Jasa Arsip Website Online Gratis dan Mudah

Saya mungkin sendelewer dari sananya, sudah beberapa kali website saya lupa diperpanjang hostingnya atau tetiba hosting server di Take Down tanpa sempat saya melakukan backup. Walhasil data diserver hilang, kemudian mau nggak mau saya harus melakukan hal yang berbeda sampai data saya kembali lagi online. Nah Jasa Arsip Website adalah solusi yang menjadi favorit saya selama ini.

Saya jadi ingat, kalau dulu saya sempat membaca Tweet teman..¬†yang kurang lebih bahasa mudahnya…

Internet mencatat “hampir” semua amal perbuatan kita di Dunia Maya.

Dan itu saya rasakan benar adanya dibeberapa sisi, setidaknya saya sudah beberapa kali dibantu dengan Pencatat Amal Perbuatan kita di Dunia Maya. Dua website besar penyedia layanan yang tanpa kita minta melakukan tugasnya adalah GOOGLE CACHE dan ARCHIVE.ORG.

Saya sudah beberapa kali mengembalikan Data2 yang hilang dari Website2 yang pernah kelola, Berkat ARCHIVE.ORG ini. Biasanya itu saya selalu DOING BACKUP server tapi “ndelalah” kok Miss dan sampai Server sudah hilang ditelan tunggakan biaya hosting.

Walhasil saya harus meminta bantuan ARCHIVE.ORG yang terkenal dengan Layanan Wayback Machine nya itu.

Walaupun Layanan Backup Amal Perbuatan Kita di Internet ini tidak 100% memberikan garansi, tapi setidakny dari pengalaman Backup Tanpa diminta itu sukses mengembalikan data2 dari Website Keluarga (AhmadMuttaqin.com) dan kembali ada.

Cara make ARCHIVE.org juga mudah sekali, tinggal masuk website archive.org kemudian nanti kita ada Form Pencarian dan masukkan saja Website yang mau dicheck kapan terakhir di CATAT sama ARCHIVE.ORG dan kita bisa memilihnya dan mengembalikan/restore di Server baru kita. Ya proses yang saya lakukan emang masih manual dan melelahkan. Tapi #DemiKonten saya rela mengembalikan dengan #LapangDada.

Sebenarnya Layanan Archive.org tidak hanya indexing website2 saja, tapi banyak sekali layanan lainnya yang ditawarkan. Website Non Profit ini juga sudah menjabarkan dengan jelas di websitenya.

Website archive org
Website archive org

Layanan yang mirip tapi bekerja dengan cara berbeda adalah Google Cache, Google Cache ini nanti biasanya muncul ketika kita melakukan pencarian dan di hasil pencarian ada tombol kecil yang memberikan opsi akses versi cache.

Saya ambil Contoh saya mengetik Kata Kunci Panduan Android nanti akan muncul hasil seperti ini

Kata Kunci Panduan Android
Kata Kunci Panduan Android

Nah untuk akses versi Cache dari website tersebut sangat mudah, tinggal tekan segitiga kecil samping url nantia da Opsi lihat versi Cache nya.

Tekan Segitiga kebawa nantia da Opsi liat versi Cache
Tekan Segitiga kebawa nantia da Opsi liat versi Cache

Joss kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *