MacBook Pro 17" – i7: Keluarga Baru Kami

Alhamdulillah kami selalu tak henti panjatkan kepada Alloh SWT atas semua rejeki baik itu berupa kesehatan maupun keislaman ini. Dan  bertepatan dengan 8 Tahun mengarungi hidup bersama, kami memutuskan untuk me Regenerasi MacBook Pro Santa Rosayang telah menemani kami bekerja kurang lebih 5 Tahun.

MacBook Pro i7 - 17'-08
Jauhari MacBook Pro i7 - 17'-08

Kami memiliki dan menjadi Keluarga Apel pertama sejak Desember 2007 dengan MacBook Pro Santa Rosa. Sejak saat itu sedikit demi sedikit kami mulai berbenah menata diri dan juga menengok serta menggunakan Anggota Keluarga Apel yang lain seperti iPod Shuffle, iPod Nano, iPhone 4 dan iPad 2.

Selama menggunakan keluarga Apel itu ada “misi” terselubung yang saya emban, yaitu ingin sekali saya membersihkan dari ke ILLEGALAN saya selama menggunakan berbagai macam aplikasi yang saya benamkan di perangkat keras ini.

Ketika saya menggunakan Windows (selanjutnya kami sebut Jendela) hampir 100% program berbayar yang saya gunakan adalah BAJAKAN yang mana dihati kecil saya selalu merasa ‘berdosa’ karena menggunakan ‘sesuatu’ yang belum menjadi hak saya. Di Jendela hal itu sangat mudah saya lakukan, apalagi saat itu Aplikasi bajakan dengan mudah dan seperti menjadi Legal (walaupun sekarang tak jauh berbeda *_-).

MacBook Pro i7 - 17'-07
Jauhari dan MacBook Pro i7 - 17'-07

Akhirnya sewaktu memutuskan menjadi Keluarga Apel saya sedikit mengikis penggunaan program bajakan, saya memanfaatkan Aplikasi2 yang sedang SALE atau sedang Bundling. Akhirnya dengan metode itu saya bisa mendapatkan aplikasi2 berbayar secara lebih murah. Walaupun saat itu saya belum bisa menghilangkan ke ILLEGALAN menggunakan beberapa aplikasi berbayar yang terus terang harganya SELANGIT dan itu saya masih membutuhkannya.

Tercatat dalam ingatan aplikasi yang GAGAL terbeli adalah Adobe Family dan juga MS Office dan iWork (sorry Steve). Ketika saya memutuskan menggunakan iPhone 4 beralih dari HTC Desire adalah dikarenakan saat itu untuk menikmati aplikasi premium di ANDRODI masih cukup susah, salah satu jalan hanya dengan install aplikasi bajakan dan itu kembali melukai hati kecil saya. Berkat iPhone ini Alhamdulillah saya sudah bisa istikomah untuk menggunakan 100% Aplikasi LEGAL termasuk aplikasi2 yang saya install dengan Jailbreak (hilangkan fikiran kalau orang Jailbreak iOS demi tujuan illegal, banyak sekali aplikasi bagus di Cydia yang LEGAL dan berbayar bahkan kadang lebih mahal dari kebanyakan)

Dan kembali di 2012 ini saya menyusulkan sebuah resolusi dalam hidup saya untuk kembali ISTIKOMAH tidak memasukkan hal atau sesuatu “ILLEGAL” kedalam MacBook Pro 17″ i7 saya ini. Dan tidak seperti yang biasa Apel tawarkan untuk Transfer data dari MacBook Pro Santa Rosa ke MacBook Pro 17″ ini saya lebih baik untuk kopi dan paste manual agar supaya segala jenis yang ber ILLEGAL bisa saya tangkis terlebih dahulu.

Saya akui susah untuk itu, terlebih saya masih belum punya pengganti Aplikasi Pengolah Data (Text, Spreadsheet, Presenetasi) yang handal dan Gratis di Mac, Aplikasi keluarga Adobe pun masih belum menemukan penggantinya, semoga saya segera mendapatkan Jalan Lurus akan hal ini.

O iya…. ada beberapa poin penting mengenai LEGAL dan ILLEGAL ini, aspek yang lumayan penting tak bagi beberapa orang NGGAMPANGKE adalah Musik atau MP3 dan sejenisnya. Di MacBook Pro Santa Rosa banyak sekali musik hasil download yang saya masukkan tanpa semena-mena, dan di MacBook Pro 17″ saya istikhomah tegaskan kembali untuk menyortir lagi dan sebisa mungkin menghindari hal-hal illegal sekecil2nya.

Tujuan saya sebenarnya hanya satu karena Alloh SWT melihat setiap tindakan kita bagaimanapun kita mencoba menyembunyikan.. Karena tak ada yang tersembunyi bagi Alloh yang Maha Melihat… maka dari itu saya mencoba mengerem untuk TIDAK MENGGUNAKAN yang bukan dan belum menjadi HAK SAYA… (pesan moral ini saya tujukan kepada Diri saya pribadi dan bagi siapa saja yang menghargai kehidupan)

O iya ndak komplit kalau tanpa bahas lebih detail si MacBook Pro 17″ini. Jadi ini adalah Insya Alloh generasi terakhir keluarga MacBook Pro yang rilis di Akhir 2011 ini. Berikut Spesifikasi detail dari Mesin atau Rumah kerja saya saat ini

Apple - MacBook Pro 17 - i7
Apple - MacBook Pro 17 - i7

Dan Berikut Penampakan MacBook Pro 17″

Semoga semakin bermanfaat. Aamiin.

24 thoughts on “MacBook Pro 17" – i7: Keluarga Baru Kami

  1. Wah, alhamdulilah saya masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk membaca tulisan yang sangat menginspirasi saya. Terima kasih Om Jauhari atas share nya. Terima kasih telah membuat saya “malu” dalam hal menggunakan aplikasi yang ilegal. Saya akan berusaha semaksimal mungkin menghindari hal-hal yang berbau ilegal. Sekali lagi terima kasih.

  2. ya allah, saya membaca artikel mas jauhari merasa berlumuran dosa banget, kenapa tidak, soalanya aplikasi, mp3, mp4 serta OS yang saya pakai bajakan semua.
    apa lagi kalau saya ngeblog walau 1 posting artikel saya, minimal dari 3sumber dan saya rangkum tapi saya tidak pernah menyebutkan sumber itu.

    saya merasa malu dengan prinsip saya ngeblog adalah untuk mencari pahala, memajukan generasi/SDM indonesia, tetapi artikel saya saja sudah berlumur dosa, semoga artikel saya (berharap) tidak haram.

    saya beru menyadari akan hal ini dari blog mas jauhari.

  3. wah aku wayahe duwe ki koyoke.. gerobakku yo wis katrok. Aduh kalo bajakan nih aku sementara masih ikhtiar untuk tidak mengunakan bajakan semisal mulai sering pake google sketchup. kalo CAD dll, ampun deh mahalnya :)

  4. Alhamdulillah. Mudah-mudahan bisa menyusul me-regenerasi juga pacul saya yang sudah uzur ini.

    Syukur-syukur bisa sekalian pindah keyakinan. *btw belum bisa instol wasap di iOs* :|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *