Local Development WordPress di MacOS dengan Vagrant

Local development wordpress di macos dengan vagrant Local development wordpress di macos dengan vagrant

Beberapa waktu yang lalu, kami Install dan Konfigurasi Local Development di Windows dan kami memutuskan menggunakan Microsoft Web PI, karena sewaktu mencoba Docker di Windows 10 bisa tapi aneh :))). Dan sewaktu menggunakan Vagrant di Windows 10 malah gagal dan terus menerus menangis dan akhirnya cari yang gampang. Nah kwi cerita di Windows, sekarang di MacOS.

Jadi tadi 14 Maret 2017 ini saya memutuskan RE INSTALL MacOS di MacBook Air 13″ dan setelah semalaman tadi backup di Time Machine saya memutuskan untuk Install ulang.

Setelah minta DMG dan di Burning ke USB oleh Dik UNUN saya install sana sini. Dan kemudian teringat mencoba lagi Vagrant di MacOS ini dan sukses. Nah berikut ini cerita Setup Local Development WordPress saya dengan Vagrant.

Logo vagrant

Logo vagrant

  1. Langkah Pertama adalah Install MacOS sampai selesai kemudian Optimasi Terminal biar kekinian. Setelah browsing sana sini saya nemu dengan Settingan Terminal http://ohmyz.sh yang apik dan keren. Install dulu caranya diweb tadi.
  2. Langkah Kedua install Brew, iya Brew itu semacam apt-get kalau di ubuntu, dulu ada MacPort tapi kemudian Brew hadir menjadi solusi mudah. Saya install Brew. Tertarik silahkan merapat http://brew.sh
  3. Langkah ketiga, Install Vagrant, tadinya saya mau mencoba Docker tapi melihat perihnya perasaan waktu mencoba di Windows 10 saya memutuskan menggunakan Vagrant saja.  Oiya Vagrant ini perlu semacam Virtualization, dan kami memilih menggunakan VirtualBox, jadi download Virtual Box dan Vagrant dan install, tinggal klik sana sini begitu.
  4. Langkah pentingnya Install local Developent WordPress via Vagrant, dan daripada cara ruwer kami memutuskan menggunakan Varying-Vagrant-Vagrants (VVV) bisa disimak di GitHub atau bisa merapat ke Website Resminya disiniBerikut Langkah-langkah Install VVV ini
    • Install Virtual Box 5.1
    • Install Vagrant 1.x
    • Install Vagrant Plugin vagrant-hostupdater dengan mengetik perintah
      vagrant plugin install vagrant-hostsupdater di terminal
    • Install Vagrant plugin vagrant-triggers dengan mengetik perintah vagrant plugin install vagrant-triggers
    • Langkah berikutnya adalah Clone project VVV dari GitHub dengan perintah
      git clone -b master git://github.com/Varying-Vagrant-Vagrants/VVV.git vagrant-local
    • Kemudian setelah itu masuk ke vagrant-local dan ketik vagrant up dan tunggu proses sampai selesai (waktu nya Install tergantung koneksi, karena vagrant install secara online dan download semua file kebutuhannya)
    • Kalau sukses kalian bisa akses ke http://vvv.dev
  5. Selesai kalian sudah sukses Install Local Development WordPress di MacOS via Vagrant. Untuk akses WordPress kalian bisa akses ke http://local.wordpress.dev
  6. Mudah bukan
Berwarna berbeda untuk hal yang sama

Berwarna berbeda untuk hal yang sama

Pada intinya dan akhirnya semua ini masalah kebiasaan dan kesukaan, kalau kalian merasa nyaman dengan Web Development WordPress di MacOS dengan Apache bawaan, tambahkan PHP dan MySQL monggo.

Atau jika kalian minat install2 dengan BREW semuanya juga nggak masalah, mau dengan DOCKER juga okay saja. Monggo dilanjutkan dan jangan lupakan urusan Akhiratmu, dan tetap fokus dengan urusan duniamu…

Semoga Tips singkat tadi bermanfaat dan selamat berkreasi dengan Vagrant.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*