Masalah dan Solusi Discrete GPU 2011 MacBook Pro Issues

Jadi ini adalah MacBook Pro kedua saya setelah MacBook Pro pertama yang berakhir tragis. Pada MacBook Pro pertama saya mendapatkan masalah pada GPU dan mendadak bermasalah.

Fix Update “Tempory” Discrete GPU MacBook Pro 2011

Pernah saya reparasi dan berakhir parah dan akhirnya isded. Sedih akhirnya MacBook Pro saya isded. Kemudian saya kembali lagi dengan MacBook Pro 17″ ini yang rilis di 2011.

Discrete GPU Issues di 2011 MacBook Pro
Discrete GPU Issues di 2011 MacBook Pro

Pada Dua Tahun pertama semua bahagia, akan tetapi di pertengahan 2014 ini mulai muncul dan bermasalah kembali. Setelah saya Gugling dan tanya sana sini ini ada hubungannya dengan GPU lagi. Yaa GPU lagi.. Kali ini dengan GPU ATI/AMD yang kebetulan di 2011 MacBook Pro saya ini make AMD 6770M.

Don't Miss: iPhone 6s

Kali ini saya merasa karena Teknologi 2011 MacBook Pro 17″ ini ada fitur dynamic switching atau bahasa jawanya pindah otomatis ini akhirnya yang sering membaut 2011 MacBook Pro ini ngadat dan kadang flicker layarnya atau malah tiba2 restart.

Sedih kan? Iya.. kemudian saya coba2 cari solusinya dan ternyata yang menghadapi masalah ini buanyak banget. Hampi semua pengguna 2011 MacBook Pro dengan Discrete Graphics entah AMD atau ATI (walaupun sebenarnya keduanya ini sama, karena ATI telah dibeli AMD) ini rata2 menghadapi masalah. Bahkan pengacara2 di US siap2 untuk mengangkat kasus ini ke Meja Hijau

Dan apakah solusinya dari 2011 MacBook Pro yang sering bermasalah dengan GPU nya ini? Saya coba apa yang telah saya lakukan. Perlu diingat apa yang saya lakukan ini bukannya Permanent Fix karena ini saya masih berharap Apple mau mengganti Cuma2 Logic Board dari pengguna 2011 MacBook Pro yang menghadapi masalah ini.

  1. Install gfxCardStatus
    Aplikasi ini buatan pekerja Apple sendiri, tepatnya sebagai salah satu Tim dari pengembangan Safari. Tujuan dari aplikasi http://gfx.io/ ini sebenarnya hanya untuk penanda, MacBook Pro yang berjalan ini sedang menggunakan Discrete GPU atau Onboard GPU. Tapi semenjak 2011 MacBook Pro GPU issues ini banyak penggunanya menggunakan untuk memaksa mesinnya berjalan di Integrated Only saja. Karena dengan mode Onboard MacBook Pro nya lancar jaya tapi sedikit Patah-patah ketika akses aplikasi yang butuh beban graphics besar.
  2. smcFanControl
    Aplikasi ini sebenarnya hanyalah pengatur kecepan putar dari Fan. Fan yang salah satu fungsinya untuk mendinginkan Logic Board. Setelah install aplikasi ini, jalankan dan atur Fan untuk mutar dalam kondisi Maximum 6200rpm. Dengan kecepatan itu maka Logic Board akan tetap dingin jadi GPU tidak panas sehingga masih bisa dipake untuk enaak2
  3. Cara Heker
    Cara ini tidak saya rekomendasi tapi bisa dicoba. karena ini sangat memaksa, kenapa? karena kita akan memindahkan semua extensi yang berhubungan dengan Discrete GPU ini ke Folder lain, sehingga OS X tidak akan menemukan Driver/Extensi tersebut sehingga mau nggak mau hanya bisa menggunakan Integrated GPU. Caranya gini.

    • Boot ke Single User Mode caranya. (http://support.apple.com/kb/HT1492) Matikan MacBook Pro anda.. setelah mati nyalakan.. begitu nyalakan langsung tekan dan tahan tombol Command dan huruf “s” pada keyboard
    • Setelah sukses login, masuk ke Driver Directory lokasinya di (cd /System/Library/Extensions)
    • Kemudian pindahkan semua file yang mengandung kata ATI dan atau AMD ke Direktori lain, misalnya bikin direktori DisabledExtensions dengan cara (sudo mv ATI* ~/DisabledExtensions/ dan sudo mv AMD* ~/DisabledExtensions/)
    • Silahkan di Reboot kembali MacBook dan selesai

Itulah dua hal yang sekarang saya lakukan. Keduanya belum menjadi Permanent Fix 2011 MacBook Pro issues ini.

Saya masih menanti Permanent Fix dengan di ganti Logic Board nya oleh Apple. Saya hanya menirukan bebeberapa pengguna.

Bahwa ini menjadi Tak Berguna ketika kita membeli Gadget/Laptop seharga 2000an dollar dan agar supaya bisa dipake lebih dari 3 tahun akan tetapi ketika 2 tahun berjalan sudah harus bermasalah dan konon kalau harus ganti Logic Board tidaklah murah.. sekitar 600-800$ :((

Apple… please do something…

Beberapa Informasi menganai Issu GPU 2011 MacBook Pro ini

  • https://discussions.apple.com/thread/4659905
  • https://discussions.apple.com/thread/4766577
  • https://discussions.apple.com/thread/2768351
  • http://appleinsider.com/articles/14/08/12/apple-ignores-calls-to-fix-2011-macbook-pro-failures-as-problem-grows
  • http://arstechnica.com/apple/2011/03/latest-macbook-pros-suffering-from-gpu-related-freezes/

5 thoughts on “Masalah dan Solusi Discrete GPU 2011 MacBook Pro Issues

  1. hmmm Alhamdulillah saya pake Asus AMD ciamik semoga tetap ciamik, meski pernah jatuh hingga broke atau bahasa inggrisnya “Cuil” namun tetap bertahan. Di repair dulu cak bro, jika masih bermasalah boleh kirim ke alamat saya, dijamin saya pake :D,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *