Kecerdasan Jiwa dan Kekhalifahan Manusia

Tulisan di Facebook Adik saya Faiz Himmawan

Kecerdasan Jiwa dan Kekhalifahan Manusia Seluruh sistem kehidupan terdiri dari 3 komponen sistem, Alquran, manusia & alam. Ketiga-tiganya telah diciptakan Allah dengan fungsi yang jelas & hubungan yang harmonis.

Manusia sbagai khalifah, Bumi sebagai pendukung kekhalifahan & Alquran sbagai pedoman kekhalifahan. Tugas kekhalifahan manusia, tdk diberikn dgn tangan kosong.

Karena Allah telah melengkapi manusia dgn potensi kecerdasan yg lengkap. Ilmu pngetahuan modern menjelaskn adanya 4 potensi kecerdasan manusia : kecerdasan fisikal (body), mental (mind), emosional (heart) dan spiritual (spirit).

Dan Alquran menjelaskn kecerdasan manusia itu lebih lengkap. Yaitu 7 dimensi: Jisim/Tubuh [QS.(2):247], Aqal/Pikiran [QS.(6):32], Lubb/Mental [QS.(3):190], Qolb/Emosi [QS.(10):28], Fu’ad/Ruhani [QS.(32):9], Nafs/Jiwa [QS.(2):48], dan Ruh [QS.(32):9].

Sebagai hikmah, tatkala Al Quran bercerita tentang tugas kekhalifahan manusia pertama (nabi Adam) yg belajar lngsung dr Allah tentang nama2 benda, yg kemudian ia diperintahkn Allah untk mengajarkn apa yg sudah ia pelajari kpd para malaikat [QS Al-Baqarah (2): 30-33].

Alquran mengajarkn bhwa kualitas hablumminannas akan meningkat, bila dilakukn dgn sejuk & mnyentuh dgn substansi yg baik & benar.

Dan kualitas hablumminallah juga akan meningkat dgn berdzikir & bersyukur, menegakan shalat dgn khusyu’, beramar ma’ruf & nahi mungkar, dan berakhlak mulia.Alquran juga mngajarkn kita tentang adanya

7 tangga kualitas jiwa manusia yg harus didaki sebagai berikut:

  1. Jiwa yang selalu mengajak pada kemungkaran (Al-nafs al-ammarah).
  2. Jiwa yang banyak menyesal (Al-nafs al-lawwamah).
  3. Jiwa yang mengilhami sesama (A-nafs al-mulhimah).
  4. Jiwa yang tenteram (A-nafs al-mutmainnah).
  5. Jiwa yang redha (Al-nafs radhiyah).
  6. Jiwa yang diredhai (Al-nafs al-mardhiyah).
  7. Jiwa yang sempurna (Al-nafs al-kamilah).Dgn kita trus ber-Iman, berI-lmu & ber-Amal, InsyaAllah, kita dpt menapaki 7 tangga kecerdasan jiwa ini, satu persatu.

Semoga. Allah a’lamu bishshawab

-Salin Letak-

Tautan lengkap disini

Leave a comment

Your email address will not be published.


*