Konsep Sederhana Bisnis Payung di Pantai (Pok Tunggal)

Tadi Ahad 22 Januari 2017 saya sekalian (Istri Iva Fitria, Anak Mbarep Bang Yashfa Jauhar dan Adik Shaffiya Jauha) ke Pantai Kawasan Selatan Gunungkidul. Dan tujuan di Ahad ini adalah Pantai Pok Tunggal. Kami mengambil jalur Ponjong – Semin – Tepus (Pantai Pok Tunggal).

Niat ke Pantai ini sudah kami SKEDUL pada Sabtu Malam, tapi sempat mau gagal karena Ahad Pagi Bakda Subuh Hujan lumayan lebat sempat mampir di Ponjong. Tapi namanya sudah niat kami tetep berangkat dan Alhamdulillah Hujan pagi itu sebatas sapaan, karena hingga sore Ponjong dan mungkin kawasan Gunungkidul tidak hujan. Termasuk di Pantai Pok Tunggal tersebut.

Kami rencana berangkat Pukul 05.00 karena cuaca terpaksa berangkat pukul 05.30. Kami tadi sengaja lewat jalur baru dan ada info rute baru dan dengan bantuan Google Maps (yang sekali lagi tetep menyesatkan) akhirnya harus terlambat kurang lebih 30 menitan.

Hbd bang yashfa 8 tahun
Hbd bang yashfa 8 tahun

Kami tiba di Pantai Pok Tunggal kurang lebih pukul 07.00an dan langsung jalan2 di Pantai sebentar sambil mengajak anak lanang, karena Mamane Yashfa mau kasih kejutan. Iya Hari ini Anak mBarep tepat berusian 8 Tahun

HBD BANG YASHFA!!! Semoga Semakin Sholeh dan Selalu MIGUNANI

Kami mengambil waktu pagi karena ini bener2 menikmati pantai, bukan menikmati melihat orang-orang ke Pantai. Nah di pantai lumayan lama dan kami menyudahi wisata itu kurang lebih pukul 10.00. Ada Faedah yang sangat saya salutkan, mengenai Bisnis Sewa Payung di Pantai ini. Dan tadi saya sempat OBRAL-OBROL dengan Pelaku mengenai Konsep Bisnis Sewa Payung yang khususnya berlaku di Pantai Pok Tunggal.

Enaknya pagi pagi kalau ke pantai di gunungkidul
Enaknya pagi pagi kalau ke pantai di gunungkidul

Di Pantai Pok Tunggal ini ada sekitar 5-10 pelaku Bisnis Sewa Payung ini. Dan hanya beberapa yang aktif setiap hari. Salah satu pelaku yang tadi kami temui bercerita kalau pas liburan dia biasa memasang 10 – 20 Payung (Mas nya mempunyai 30an Payung Pantai siap dipasang). Itung2an juga sederhana. Harga beli Payung Pantai kurang lebih 150.000, ongkos sewa ke Konsumen di Pantai Pok Tunggal seragam 20.000 sampai puas. Harga ini Fix dan tidak bisa ditawar. Dan Harga Sewa Payung di Pantai Pok Tunggal ini seragam dan pebisinis dilarang menurunkan ataupun menaikkan harga semaunya.

Bisnis sewa payung pantai di pok tunggal
Bisnis sewa payung pantai di pok tunggal

Kalau ada pelaku bisnis ketahuan menaikkan atau menurunkan harga akan dikenakan saksi, saksi langsungnya adalah pencabutan satu payung, jadi misalnya masang 10 payung dan diketahui markup harga maka payung tinggal 9. Pelaku juga ada kesepakatan dengan Paguyuban Pantai Pok Tunggal, dimana Paguyuban setuju menerima bagi hasil 10% dari para pebisnis + 3.000 Uang Sampah setiap buka.

Jadi kalau di kalkulasi. Misalnya pebisnis masang 20 Payung Pantai dan Laku 20. Maka sehari bisa mengantongi 400.000 di kurangi 10% + 3000 = 354.000 setiap hari. Dan misalnya Top Peak 4x (hari ahad saja) 4×354.000 = 1.416,000 dan sisa dari 1 Bulan, 30 – 4 = 26. Kita ambil saja 26 itu laku 4 Payung setiap hari 26×80.000 = 2.080.000.

Jadi setiap bulan kisaran pendapatan Pelaku Bisnis Sewa Payung Pantai di Pok Tunggal 1.416.000 + 2.080.000 = 3.496.000, sebuah angka yang lumayan untuk hidup di Kabupaten Gunungkidul. Bisnis sederhana dengan hasil yang luar biasa bukan?

Hitungan bisnis sewa payung di pantai pok tunggal gunungkidul
Hitungan bisnis sewa payung di pantai pok tunggal gunungkidul

Lebih detailsnya saya buat Sheets sederhana yang bisa kalian liat dan download disini

9 thoughts on “Konsep Sederhana Bisnis Payung di Pantai (Pok Tunggal)

  1. gak kepikiran itu payung bisa di bisniskan hehe. tapi kalau dipikir pikir banyak juga pasti yang butuhnya

  2. Lama di jogja (th 80 an) tp sepertinya baru denger pantai pok tunggal …. pantainya tersembunyi dan masih “perawan” atau sy yg gak gaul ya ?

  3. Wah pakdhe rofik lambat..infonya milad ponakkanku yanh ganteng moga jadi anak berkualitas yaaa…salam pakdhe sekeluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *