Pengalaman iOS 9.1 di Apple iPhone 5

Bisa dibilang ini sedikit maksa, walaupun syarat utama iOS 9 termasuk iOS 9.1 hanya dengan Apple iPhone 4s masih bisa, tentu saja Apple iPhone 5 lebih dari mampu untuk menjalankan iOS 9.1 ini.

Tapi tunggu dulu, ini pengalaman pribadi saya ketika menggunakan iOS 9.1 pada perangkat iPhone 5 nya Lik @SaifinEffendi.

Lik Saifin dengan Kaos @JawaMbeling nya di Kantor MALIOME
Lik Saifin dengan Kaos @JawaMbeling nya di Kantor MALIOME

Sebenarnya iPhone 5 ini berjalan sangat mulus di iOS 8.4.1 toh dengan syarat ini saya sudah bisa berlangganan Apple Music dan mendengarkan ketika berkendara.

Don't Miss: iPhone 6s

Saya beberapa waktu setelah iOS 9 rilis masih kuat nahan untuk tak berpindah ke Sistem Operasi iOS 9 ini. Bahkan ketika Mas @KhusnunIrawan koar2 kalau di iPhone 5 bisa berjalan dengan normal dan lancar itu iOS 9.

Hasil Jepretan Kamera iPhone 5 di iOS 9
Hasil Jepretan Kamera iPhone 5 di iOS 9

Tapi itu tetep nggak membuat saya ingin mencoba, tapi semua berubah ketika saya menengok lebih jauh fitur di iOS 9 seperti New Notes dan Quick Reply di Third Party App nya. Akhirnya sebagai #CahUpdate dan secara tak sengaja Auto Update saya jalan dan saya masuk ke General Setting… tetiba sudah ada downloadan ini dan tinggal eksekusi.. akhirnya nggak kuasa menolak saya akhirnya update ke iOS 9 juga di Apple iPhone 5 ini.

Baca Juga cara Kalibrasi dan Optimasi Baterai iPhone

Secara umum, kesan pertama iOS 9 di Apple iPhone 5 ini adalah LAMBAT dan LEMOD yaa seperti itu, terutama hal2 berkaitan dengan animasi ada kelambatan disana.

Apa lantas dengan sedikit LMD ini saya mau DOWNGRADE lagi? Ah tentu saja tidak

DOWNGRADE ITU BUAT ORANG YANG LEMAH!!!

Akhirnya saya coba gali2 lagi dan ternyata iOS 9 itu emang mbikin lemod :))) tapi itu tak mengapa toh ada beberapa hal kenapa saya masih running iOS 9.1 di Apple iPhone 5 berikut beberapa alasan saya

Parkir Pengunjung Water Byur
Parkir Pengunjung Water Byur
  1. iPhone 5 yang saya pakai ini sebagai SECONDARY DEVICE (mostly untuk dengerin Musik dan update Aplikasi Sosial Media saja)
  2. iPhone 5 yang saya pakai ini fungsi maksimil ketika on WiFi kalau NON WiFi Ampun deh mending ngobrol sama Wife saja atau anak2
  3. iPhone 5 yang saya pakai ini emang iOS 9.1 dan saya suka. Terlepas dari itu semua fungsi yang saya sering gunakan masih WORK well masih nyaman. Lag emang ada tapi tak mengurangi #KadarKebahagian dengan iOS 9.1

Terur terang terlepas Apple iPhone belum pernah (setidaknya beberapa iPhone yang saya pakai) ini ada fitur Delivery Report SMS (yang bagi saya penting) tapi secara overal tanggapan saya tentang App di iOS secara umum

  1. Messages App iOS ini bagi saya tetep the best dari lintas Smartphone yang saya pakai, integrate dengan iMessage nya fitur Search nya dan juga stability nya jawara
  2. Aplikasi2 di iOS bagi saya masih teramat terjaga, dari sisi desain, guidline dan juga kemampuan. Boso kasare hampir semua aplikasi di iOS ini nggak asal2an
  3. iOS first, Android Next and others. Walaupun prosentase pengembangan App sudah mulai berimbang tapi masih banyak Dev2 yang rilis di iOS dulu baru yang lainnya…

Secara Umum iOS 9.1 di Apple iPhone 5 masih layak dan jalan seperti biasa, lag emang ada tapi #TetapSemangka

Kejamnya Marketing Apple

Kenapa demikian, mau nggak mau semua berhubungan dengan the power of #dodolan bagaimana Apple mengemas cara jualan nya dengan cantik dan sangat halus.

Masih ingat ketika iPhone 5 pertama rilis dulu? Jargon2 yang di usungnya? Ya Kecepatan, Smooth dan Sat-set; bat-bet™ anda mengalaminya kan?

Diakui, kecepatan Apple iPhone saat di rilis emang pas kondisi terbaiknya.. yang membuat lambat ya sebenarnya Update Software itu sendiri. Emang ada faktor lain misalnya kecepatan hardware meningkat, RAM bertambah..

Tapi sadarkah kalian.. kalau salah satu alasan kenapa adanya update software? ya untuk membuat Device lama ikutan update sehingga bisa dengan #BlackMarketing membuat Device Lamanya terkesan lambat.. apalagi jika di sandingkan dengan Device yang lebih baru.

Tak hanya itu.. salah satu langkah cerdas apple yang masih berhubungan dengan #BlackMarketing ini adalah dengan memperkenalkan fungsi/fitur yang itu hanya bisa di akses dengan Device baru. Padahal beberapa fungsi sebenarnya dipaksa di device lama bisa.. tapi ya namanya Marketing fitur itu tidak dibenamkan di Device lama.

Ya semoga segera dapat kado keluarga iPhone 6 atau bahkan iPhone 6s 128GB ;)

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*