Generator Termoelektrik Hasil Dukungan Pengusaha Sukses Indonesia

Begitu banyak orang hebat yang terlahir di Indonesia. Sayangnya, tidak sedikit juga yang terhalang oleh berbagai hal seperti kendala financial ataupun kesulitan dalam mengakses pendidikan berkualitas.

Situasi ini disadari oleh salah seorang pengusaha sukses Indonesia, Sukanto Tanoto, hingga ia mendirikan Tanoto Foundation yang berfokus pada bidang pendidikan, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan kualitas hidup. Salah satu kegiatan Tanoto Foundation yang menarik adalah Tanoto Student Research Award yang membangkitkan kehadiran para peneliti andal yang dapat membangun masa depan Indonesia.

Dana hibah rutin diberikan ke sejumlah perguruan tinggi yang menjadi mitranya sebagai sumber pembiayaan riset kegiatan. Hingga kini tidak kurang dari 303 penelitian yang telah mendapatkan dukungan dari kegiatan Tanoto Foundation.

Gambar Biolite CampStove
Gambar Biolite CampStove. Ini adalah salah satu Terapan Praktis dari Generator Termoelektrik yang siap pakai. Dikenal dengan nama Biolite CampStove. Dengan ini bisa menjadi sumber daya Gadget ketika sedang camping atau di area yang susah jaringan listrik.

Pada tahun 2016, Tanoto Student Research Award menghadirkan sebuah hasil inovasi mahasiswa menarik, yaitu generator termoelektrik yang mampu menghasilkan listrik dengan pemanfaatan tenaga sinar matahari. Berbeda dengan panel surya, generator termoelektrik memanfaatkan suhu panas yang diubah menjadi listrik.

 

Diagram Generator Termoelektrik
Diagram Generator Termoelektrik

Jerry Halasson Simanjuntak, mahasiswa asal Universitas Sumatera Utara memanfaatkan udara panas dari sinar matahari yang dialirkan di antara pelat-pelat aluminium buatannya. Sinar matahari dikumpulkan dengan alat fokus ke sebuah pelat aluminium, kemudian suhu panas di dalamnya ditangkap oleh alat bernama peltier yang telah terhubung dengan kabel untuk mengalirkan listrik.

Sumber Grafik Generator Termoelektrik
Sumber Grafik Generator Termoelektrik

Peltier merupakan sebuah lempengan aluminium kecil yang dapat menghasilkan listrik saat ada arus panas dan dingin bertemu. Jumlah listrik yang dihasilkan tergantung terhadap jumlah peltier tersebut. Intensitas radiasi matahari juga tentu menjadi faktor yang berpengaruh.

Temuan Jerry bisa menjadi salah satu solusi permasalahan listrik yang masih mendera masyarakat Indonesia. Apalagi biaya pembuatan generator termoelektrik terbilang lebih murah dibanding panel surya. Penemuan Jerry selaras dengan misi Tanoto Foundation yang ingin melahirkan temuan bermanfaat sebagai solusi beragam problem di masyarakat dan dapat menjadi inspirasi pengusaha Indonesia.

“Melalui program Beasiswa Tanoto Foundation, kami tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan, tapi kami ingin mendukung generasi muda Indonesia menjadi pemimpin-pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke era yang lebih baik lagi,”

kata anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto. Semakin banyak pihak yang peduli terhadap masyarakat, maka bertambah besar kesempatan Indonesia menjadi negara yang lebih baik.

Generator Termoelektrik Terbaru
Generator Termoelektrik Terbaru

7 thoughts on “Generator Termoelektrik Hasil Dukungan Pengusaha Sukses Indonesia

  1. Tenaga ahli Indonesia sebenernya luar biasa. Hanya saja pemerinta terlalu lambat dan seakan tidak pernah percaya akan skill yang dimiliki anak bangsa.
    Padahal jika di explore lebih dalam lagi, Indonesia akan menjadi negara yang hebat…
    Great post mas :) Sangat mengetuk hati ini untuk lebih memajukan bangsa ini … Indonesia pasti bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *