Hikmah Ramadhan

Baca tulisan tentang Ramadhan, sangat menarik hati dan saya memutuskan untuk Re Postnya disini, semoga bermanfaat dan bisa memacu kita agar Ramadhan 1431 H ini adalah sarana yang baik untuk menggapai manusia yang bertaqwa. Jika butuh Jadwal Imsakiyah 1431 jangan lupa di download.

Ramadhan 1431 - Koleksi Wallpaper Vista
Ramadhan 1431 - Koleksi Wallpaper Vista

Tulisan Teman saya dibuka dengan membahas tentang orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa apa kecuali rasa lapar dan dahaga

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya melainkan hanya rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy)

Kemudian Teman saya melanjutkannya dengan memberikan lebih detailnya

Ada tiga kemungkinan orang berpuasa tapi hanya mendapat rasa lapar dan dahaga :

1. Puasanya tidak ikhlas

Karena amalan setiap orang tergantung niatnya dan dia akan mendapatkan apa yang dia niatkan.

“Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung pada niatnya, dan bagi setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan” (HR. Bukhori – Muslim)

Maka jika puasa kita iklhas insya Alloh kita akan mendapatkan pahala besar dari Alloh namun jika puasa kita tidak ikhlas dan hanya untuk tujuan-tujuan duniawi (seperti puasa utk riya’, diet, sehat dll) maka yang kita dapat rasa lapar dan dahaga saja.

2. Puasanya tidak sesuai tuntunan Nabi

Karena amal ibadah yang caranya tidak bersesuaian dengan cara Nabi adalah tertolak


“Barang siapa yang beramal bukan di atas petunjuk kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim)

Oleh sebab itu puasa orang itu tertolak dan yang didapatkan lapar dan dahaga saja.
Maka banyaklah belajar dan menuntut ilmu agama untuk mengetahui bagaimana cara Nabi beribadah lebih khusus untuk masalah puasa

3. Orangnya puasa tapi maksiat tetap jalan


“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan.” (HR. Bukhari)

Yang perlu kita ketahui puasa agar mendapatkan pahala yang sempurna tidak sekedar menahan lapar dan dahaga, akan tetapi juga menahan diri dari bujukan nafsu syahwat agar tidak terjatuh dalam kemaksiatan.

Jika bisa diibaratkan maka kita berpuasa ini seperti orang bercocok tanam. Orang bercocok tanam agar kelak panennya bagus dan melimpah harus memilih benih yang baik, itulah ibarat niat yang ikhlas. Dia juga harus memelihara tanamannya dengan prosedur-prosedur yang sesuai dengan ilmu yang benar, itulah ibarat tuntunan nabi. Dan tak lupa pula dia akan membasmi setiap hama dan penyakit yang menggangu tanaman, itulah ibarat kemaksiatan yang harus kita jauhi.

Akhirnya Tulisan Teman saya ditutup dengan sebuah pesan yang sungguh indah

Semoga puasa kita mendapat balasan pahala yang sempurna dan dijauhkan dari kelompok orang yang berpuasa tapi hanya mendapat lapar dan dahaga saja. Semoga.

Semoga Tulisan Temen di Facebook diatas bisa memacu kita akan sukses mengadakan perbaikin diri dan menjadikan kita manusia yang lebih baik.

No Comments on "Hikmah Ramadhan"



  1. Puasa itu Untuk allah dan allahlah yang akan mebalasnya… artkel yang sangat membangun. Selamat menunaikan ibadah puasa 1432 H, Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah subhanahuwata`ala.

    Reply


  2. Banyak sekali fahala yang bisa kita dapatkan dibulan suci ramadhan ini, salasatunya adalah diturunkannya rahmat dan magfiroh alloh SWTuntuk kita kalau kita melaksanakan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh dan banyak melakukan amal shaleh lainnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *