Selamat Datang WordPress

Ini Postingan kesekian kali tentang wordpress, kali ini mengenai sisi lain dari dibalik layar Website Perusahaan saya. Ceritanya pada jam dulu kala saya membikin aplikasi sederhana yang saya pakai untuk posting berita dan artikel di Plaza Araya, Araya Golf dan Kota Araya. Aplikasi saya ini berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

 

Sekitar 2005 – 2006 saya mulai eksperimen dengan mesin mesin alternatip dan saat itu jatuh hati pada TextPattern. Powerfull, mudah cepat dan enak. Akan tetapi seiring perkembangan, saya menemukan beberapa kelemahan yang bagi saya cukup fatal. Yaitu edit templates yang terkesan rumit dan memakan waktu karena kita tidak bisa replace file, kita harus edit di database dengan template editor dari TextPattern.  Sebenarnya kelemahan ini sudah dijembatani dengan plugin hcg_templates, akan tetapi hal ini belum menyelesaikan masalah saya, karena seringkali ketika kita gunakan tool ini masih harus edit sesuatu untuk membuat database textpattern load layout terbaru :(

Hal ini tentunya sangat menghambat kinerja saya, apalagi kondisi di Indonesia yang koneksi internet masih cekak, hal ini terasa menjemukan :( Akhirnya dengan mengucap bismillah, saya memutuskan untuk membuat perubahan  dengan menggunakan mesin yang lain dan mesin itu jatuh ke WordPress. WordPress bagi saya bukan mainan baru, karena saya juga telah membuat beberapa tema gratis. Jadi apa salahnya saya pake ini di kantor saya. Hitung hitung sebagai KADO YANG INDAH :D

Atur sana sini blog sudah jadi dengan wordpress
Atur sana sini blog sudah jadi dengan wordpress

Akhirnya proses perubahan berjalan dengan sukses, Mulai dari Araya Golf, Plaza Araya dan Kota Araya. Mungkin beberapa blogger bertanya, kenapa WordPress. Mungkin jawaban saya simple aja. “Kenapa Tidak?” =))

Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada Matt dan Team Automattic dan selamat datang WordPress ;)

Catatan:
Saya sama sekali tidak membenci TextPattern, bagi saya TextPattern is Rock! tapi tidak menutup mata juga kalau WordPress saat ini adalah Rockstar di hati saya :D

26 thoughts on “Selamat Datang WordPress

  1. WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal plugins untuk plugins lainya bisa anda temukan pada SoftWarp semua pluginsnya gratis

  2. saya blm nyoba textpattern, tp symphony sempat icip2..lumayan :)
    wordpress ternyata lumayan semantik, standar web, aksesibel, tinggal poles dikit aja

    o i a sekalian, selamat utk kelahiran si kecil, situs bisnisnya, semoga berbahagia ♥

  3. oh gitu ceritanya ya mas. kalo saya dulu mulai dari mambo yah, trus mambo sama joomla membelah. semua pada pindah ke joomla. saya ikutan :)

    trus awal buat template pake dreamweaver setelah di desain dan di slice. eh era CSS datang sistem table ga dipake lagi belajar css lagi. untuk web web sederhana sih cms bisa di andalkan cuman kalo dah bersifat sistem informasi yg auto wah ribet wong cms cuman bis judul ama isi. lalu belajar lagi PHP, eh enak juga jadi lebih bebas mo kayak gimana… datang lagi era php frameworks. halah… harus belajar lagi..

    mau belajar konsep dasar dl sama mana yg terbaik kan php frameworks banyak mas. makanya jalan2 ke blognya om didats, eh ternyata dia juga buat cms sendiri dan pake php frameworks..

    ada bahan ato ref ato tutorialnya mas?

    antons last blog post..Komik Naruto Bahasa Indonesia, Most Wanted!

  4. I Love WordPress :) … gampang custom, banyak free themes, premium themes gak mahal2 amat dibandingin bikin web ke web dev, sekarang dah berkembang bukan hanya buat blog, bisa tuk gallery, classified ads, dll… Yang susah bikin themes wp sendiri, salut buat mas Jauhari…

    Deddys last blog post..Blogger yang Peduli

  5. Pertama membuat blog dengan blogspot, kemudian denger-denger pakai joomla ….

    Tahu kalau ada themes dari jauhari.net akhirnya pake wordpress. Lebih enjoy untuk modif dan banyak plug in yang tinggal lhep tinggal nyesss ….

    Banyak kerjaan nich ….

    Jadi kangen dengan KOTA Malang …. lebaran depan Insya Allah kembali lagi …. pengen ke Jatim Park dan rindu tiduran di alun-alun (awas keno telek manuk doro :) )

  6. WordPress is amazing!

    ROCK!!

    Saya dulu pakai blogspot, dan nyaman dengan itu. Mbikin theme juga lumayan gampang. Tapi pas sudah ganti ke blogspot yang baru, saya mulai kelimpungan dengan kode-kodenya.

    Terus saya tertarik ke Joomla! Asik-asik aja selama beberapa bulan, walau stress dengan url-nya yang ndak friendly dengan search engine. Walaupun bisa diakali dengan berbagai plugin, tetap saja ndak sreg.

    Akhirnya ke WordPress ku tambatkan hatiku. Sampai sekarang enjoy banget. Apalagi support dari situs resminya hebat banget. Love WOrdpress dah!

    Mas, ke WordCamp juga?

    See you di sana yaa..
    Salam kenal, dari Makassar.

    Mus_s last blog post..suasana workshop

    1. Kalau Pricing Web Design, yang saya kasih pricenya biasanya desainnya dan customnya mas.. Saya amabil contoh seperti kita beli Sepeda Motor Honda Supra (katakan honda supra gratis :) ) Waktu kita bawa ke pusat modifikasi kan pihak bengkel narik biaya to? Yaa pada dasaranya seperti itu mas ;)

      Kan Honda Supra bisa diganti macem macem ;) Begitu juga ketika kita menggunakan Open Source CMS atau Framework ;)

    2. Walaupun pakai opensource kan tetap ada juga yang dikerjakan. Misal, customize, setting2 kofigurasi, persiapan server, dll.
      Semua itu kan bisa jadi komponen biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *