor, 222 Master, dan 29 Sarjana sebagai pengajar tetap. Di samping itu UAJY juga didukung oleh dosen luar biasa dari para ahli maupun praktisi menurut bidangnya, dari dalam maupun luar negeri. Semua program studi S-1 telah terakreditasi, untuk program S-2, tiga program studi (Magister Manajemen, Magister Teknik Sipil, dan Magister Ilmu Hukum) telah terakreditasi, sedangkan Magister Teknik Informatika dan Magister Teknik Arsitektur sudah mendapatkan ijin operasional.

Logo Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
Logo Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Semua jurusan tersebut tentu saja telah didukung dengan fasilitas yang sangat memadahi sehingga proses belajar mengajar dapat lebih optimal.

UAJY akan selalu mengupayakan terciptanya budaya organisasi yang mampu membangun komunitas sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas, etos kerja serta komitmen tinggi sesuai dengan visi dan misi universitas, berkaya untuk menghasilkan karya dan alumni yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, selain itu juga akan selalu berusaha mewujudkan jejaring kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional maupun internasional.

Yogyakarta mempunyai lingkungan yang sangat nyaman untuk mendukung semua aktivitas pendidikan, baik di dalam maupun di luar kampus. Karena Yogyakarta bisa dikatakan sebagai kota yang relatif aman, sangat jarang terjadi konflik dalam masyarakat dan tingkat kriminalitasnya juga rendah. Selain itu biaya hidup di kota ini relatif murah.

Di Yogyakarta sendiri terdapat ratusan perguruan tinggi, seperti julukannya sebagai Kota Pelajar, di kota ini mempunyai komunitas akademik antar perguruan tinggi yang sangat menguntungkan bagi mahasiswa. Jarak dengan universitas-universitas besar seperti UGM, UNY, UMY, dan UIN tidak begitu jauh, ini memungkinkan komunikasi antar mahasiswanya menjadi lebih mudah.

Artikel ini adalah hasil kerja sama Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) beserta @jauhari

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*