Jailbreak: Mau tidak Mau, Penting tidak Penting

Terlepas dari Mau atau Tidak Mau Jailbreak, bagi sebagain orang Jailbreak adalah solusi kebebasan untuk explorasi lebih jauh dengan iDevice (iPhone, iPad, iPod, iTV). Walaupun dulu Jailbreak masih dianggap abu2 dan cenderung sebuah tindakan kriminal, tapi sejak 2010 ini pemerintah US telah resmi dan mengakui kalau tindakan Jailbreak bukanlah sesuatu yang illegaldan boleh dilakukan kesetiap orang yang mempunyai iDevice ini.

Jailbreak - Custom Grid icon Apps
Jailbreak - Custom Grid icon Apps

Tapi ternyata terlepas dari itu, masih banyak diluar sana yang menggunakan metode Jailbreak ini untuk menggunakan Aplikasi2 berbayar secara Illegal. Karena Source atau Repository atau Sumber download di Cydia bisa ditambahkan semau kita dan tidak menutup kemungkinan banyak berterbaran sumber2 illegal tersebut.

Kalau saya sendiri tujuan Jailbreak bukan untuk itu. Saya lebih menggunkan Metode Jailbreak untuk membuka batasan2 yang diberikan Apple Inc. Bagi saya Jailbreak adalah bagaimana saya bisa lebih menikmati mesin impian ini. Dengannya saya bisa kustom semau saya, jadi kalau berjailbreak dengan tujuan menggunakan Aplikasi Legal secara Illegal bagi saya merupakan kejahatan!

Keuntungan2 Jailbreak iDevice

  • Replace Default Aplikasi
    Contohnya saya kurang nyaman dengan Messages App, maka saya replace dengan biteSMS yang bagi saya lebih powerful dan nyaman serta membuat Texting menjadi lebih indah :)
  • Custom Theme
    Walaupun Theme bawaan iOS ini sangat menjura, terlebih ada pengguna ANDRODI yang mencoba membuat Android tampilan iPhone, akan tetapi banyak orang yang tidak puas dan mau menggantinya baik itu icon, font, dan lain sebagainya
  • Custom Grid Icon
    Default bawaan iPhone hanya bisa menampilkan 4×4 dari icon App yang tampil di layar, tapi dengan Jailbreak ini dan install beberapa aplikasi kita bisa membuatnya menjadi 5×5 atau apapun yang kita mau. Dan bahkan kita bisa memperkecil icon2 yang ada kalau kita anggap terlalu besar. Tak hanya itu, dengannya kita bisa menaruh posisi2 Icon App disembarang tempat seperti gambar dibawah ini.
  • Setting Tweak
    Oke, anda membutuhkan mematikan akses Wi-Fi, 3G Data, Disable bluetooth. Apa yang dilakukan? Kita perlu masuk menu Setting dan Atur tiap setting ini yang cilakanya lokasinya tidak satu tempat. Dengan Jailbreak ini kita bisa menyatukan setting2 yang sering dipake dalam satu jendela. Walhasil akan lebih cepat.
  • Apa yang Anda pikirkan ada di iOS bisa diwujudkan dengan Jailbreak
    Walaupun judul terakhir ini kesannya jumawa tapi ini bagi saya benar adanya. Karena dengan Jailbreak ada kemungkinan tak ‘hampir’ terbatas dibanding kita menggunakan iOS non Jailbreak.

Sekarang mari kita coba bahas dari sisi kerugian2 yang akan kita dapatkan kalau Jailbreak iDevice kita. Kerugian2 ini hanya berdasar informasi yang kami tau. Kami akan update artikel2 ini jika ada yang belum sesuai.

Kerugian Jailbreak iDevice

  • Garansi Hilang
    Yap, ini faktor penting. Apple tidak mau bertanggung jawab terhadap iDevice kita karena kerusakan atau apapun itu karena Jailbreak
  • Faktor Keamanan
    Ini juga penting, karena Jailbreak membuka ‘sesuatu’ maka anda harus extra hati2 karena bisa jadi iDevice kita disusupi tanpa kita tahu.

Galeri Tangkap Layar iDevice ter Jailbreak

Itulah beberapa Alasan kenapa kita perlu melakukan Jailbreak dan juga resiko yang saya tahu. Semoga kita bijak dengan setiap iDevice yang digunakan. Oke… Jika Jailbreak adalah keputusannya, silahkan baca Cara Mudah Jailbreak iOS 5.0.1 dengan redsn0w

Jika kalian bisa
Membeli iDevice(iPhone, iPad, iPod Touch) dengan harga Jutaan… Tapi tetap dengan bangga hati menggunakan aplikasi bajakan yang seharga 1-10$ itu mengenaskan… Marilah sama sama menghargai cipta

Ingatlah selalu Paid it Forward… Tebarkan kebaikan agar kita bisa mendapatkan kebaikan serupa atau lebih baik.

5 thoughts on “Jailbreak: Mau tidak Mau, Penting tidak Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *