Mencoba CM 12.1 di Xiaomi Mi4/Cancro

New CyanogenMod 12.1 ROM Cancro Mi4

Setelah asik masuk dengan MIUI 7 di Xiaomi Mi4 untuk beberapa waktu saya iseng2 berhadiah mencoba CM 12.1 yang barusan Official Release di Cancro atau Xiaomi Mi3/Mi4 ini.

Apakah MIUI 7 tidak cukup atau kurang sip? Tidak… MIUI 7 sangat bagus dan nyaman digunakan, dan lumayan mantap… cocok banget untuk Daily Driver OS. Cuma kemarin itu saya coba iseng2 buang aplikasi bawaan dan jadilah Bootloop. Kemudian saya coba beberapa terapi karena nggak ingin data saya hilang. Cara Install CM 12.1 di Xiaomi Mi4

Bootloop Pergi.. kadang2… tapi tetep nggak maksimal. Akhirnya saya download Mi Manager di Windows 7 kemudian Backup semua data dan mulailah iseng2 berhadiah untuk Install CM 12.1 ini.

CM 12.1 ini sudah built in Android AOSP 5.1.1 jadi terbarulah. Langkah-langkah yang saya gunakan kurang lebih mengikuti panduan dari Threadn di Official Forum MIUI disini Jadi inilah langkah untuk Install Custom ROM CM 12.1 di Mi4 dengan mudah dan cepat.

Cara Praktis dan Cepat Install CM 12.1 di Xiaomi Mi4/Cancro

  1. Pastikan Custom Recovery sudah terinstall di Mi4/Cancro kalian. Kalau belum cara mudah Install custom recovery (dalam hal ini penulis menggunakan TWRP) dan emang disarankan menggunakan Custom Recovery TWRP karena konon CWM tidak support.
  2. Cara Install Custom Recovery TWRP, pastikan Mi4/Cancro kalian sudah ter Root dan kalau sudah segera Install TWRP Manager yang bisa kalian download di Google Play setelah install dan ijinkan root akses di Security MIUI buka Aplikasi TWRP Manager kemudian download TWRP Custom Recovery dan Install.
  3. Kemudian Download CM 12.1 dan GAPPS untuk Cancro/Mi3/Mi4 yang bisa kalian dapatkan disini
    CM 12.1 Cancro

  4. Setelah semua terdownload, Copy file tersebut ke USB OTG (kami menggunakan USB OTG, karena kami benar2 Fresh Install dalam artian termasuk Internal Memory dari Cancro/Mi4 kami hapus.
  5. Pastikan Baterai Mi4/Cancro lebih dari 50% kemudian matikan perangkat
  6. Masuk ke Custom Recovery dengan cara Tekan Power dan Volume Up bersamaan dan tunggu sampai masuk ke TWRP Recovery
  7. Kemudian Hapus Cache dan Data di menu TWRP Recovery, jika ingin benar2 kosongan hapus juga Internal Memory.
  8. Setelah itu Load USB lewat menu di TWRP Recovery dan colokkan terlebih dahulu USB OTGnya.
  9. Kemudian pilih Flash… dan silahkan pilih file download CM 12.1 dan juga GAPPS nya dan tunggu sampai selesai.
  10. Setelah selesai Reboot dan nikmati CM 12.1 di Cancro/Mi4

Beberapa catatan:

  • CM 12.1 untuk Cancro/Mi4 ini masih Nightly walaupun bisa dibilang cukup stabil tapi ada beberapa kendala seperti HDR Mode tidak jalan ketika mengambil gambar logo MI kanan atas posisinya dibawah
  • Di Cancro/Mi4 kami Google Camera tidak muncul menu Photosphere dan Panoramanya.. kami belum bisa mencari solusinya mengenai hal ini.
  • Sejauh ini cukup stabil dan Like Stock/Pure Android dan nyaman

Semoga bermanfaat.

One thought on “Mencoba CM 12.1 di Xiaomi Mi4/Cancro

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*