Fitur Baru Firefox 4: Firefox Panorama dan Sync

Mozilla Firefox PanoramaFirefox Panorama, Firefox Sync dan masih banyak lagi, itulah fitur2 yang dibenamkan di Peramban Firefox 4. Menjadi Penggemar Peramban Mozilla Firefox Sejak lahirnya itulah yang saya alami, dus ketika banyak sekali peramban baru seperti Google Chrome, Apple Safari, Opera Family dan masih banyak lagi. Tapi Firefox tetap sehari2.

Saya memang menggunakan Browser2 lain sebagai tester atau terkadang sebagai multi user beberapa aplikasi web seperti Yahoo, Facebook, Google dan lain lain (yeah bener memang ada extension bisa  ngakali itu, tapi saya suka dengan browser alternatip aja)

Fitur Andalan Firefox 4: Panorama

Kembali ke Peramban Mozilla Firefox ini, sekarang versi 4 sudah mulai di dengungkan, bahkan Mozilla Firefox 4 beta 9 siap di unduh dan di nikmati. Selama saya mencoba trial dan error, perambah firefox 4 ini lebih stabil dan cepat. Saya sangat suka dengan peningkatan performanya.


Kecepatan start up juga meningkat dengan sangat signifikan. I really like it. Selama saya explorasi berikut beberapa perubahan dari sisi yang saya tahu

  • Firefox Panorama. Inilah fitur terbaru yang saya tahu dan lumayan keren dari Firefox ini. Firefox Panorama adalah sebuah grouping tabs atau pengelompoan tabs. Dengan Firefox Panorama tabs2 bisa di organisir lebih asik dan mudah di akses. Yaa kalau di iOS ini mirip fitur Folder itu :)
  • Firefosx Sync. Fitur ini adalah fitur yang baru seperti halnya Firefox Panorama, dengannya anda bisa sync semua data bookmarks, paswords dengan devices atau firefox yang lain.
  • Firefox 4 menggeser Tab ke atas (Google Chrome Like) yaa mungkin benar, Google telah merubah tampilan berapa browser sebelumnya, karena setau saya Opera juga seperti ini.
  • RSS icon di hilangkan, ini yang sampai sekarang saya belum mengerti, kenapa Mozilla Firefox team menghilangkan RSS icon di URL bar ini dan memindahkannya di menu yang jauh lebih dalam dan MBULET.
  • URL info pindah ke atas. Jika biasanya status bar dari URL yang akan kita kunjungi tampil di bawah sendiri, di Firefox 4 status URL yang akan kita kunjungi akan muncul otomatis disamping URL yang sedang aktip
  • Firefox Add-Ons. Walaupun sudah alam ada, tapi di versi ini jauh diperbaharui lebih bagus lagi
Firefox 4 - Add Ons
Firefox 4 - Add Ons

Dan masih banyak lagi pembenaran dan perubahan yang saya belum explorasi didalamnya. Yang jelas hampir semua fitur extensi yang saya gunakan bisa bekerja didalamnya.

Firefox 4 New Status Bar
Firefox 4 New Status Bar

Kalau boleh jujur inilah salah satu perubahan firefox yang signifkan. Dan saya, lebih menikmatinya. Jadi apakah sudah mencoba Firefox Panorama dan Firefox Sync.

Icon Firefox Panorama didesain oleh Aza Raskin

0 thoughts on “Fitur Baru Firefox 4: Firefox Panorama dan Sync

  1. hari ini aku download ff4 utk mac, woow! kereeen :). Navigasi lebih besar, jadi mata tidak lelah :D

    *Firefosx Sync. ===> aku make ini dr ff ke 3 deh…. fitur yg asik utk sycn bookmark ke komputer lain :D

  2. hmm.. password sync ya. adanya di firefox 4 beta kan ya mas? blom nyoba sih itu fitur. tp saya kok “mencium bau kurang sedap” (jah bahasanya..) gini gini. kira2 klo itu firefox 4 beta dipasangin di warnet, sang admin apa bisa ngeliat password tiap2 user yg main diwarnet tersebut melalu firefox syncnya? mohon pencerahanannya mas hehe.. maklum newbie. thanks..

  3. Pingback: FOSSwiki
  4. Pingback: pituturnet
  5. Pingback: Panduan WordPress
  6. Pingback: FOSSwiki
  7. Pingback: Nurudin Jauhari ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *