Mau melanjutkan tulisan yang lama tertunda karena sebab yang “biyasa” Jadi gini kemarin 21 April – 25 April 2017 berkesampatan itu ikut #AwardTrip 2017 di Negara Vietnam. Perjalanan ini diikuti oleh Pasukan IndoCPA (manajemen dan publisher) yang berjumlah 14 Orang dari seharusnya 15 dimana yang satu berhalangan karena ada urusan keluarga.

Tulisan ini bisa dibilang lanjutan seri #AwardTrip ke Eropa Tahun 2015 yang lalu. Kami berkumpul di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan menuju Kuala Lumpur bersama-sama, kecuali Om Rianto yang langsung menuju Kuala Lumpur dari Palembang.

Dari adi sucipto menuju kuala lumpur #awardtrip2017

Kami berangkat menggunakan Pesawat AirAsia dari Adi Sucipto Jogja 10.45 langsung KL (Kuala Lumpur) Malaysia. Kemudian di Malaysia kita stay beberapa waktu sambil membereskan urusan Imigrasi antri dan semacam nya. Kemudian sekitar pukul 19:00 waktu Kuala Lumpur kami terbang ke Vietnam tepatnya menuju Kota Ho Chi Minh. Setelah transit beberapa jam dari Ho Chi Minh kita menuju kota Hanoi. Di Vietnam kita hanya fokus mengunjungi Dua Kota tersebut. Jadi kedatangan kita langsung menuju Hanoi.

Hari Pertama di Kota Hanoi Vietnam

Hari Pertama di Vietnam kita menjelajah beberapa tempat di Kota Hanoi mulai dari Mausoleum Ho Chi Minh semacam Sukarnonya Vietnam, disini kita tidak masuk karena waktu yang tidak pas. Antrean masuk yang sangaaat panjaaang.. Jadi kami yang jepret2 di Luar Mausoleum dan sekitarnya. Kemudian kita menuju Kuil Budha di tepi Sungai, Kuil  ini sangat unik dan menarik.

Setelah itu kita menuju semacam Pemondokan atau Tempat Pendidikan jaman kerajaan yang terdapat banyak sekali prasasti. Dulunya Tempat Pendidikan ini untuk mencetak Calon-calon Guru, Pejabat, Pendidik dan juga Penasehat Kerajaan. Di Kuil ini sama mas pemandunya dijelaskan semacam Struktur pendidikannya yang kurang lebih seperti ini.

Jenjang Pertama

Setiap Murid yang masuk di Tempat ini akan Belajar dan setelah kurang lebih 4 Tahun akan dilakukan Ujian. Dimana murid yang Gagal akan diminta pulang ke Kampung Halamannya untuk bekerja apa saja.

Jenjang Kedua

Di jenjang kedua ini, semua murid yang lolos ujian akan menempuh pendidikan lagi yang kurang lebih 4 Tahun kemudian akan dilakukan ujian lagi, bagi murid yang gagal akan diminta untuk pulang dan menjadi Tenaga Pendidik di Kampung Halamannya masing-masing diakan digaji Kerajaan.

Jenjang Ketiga

Di Jenjang ini murid akan belajar lagi dan ditempa keilmuannya, setelah itu akan dilakukan ujian lagi. Dan bagi yang gagal akan diminta kembali ke Kampung Halamannya untuk diangkat menjadi pejabat wilayah tersebut dan akan digaji kerajaan juga. Kemudian bagi murid yang lulus akan diangkat menjadi Penasehat Raja.

Setelah pengabdian selesai dan Penasehat itu meninggal Raja akan membuat Prasasti dengan berbagai macam ukuran yang ditempatkan di atas Patung Kura-kura. Konon Kura-kura adalah simbol kebijaksanaan.

Hari Kedua di Vietnam menuju Ha Lon Bay

Pernah melihat film Kong: Skull Island (IMDB), nah kami berkesempatan untuk melihat langsung Tempat Pengambilan Gambar dari Film tersebut. Dari Kota Hanoi menuju Ha Long Bay ini perlu perjalanan darat kurang lebih 4 Jam. Boleh dibilang Ha Long Bay ini adalah Raja Ampat nya Vietnam (walaupun saya belum pernah ke Raja Ampat). Pemandangannya asik dan unik, banyak pulau-pulau kecil yang membuat Ha Long Bay ini sangat unik.

Hari Ketiga di Vietnam menuju Kota Ho Chi Minh (dulunya bernama Kota Saigon, dan untuk mengenang jasa Pendiri Vietnam, maka dirubah menjadi Ho Chi Minh City)

Di Hari terakhir di Vietnam ini kita menikmati Kota Ho Chi Minh dan banyak belanja2 dan juga jalan2 Kota. Kota Ho Chi Minh ini semrawutnya nggak kalah dengan Jakarta, Surabat, dan Yogyakarta. Mungkin lebih parah. Tapi walaupun Semrawut tapi teratur. Kendaraan berseliweran tapi pengguna jalan ini bisa menikmati jalan-jalan tanpa takut akan ketabrak pengendara motor.

Di Kota Ho Chi Minh juga banyak ditemui pedagang Malaysia termasuk Restoran-restoran Muslimnya. Harga-harga disini beberapa pedagang menerima Rupiah, bahkan ada beberapa pedagang yang terang-terangan menerima Ringgit Malaysia dengan harga yang lebih murah.

Dan Hari keempat ini kami lebih banyak dihabiskan di Perjalanan dan kembali ke Tanah Air setelah transit di Kuala Lumpur. Yaa itulah sekelumit cerita #AwardTrip ke Vietnam.

Gamsahamnida Keluarga Besar IndoCPA.com

0 Shares:
11 comments
  1. Widih mantap juga ya vietnam. Tapi sebelum vietnam, pengen explore indonesia dulu ah, baru nanti keluar hehe. Karena bagaimanapun Indonesia negeri yang sangat Indah dengan beragam Budaya dan juga keseniannya. Explore Indonesia dari Sabang Sampai Merauke

2. wah mantap nih cerita jalan-jalannya ke vietnam, saya kira cuma thailand saja yang bagus, eh ternyata vietnam juga bagus

1. Terima Kasih mas. Secara Vietnam ini lebih mirip Indonesia Kulturnya tapi sedikit beberapa tingkat dibawah. Tapi ada beberapa hal kesamaan :)