Mendaur Ulang AhmadMuttaqin.com

Jadi ceritanya itu, salah satu tempat saya nebeng server yang bisa dibilang berusia lebih dari 7 Tahunan, sejak 2007/2008 itu tiba2 Suspended.

Suspended Layananan saya karena ada Billing kurang 5$ dan saya kurang nggatekke. Ternyata Web Server saya itu Off sejak Agustus. Dan masalahnya saya dapat email dan saya jarang check di email tersebut.

AhmadMuttaqin.com 2014
AhmadMuttaqin.com 2014

Nah akhirnya setelah Kakak ketiga saya tanya beberapa kali :D saya coba metani, dan ternyata beneran Server Suspended. Akhirnya saya nyalakan lagi dan Setelah ONLINE masalah baru muncul. Ternyata DREAMHOST itu hanya SIMPAN BACKUP MAXIMAL 2 MINGGU saja.. setelah itu tidak ada jaminan data masih ada.

Dan beneran, setelah MATI SURI hampir 3 Bulan ini saya cari dimana-mana di DREAMHOST nggak ada. Duh.. padahal ada banyak Tulisan Kakak Ketiga di AhmadMuttaqin.com yang di kangeni beliau.

Akhirnya saya mencoba mendaur ulang AhmadMuttaqin.com menggunakan Metode Manual. Jadi yang saya lakukan sederhana. Dan berikut metodenya.

  • Karena setelah Data Tidak Kembali, Maka Domain AhmadMuttaqin.com balik NOL maka saya kemudian Install WordPress melalui Metode Easy Install
  • Kemudian Setelah itu saya setting dan saya mirip2kan data2nya (Termasuk URL, Permalink, Plugin dan juga Theme)
  • Kemudian saya Akses ke Mesin Waktu terbaik di Internet¬†archive.org kemudian saya masukkan URL punya kakak saya tersebut AhmadMuttaqin.com
    Archive.org menyelamatkan AhmadMuttaqin.com
    Archive.org menyelamatkan AhmadMuttaqin.com

    dan Alhamdulillah ternyata Archive.org dengan Way Back Machine nya berhasil merekam beberapa data lama Website kakak saya tersebut

    Rekaman AhmadMuttaqin.com di WayBack Machine Archive.org
    Rekaman AhmadMuttaqin.com di WayBack Machine Archive.org
  • Kemudian saya mulai Petani satu persatu dan Bangkitkan tulisan2 yang masih tersimpan itu kedalam Blog/Web yang baru saja saya Onlinekan tersebut
  • Dan Setelah semua yang bisa saya backup kembali saya iseng2 Bikin Tema WP Gratis lagi. Dan sampai sekarang masih proses pengerjaan.
  • Tapi jangan kawatir sudah Online di AhmadMuttaqin.com dan nanti mungkin kalau sempat saya RILIS GRATIS, sementara ini nama Theme nya saya beri nama PUSTAKA.

Akhirnya setelah melalui proses yang ndakik-ndakik, Online kembali AhmadMuttaqin.com, tapi saya mohon maaf karena beberapa hal tidak bisa kembali. Seperti Komentar misalnya.

Nah itulah¬†Cerita Liburanku… mana ceritamu?

5 thoughts on “Mendaur Ulang AhmadMuttaqin.com

  1. salut buat semangat dan telaten maintenis yah pakdhe :) kadang data di web gratisan macam blogspot..com atau wordpress.com itu lebih aman hehe :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *