iPhone 4S: Cara Cerdas Berbisnis Ala Apple

iPhone 4S telah resmi dirilis sejak 14 Oktober 2011 yang lalu atau lebih dari 1 bulan hingga tulisan ini diangkat. Pada awal debutnya banyak yang sedikit kecewa dengan rilis iPhone 4S ini, desain yang sama dengan iPhone 4 dan hanya penambahan beberapa fitur seperti Kamera, A5 Prosesor, Siri Assistent dan satu kelas baru 64GB dan juga universal chip (bisa dipake GSM dan CDMA) membuat beberapa pengguna (terutama iPhone 4 user) kecewa.

iPhone 3G iPhone 3GS iPhone 4
iPhone 3G iPhone 3GS iPhone 4

Tapi apakah ini benar benar mengecewakan pengguna Apple iPhone? Tunggu dulu, bagi saya ini adalah cara cerdas atau cara sangat cerdas Apple dalam berbisnis smartphone ini. Berikut analisa saya. Seperti kita tahu banyak sekali pengguna iPhone ini beli iPhone dengan cara kontrak dengan operator. Dan Rata2 kontrak dengan operator ini adalah 2th. Disinilah intinya… Apple sangat cerdik membidik area yang terkadang orang berfikir jualan hanya yang penting lebih baik, desain baru dan lain sebagainya tanpa berfikir ada suatu celah waktu. 

Don't Miss: iPhone 6s

Tren Penjualan iPhone
Tren Penjualan iPhone

Maksud saya dengan adanya kontrak dengan operator yang biasanya 2th tadi. Banyak sekali pengguna iPhone generasi sebelumnya iPhone 3G dan iPhone 3GS yang telah habis masa kontraknya. Padahal pengguna iPhone seri tersebut tidaklah sedikit. Jadi bagi kelas ini iPhone 4S adalah sebuah iPhone super cepat dan super wah dengan tampilan layar yang sangat jauh berbeda dengan iPhone yang dia gunakan sebelumnya. Itulah kenapa iPhone 4S termasuk produk iPhone paling sukses peluncuruannya dan bahkan sempat sold out dibeberapa operator di Amerika sana.

Dengan adanya gap2 seperti ini, jadi sangat wajar kalau Apple melakukan regenerasi dengan teratur dan terukur. Mari kita coba lihat saja

iPhone 1 => iPhone 3G

Apple menambahkan 3G dan desain yang berubah dengan beberapa pembenahan hardware

iPhone 3G => iPhone 3GS

Gambar Samping iPhone 3GS
Gambar Samping iPhone 3GS

Apple hanya menambahkan beberapa fitur tambahan dan perbaikan kamera dengan dukungan autofocus dari sisi desain tak jauh berbeda

iPhone 3GS => iPhone 4

Disini Apple memperkenalkan sesuatu yang benar2 berbeda dan mengagetkan penikmat smartphone, sebuah desain yang lain dari yang lain dan membuatnya menjadi produk yang digandrungi banyak orang. Di iPhone 4 ini apple memperkenalkan Retina Display yang sampai saat ini masih sedikit gadget yang bisa menyamai kualitas displaynya.

iPhone 4 => iPhone 4S

Gambar Detil iPhone 4S
Gambar Detil iPhone 4S

Disini Apple kembali ke khitahnya dengan hanyat terlihat memperbaiki dari generasi sebelumnya. Dan dengan penampakan serupa iPhone 4 baik itu layar dan juga ukuran. Padahal kalau mau menyimak lebih jauh sebenarnya iPhone 4S ini juga sangat berbeda dibanding iPhone 4S, mulai dari 8MP Kamera, Prosesor A5, Desain Antena yang baru dan dukungan GSM dan CDMA sekaligus.

Memang benar adanya dengan tidak adanya perubahan signifikan dari sisi desain ini membuat beberapa pengguna (terutama iPhone 4) kecewa walaupun tidak kecewa sangat dengannya. Tapi kalau mau lebih jujur sebenarnya Apple dengan tidak melakukan perubahan radikan menguntungkan bagi pengguna iPhone 4. Karena dengan ini sisi finansial dari pengguna iPhone 4 tetap terjaga dan uang yang seharusnya ‘ngebet’ untuk upgrade ke iPhone 4S bisa disimpan untuk generasi iPhone 5 yang rumornya akan dirilis di 2012 ini.

Jadi bagi pengguna iPhone 2G, iPhone 3G, iPhone 3GS upgrade ke iPhone 4S ini adalah pengalaman luar biasa bagi anda jadi silahkan di upgrade dijamin puwas. Dan bagi pengguna iPhone 4, silahkan puas2in aja penggunaannya karena produk anda masih sangat nyaman setidaknya hingga 1-2th kedepan. Tapi jika anda memang TURAH DUWEK silahkan aja upgrade ke iPhone 4S dan iPhone 4 dihibahkan kesaya… saya juga menerima dengan tangan terbuka…..

Banyak kalangan mengatakan kalau iPhone 4S berarti iPhone for Steve… Selamat Jalan Steve…. you did a really great JOBS….

Sumber Graphik dan Gambar dari Wikipedia

20 thoughts on “iPhone 4S: Cara Cerdas Berbisnis Ala Apple

  1. Mantan boss saya, setahu saya gaptek banget, semua gadget yang dipakai bergantung saya.

    Tapi kalo sudah suka, beliau royal banget, laptop seharga 30juta pun beliau lungsurkan ke saya hanya karena ada yang terbaru.

    Sekarang, sudah nenteng iPhone dan iPad, sekretaris-nya pun pakai Macbook. Jika ada iLainnya, saya berani taruhan, pasti dibelinya juga.

    :)

    1. Kalau Mengerikan itu relatip.. tapi yang jelas… Apple berbisnis dengan cara yang berbeda “THINK DIFFERENT” Kalau orang fikir, Apple menjual iPhone, iPad, iPod, iMac, MacBook itu belum 100% benar… Karena Apple menjual layanan dan juga kenyamanan dan gaya hidup.. itu yang produsen lain belum bisa ciptakan…

      The Apple Way…..

    1. versi ekonomis iPhone adalah iPhone Generasi sebelumnya mas…. :)

      iPhone 3GS dan iPhone 4 masih tersedia kok dengan harga lebih rendah… tapi kembali ke nilai EKONOMIS tadi….

      Minimum Value ekonomis itu berapa :)

    1. iPhone bukan ngebut mas… tapi ini adalah Marketing Apple yang selalu regenerasi iPhone setiap tahun…

      Malah kalau boleh dibilang, untuk iPhone 4S ini termasuk molor…. karena Apple biasanya rilis update iPhone setiap pertengahan tahun….

  2. Sedikit Koreksi, setahu saya keluarnya hampir tiap tahun Om….. Jadi gak nyampe di jarak 2 tahun.

    Untuk user di Indonesia, pengguna sistem kontrak data biasanya jangka waktunya 1 tahun, tidak 2 tahun.

    1. Maksud saya 2 tahun itu rata2 kontrak.. pengguna ke Operator. Dan saya sudah singgung juga kalau iPhone keluar setiap tahun. Dan itulah kenapa tiap tahun 2 tahun Apple selalu melakukan suatu perubahan besar dan disetiap tahunnya hanya melakukan perbaikan kecil.

      Seperti dari 3G ke 3GS begitu juga dari iPhone 4 ke iPhone 4S…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *