Google Messenger

Ini adalah penerawangan Google masa depan; Google Messenger. Kita tau Google saat ini mempunyai beberapa aplikasi yang mana bagi saya sudah seharusnya Google membuat Aplikasi Messenger yang sangat Kick Ass! Kenapa saya menerawang seperti ini. Mari kita tengok. Google sejak lama telah memperkenalkan Google Talk yang mana bagaimana adalah tujuan awalnya salah satunya menghadang popularitas Yahoo! Messenger saat itu dan sepertinya lumayan sukses. Salah satu kesuksesannya adalah adanya Sistem Operasi Mobile (Android) yang mana bagaimana Google Talk atau GTalk ini otomatis tersedia.

Kemudian hadir Facebook yang mulai meroket dan menenggelamkan beberapa layanan social seperti Friendster, MySpace dan lain2. Google tidak mau ketinggalan akan hal itu, maka lahirlah apa yang disebut Google+ dengan banyak sekali fitur termasuk Google Hangout dan Google+ Messenger. Dilain sisi Google juga telah mempunyai aplikasi pemetaan yang jalan di Desktop (Web) maupun ponsel yang kita kenal dengan Google Maps serta Google Earth. Banyak sekali pihak ketiga yang menggunakan pemetaan Google Maps ini dalam aplikasi2nya. Belum lagi Google juga telah memiliki Picasa dan Picasa Web sebuah wadah dimana pengguna bisa berbagi foto dengan pengguna lain. Di Google+ pun ada fitur berbagi foto.

Belum lagi ada layanan Video dengan Google Video yang kemudian ditutup karena Google sudah sukses membeli YouTube layanan sejenis Google Video tapi lebih baik. Belum lagi Google juga memiliki layanan email yang banyak orang bilang layanan email terbaik yang kita kenal dengan nama GMail. Jangan lupakan juga Google telah memiliki layanan Google Docs yang mana telah berubah menjadi Layanan Google Drive. Masih ada layanan2 Google lain seperti Google Sketch Up dan lain sebagainya. Bagi saya tidak ada yang kurang dengan resource2 seperti itu. Dengan dukungan divisi2 lain seperti Google AdSense dan Google AdWords saya rasa waktunya akan segera tiba dimana Google memperkenalkan layanan sekelas atau lebih baik dari BBM (BlackBerry Messenger).

Dengan rencana Google mau membuat suatu wadah satu pintu, maka bisa dipastikan pengguna akan dengan senang hati berpindah dari BBM atau bahkan iMessage dan menggunakan layanan Google Messenger ini. Entah itu dinamakan Google Messenger, atau apapun itu. Semua digabungkan menjadi satu wadah. Di Google Messenger nantiknya akan ada fitur2 yang aduhai seperti

  • Group Chat
  • Fitur sharing Foto
  • Fitru sharing Video
  • Fitur sharing File
  • Fitur sharing Screen
  • Fitur sharing Aplikasi
  • Fitur sharing Peta
  • Fitur sharing Dokumen
  • dan berbagai layanan2 Google yang sudah komplit itu.

Kenapa saya mempunyai penerawangan demikian? Karena beberapa aplikasi dari Google ini belum begitu bersahabat. Contohnya GTalk dan Google+ Messenger.. keduanya layanan chat walaupun sedikit berbeda tingkatan. Dimana walaupun kita sudah login dengan Google Account yang sama kita tidak bisa akses chat yang Google+ Messenger lewat GTalk. Kita harus terlebih dahulu install aplikasi itu di Perangkat Smartphone kita. Padahal di browser contohnya GMail atau Google+ kita bisa menggunakannya secara bersamaan dan tanpa halangan.

Dengan resource sebegitu Komplit, inilah waktunya Google berubah. Ini hanyalah harapan.. toh siapa tau nantinya akan menjadi kenyataan.

Sumber Gambar http://www.flickr.com/photos/bytemarks/5885840435/

0 thoughts on “Google Messenger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *